//
Anda membaca...

Penyakit Ikan Mas Koki dan Cara Mengatasinya

Penyakit Ikan Mas Koki dan Cara Mengatasinya

Ini merupakan gambar salah satu jenis Ikan Mas Koki yaitu jenis Mutiara dan rentan terhadap penyakit. Penyakit dapat menyerang maskoki karena beberapa sebab,antara lain terlambat mengganti air aquarium, memberi pakan terlalu banyak, tertular penyakit, terserang parasit, penebaran terlalu padat dan perubahan lingkungan yang terus memburuk. Gejala ikan yang sakit dapat diketahui dengan gambaran nafsu makan yang menurun, berat badan turun drastis and berenang tidak tentu arah.
Cara mengatasinya
1. Penyakit Bintik Putih
Cara mengobatinya, yaitu dengan memindahkan ikan yang sakit dalam wadah khusus yang berisi air bersih bersuhu 30-32 oC. Bubuhkan 1 sendok garam dapur per satu meter kubik air. Biarkan selama 5 menit sebelum dipindahkan ke dalam wadah yang berisi air segar.
Kalau belum sembuh, diobati dengan laruan metilen blue 1 %, yaitu 1 gram metilen blue dilarutkan dalam 100 liter aquades. Kemudian larutan tersebut diambil 2 – 4 cc, lalu dilarutkan dalam 4 liter air. Selanjutnya, ikan direndam selama 24 jam dalam larutan ini. Perlakuan ini dilakukan 3-5 kali dengan interval waktu satu hari.
2. Cacing Jangkar Parasit
Cara mengobatinya, yaitu dengan merendam ikan dalam larutan formaldehid 25 ppm, sumithon 50 EC, atau dipterex 50 EC. Untuk 2,5 ml formaldehid 25 ppm diencerkan dengan 100 liter air bersih. Kemudian ikan yang sakit direndam selama 10 menit, lalu dipindahka ke wadah berisi air bersih. Pengobatan ini diulang 2-3 kali selama 2-3 hari berturut-turut.
3. Kutu Air Parasit
Cara mengobatinya, yaitu dengan campuran 1 ml dipterex 50 EC atau 1 gram Sumithon 50 EC dilarutkan dalam 1 meter kubik air selama 24 jam. Pengobatan ini diulang tiga kali dengan selang waktu tujuh hari sekali.

« Sebelumnya Berikutnya »

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s