//
Anda membaca...
Teknologi

10 Aplikasi Chat Terpopuler di Indonesia Tahun 2013

Walau sudah menginjak 2014, ada baiknya mengetahui 10 aplikasi chat (layanan instant messenger) terpopuler di Indonesia tahun 2013 yang banyak digunakan untuk sistem operasi atau platform ponsel (smartphone) seperti Android, iOS (iPhone), BlackBerry, Windows Phone dan komputer pribadi (PC atau laptop).

Daftar ini dirilis oleh Google Trends yang disusun berdasarkan besarnya volume pencarian orang Indonesia yang menggunakan akses Internet untuk mencari info yang berhubungan dengan aplikasi ini. Berikut adalah daftarnya

10. Google Hangouts

Merupakan aplikasi video chat dan instant messenger dari Google yang diluncurkan pada bulan Mei 2013, Google Hangouts dapat diinstall di ponsel platform Android dan iOS termasuk sebagai ekstensi pada browser Chrome. Aplikasi ini merupakan perbaikan dari Google Talk.

9. IMVU

Dikenal sebagai situs jejaring sosial dimana penggunanya dapat menggunakan gambar avatar 3 Dimensi untuk bersosialisasi dengan teman lama dan baru, ngobrol (chatting) dan memainkan game. Dapat diinstall di komputer pribadi, laptop dengan sistem operasi Macintosh dan Windows, dan ponsel berbasis Android dan iOS. IMVU mempunyai lebih 3 juta pengguna yang aktif dengan lebih 6 juta produk dalam katalog.

8. SimSimi

Merupakan aplikasi chat atau program percakapan yang didesain dengan prinsip kecerdasan buatan (artificial intelligence-AI). Aplikasi ini dapat digunakan atau diinstall pada ponsel atau smartphone platform Android, iOS dan Windows Phone. SimSimi berasal dari kata korea “shim-shimi” yang berarti bosan atau boring.

7. Yahoo Messenger

Dikenal dengan akronim atau singkatan YM, Yahoo Messenger sudah populer sebagai aplikasi atau program chat sejak tahun 1998 yang banyak digunakan di komputer atau laptop dengan OS (sistem operasi) Linux, Windows, Mac, Solaris dan FreeBSD. Sejatinya, Instant messenger ini dapat juga diinstall di beberapa platform ponsel seperti Windows Phone, BlackBerry, iOS dan Android.

6. Kakao Talk

Kelebihan dan Kekurangan Kakao Talk

Sebagai aplikasi gratis untuk chat pada ponsel berbasis iOS, Android, Windows Phone dan BlackBerry OS, Kakao Talk memungkinkan penggunanya menerima dan mengirim pesan dengan menggunakan koneksi Internet. Keunikan aplikasi ini terlihat pada fitur dan emoticon chatnya.

5. BBM

Kelebihan dan Kekurangan BBM For Android

BlackBerry Messenger (BBM) pada awalnya hanya didesain sebagai aplikasi untuk gadget atau ponsel berbasis platform BlackBerry OS. Mulai Oktober 2013, BBM dapat digunakan pada ponsel dengan sistem operasi iOS dan Android. BBM mempunyai keunggulan dalam fitur Push Mail dan dapat diintegrasikan dengan aplikasi Google Maps, Yahoo Messenger, Facebook dan Twitter.

4. Skype

Keunggulan Skype Dibandingkan YM

Dikembangkan oleh Microsoft, Skype populer sebagai aplikasi video chat atau video conferencing dengan menggunakan webcam atau camera ponsel. Aplikasi ini bisa digunakan pada banyak sistem operasi komputer dan smartphone seperti Windows, Windows Phone, OS X, iOS,Linux, Android, BlackBerry OS,Symbian, PSP, PSVita, dan Xbox One. Skype dapat digunakan dalam 38 bahasa termasuk Indonesia.

3. Line

Kelebihan dan Kelemahan Aplikasi Chat LINE

Line merupakan aplikasi chat pada komputer pribadi (Windows 8) dan ponsel berbasis iOS (iPhone), Android, Windows Phone dan BlackBerry OS dengan tampilan beberapa bahasa termasuk Indonesia. Line awalnya dikembangkan di Jepang dan dimaksudkan sebagai sistem komunikasi pekerja di negara itu. Aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 100 juta kali di seluruh dunia dan mempunyai 45 juta pengguna aktif dimana 10 juta diantaranya dari negara Indonesia.

2. Wechat

Cara Install WeChat Di PC dan Laptop

Dikenal sebagai aplikasi chat untuk berkirim dan menerima pesan dengan bentuk teks dan suara, Wechat sudah mempunyai pengguna aktif diatas 300 juta di seluruh dunia dan dirilis pada tahun 2011 oleh developer asal negeri China, Tencent Holdings. Aplikasi ini dapat digunakan pada sistem operasi iOS, Android, Windows Phone, Symbian dan BlackBerry OS. Tersedia dalam bahasa Indonesia, jumlah pengguna dari Indonesia mencapai 30% dari total pengguna seluruh Indonesia.

1.Whatsapp

Cara Install WhatsApp di Komputer atau Laptop

Whatsapp termasuk aplikasi chat paling populer di dunia termasuk Indonesia dimana pengguna global mencapai jumlah diatas 400 juta. Awalnya aplikasi ini dikembangkan untuk ponsel iPhone tetapi sekarang bisa diinstall pada smartphone berbasis BlackBerry, Android, Windows Phone dan Symbian. Whatsapp terkenal karena terintegrasi dengan baik di dalam sistem sehingga hemat baterai dan bandwidth atau transaksi data sangat irit. Whatsapp mempunyai pengguna aktif diatas 250 juta diseluruh dunia dimana pengguna terbesarnya datang dari Indonesia.

Diskusi

Satu respons untuk “10 Aplikasi Chat Terpopuler di Indonesia Tahun 2013

  1. terimakasih atas informasinya bro, sangat bermanfaat bagi saya

    Posted by almairafashion | April 22, 2014, 12:26 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: