//
Anda membaca...
Kesehatan

10 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Selain mengkonsumsi obat-obatan, ada cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Fakta statistik menyatakan 7 dari 10 orang dewasa terancam terkena serangan jantung, stroke dan gagal ginjal kronis karena hipertensi. Memang obat-obatan dapat dengan cepat menurunkan tekanan darah di arteri meningkat tetapi akan mengakibatkan efek samping tertentu karena merupakan zat kimia.
Inilah 10 daftar yang sebaiknya dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi seperti yang dilansir dari health.detik.com. Sebagian besar merupakan perbaikan gaya hidup.

10. Hindari Rokok

Tips Cara Berhenti Merokok Dengan Cepat

Nikotin dan zat adiktif dalam rokok sangat berbahaya bagi kesehatan anda termasuk untuk orang dewasa. Karena zat ini dapat merangsang pembentukan hormon adrenalin secara cepat dan cenderung berlebihan sehingga beban kerja jantung akan menjadi lebih berat. Jika anda perokok berat, sebaiknya berhenti karena juga bisa mengganggu perokok pasif disekitar.

9. Jangan Bekerja Berlebihan

Jam Kerja Menurut Undang-Undang Tenaga Kerja

Sebaiknya dihindari lembur untuk menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk di kantor. Pola hidup ini tidak sehat karena anda akan mengorbankan waktu untuk berolahraga dan cenderung memakan makanan cepat saji (fast food) karena sibuk. Disarankan jangan bekerja lebih dari 41 jam/minggu untuk mencegah resiko hipertensi naik sebesar 15%

8. Hindari Mendengkur Saat Tidur

Cara Menyembuhkan Mendengkur Saat Tidur

Banyak dampak negatif yang bisa ditimbulkan akibat mengorok atau mendengkur. Ini merupakan gangguan bernapas saat tidur dan bisa membuat badan terasa letih dan mengantuk ketika bangun pagi karena merupakan indikasi adanya gangguan pada irama denyut jantung. Sebaiknya anda mencari pertolongan atau konsultasi ke dokter anda jika masih mendengkur ketika tidur.

7. Konsumsi Kedelai dan Kentang untuk Pengganti Karbohidrat

Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Selain Nasi
Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, sebaiknya pola makan juga diatur dengan menerapkan diet yang sehat seperti mengganti karbohidrat (nasi) dengan kedelai atau susu berprotein yang rendah lemak dan kentang karena hal ini dapat memberikan efek yang signifikan terhadap penuruan hipertensi. Konsumsi sayuran yang kaya akan potassium juga baik untuk menurunkan tekanan darah termasuk makanan yang kaya akan zat kalium.

6. Minum Teh Secukupnya dan Kurangi Konsumi Kopi

Manfaat Teh Chamomile Bagi Kesehatan
Dianjurkan minum 3 cangkir teh setiap hari dengan sedikit atau tanpa gula. Jika anda melakukan ini minimal selama 6 minggu makan hipertensi akan turun sebanyak 7 mmHg. Teh yang disarankan adalah olahan dari kembang sepatu karena mengandung zat fitokimia.

Minum kopi berkafein sebaiknya dilakukan tidak lebih dari 2 cangkir kopi sehari atau 500 mg kafein karena akan meningkatkan tekanan darah pada arteri sebanyak 4 mmHg dimana efek stress terjadi sehingga beban kerja jantung menjadi berat.

5. Lakukan Olahraga Secara Rutin

Olahraga Yang Tepat Untuk Mengecilkan Perut

Untuk pasien hipertensi sebaiknya melakukan olahraga ringan setiap hari secara rutin seperti jalan cepat atau jogging untuk memperlancar peredaran darah dan membantu jantung memompa darah lebih banyak sekaligus mengurangi kegemukan atau berat badan berlebihan. Jalan cepat sebanyak 30 menit sehari dalam seminggu akan menurunkan tekanan darah sebanyak 8 mmHg.

4. Latihan Pernapasan, Yoga dan Meditasi

Latihan Yoga Untuk Mengecilkan Perut
Latihan pernapasan seperti yoga dan tai chi dapat membuat anda berlatih bernapas secara perlahan. Hal ini dapat menurunkan adrenalin dan hormon penyebab stress yang bisa meningkatan tekanan darah sistolik anda.

3. Musik Klasik

Terapi Musik Klasik Untuk Hipertensi

Mendengarkan musik klasik juga dapat menurunkan hipertensi. Di beberapa negara, terapi ini banyak diterapkan dengan mendengarkan musik ini selama 30 menit sehari. Jika rutin melakukannya selama seminggu akan menurunkan tekanan darah sebanyak 4 mmHg.

2. Hindari Konsumsi Garam Berlebihan

Bahaya Mengkonsumsi Garam Berlebihan

Dianjurkan untuk mengkonsumsi garam kurang dari ¾ sendok teh atau 1.500 gram setiap hari. Hal ini dikarenakan tekanan darah tinggi dapat dipicu oleh asupan sodium yang banyak. Sebaiknya garam diganti dengan bumbu makanan lain seperti rempah-rempah atau tanaman herbal lain.

1. Sedikit Minum Alkohol

Manfaat Minuman Beralkohol Bagi Kesehatan

Minuman alkohol dapat dikonsumsi dengan takaran tertentu. Banyak penelitian mengatakan bahwa minum sedikit alkohol perhari bisa mengurangi tekanan darah pada arteri jika dibanding orang yang tidak minum. Kesimpulannya, alkohol akan merugikan kesehatan jika diminum dalam jumlah banyak tetapi menguntungkan atau melindungi jantung jika dalam takaran yang sedikit.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: