//
Anda membaca...
Kesehatan

Bagaimana Cara Mengatasi Depresi atau Stress

Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi depresi dan stress. Semua bisa mengalami hal ini termasuk anak, orang tua dan ibu pasca melahirkan. Untuk menjelaskan apa penyebab depresi mungkin sebagian besar orang tidak tau menjelaskan karena hal ini kadang menyangkut kelemahan pribadi yang bisa menjadi rahasia sendiri dan bisa begitu kompleks karena ada faktor lingkungan, organisasi dan keluarga.

Untuk mengatasi hal ini sebaiknya memang disarankan untuk berkonsultasi dengan psikolog dan mengkonsumsi obat anti depresi. Tetapi sebenernya ada 6 cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengatasi stress atau depresi, seperti dikutip dari helpguide.org.

6. Bangun Hubungan yang Positif

Cara Membina Hubungan Yang Baik Dengan Orang LainMenyendiri dan mengisolasi diri dapat membuat depresi anda semakin buruk, untuk itu disarankan membangun hubungan yang harmonis dan baik dengan orang-orang disekitar anda atau masuk klub atau aktivitas sosial yang mendukung eksistensi anda. Sebuah penelitian mengatakan depresi ringan dapat diobati karena interaksi dengan orang lain. Oleh karena itu, disaranakan untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan suami atau istri, lebih mempercayai teman, anggota keluarga dan gabung ke kelompok sosial tertentu.

5. Selalu Berpikiran Positif

Manfaat Berpikir Positif Bagi KesehatanOrang yang mengalami depresi cenderung mengambil sisi negatif dari semua hal termasuk dalam memandang diri sendiri, orang lain, harapan masa depan dan situasi yang ada. Untuk itu disarankan selalu jangan berpikir pesimis, caranya adalah berpikir diluar diri sendiri dan jangan jadi seorang perpeksionis karena hidup itu tidak sempurna.
Supaya anda selalu berpikiran positif, disarankan bergaul dengan orang-orang yang selalu melihat sisi positif walau dari situasi sulit sekalipun. Membuat buku harian suasana hati juga bagus untuk menjaga pikiran tetap positif karena anda akan mengetahui hal-hal apa saja yang memicu anda berpikir negatif.

4. Jaga Diri Anda

Gaya Hidup Sehat Tanpa StressUntuk mengatasi stress atau depresi, sebaiknya anda menjaga diri anda dengan cara menerapkan gaya hidup yang sehat, belajar cara mengatur stress, mengerti batasan diri dan melakukan hobby. Sebaiknya tidur secukupnya 8 jam sehari supaya mood anda tidak terganggu. Melakukan teknik relaksasi seperti yoga dan meditasi dapat dilakukan untuk mengurangi efek stress dan menambah perasaan bahagia dalam diri.

3. Berolahragalah Secara Teratur

Olahraga yang Bisa Menghilangkan StressOlahraga secara teratur tidak saja membuat tubuh anda sehat dan terhindar dari penyakit, tetapi juga sebagai obat mujarab dalam mengatasi stress atau depresi dan lelah karena level energi anda akan meningkat. Disarankan berolahraga selama 30 menit setiap hari jika sudah terbiasa. Jika anda sibuk, untuk tahap awalnya dapat melakukan 10 menit olahraga.

2. Makanan Sehat

Makanan yang Bisa Menghilangkan Stres
Sebenarnya banyak makanan yang mempunyai dampak langsung terhadap mood dan pikiran anda seperti kafein pada kopi, alkohol, makanan berlemak dan mengandung zat kimia atau hormon tertentu. Disarankan makan porsi kecil setiap 3-4 jam sehari dengan kadar gula dan karbohidrat yang kecil. Sayur dan makanan yang kaya nutrisi khususnya mengandung vitamin B dan Kromium sangat baik untuk membantu anda mengatasi depresi.

1. Cari Bantuan Professional

Terapi Musik Klasik Untuk Hipertensi

Jika cara-cara diatas tidak mampu membantu anda mengusir stress atau depressi, sebaiknya anda mencari bantuan dari seseorang yang professional di bidang ini yaitu ahli terapi atau psikolog. Psikolog akan membantu mencari penyebab stress anda dan memberikan obat yang tepat. Banyak juga metode terapi yang digunakan untuk mengatasi depresi seperti terapi cahaya, akupuntur atau terapi musik yang juga dipakai untuk pasien hipertensi.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: