//
Anda membaca...
Kesehatan

Penyakit Pada Sistem Peredaran Darah Manusia

Terdapat banyak penyakit pada sistem peredaran darah manusia dan kebanyakan diantaranya adalah penyebab kematian utama di beberapa negara termasuk Indonesia dan Amerika Serikat. Hal ini dapat dimaklumi karena sistem ini bertanggung jawab untuk memompa darah, mengedarkan nutrisi, oksigen dan hormon dari organ/sel tertentu ke sel yang lain.

Penyebab Terjadinya Penyakit Angin Duduk

Berikut ini adalah 7 penyakit yang dapat mengganggu sistem peredaran darah manusia

1. Angin Duduk

Disebut juga sebagai dengan nama lain Angina Pektoris merupakan penyakit yang disebabkan karena terjadi ketidaknyamanan pada dada dimana terjadi gangguan suplai oksigen yang berkurang sehingga menurunkan aliran darah ke dalam miokardium atau otot jantung. Dalam banyak kasus, pasien pengidap angin duduk terjadi karena penyumbatan arteri koroner. Gejalanya dapat berupa tekanan pada dada, sakit pada leher, punggung dan bahkan gigi.

2. Sindrom Koroner Akut

Merupakan kondisi yang terjadi akibat terjadinya pengurangan aliran darah dan oksigen ke jantung secara akut (mendadak). Gejalanya dapat berupa keringat yang berlebihan secara tiba-tiba, nyeri pada rahang dan lengan kiri, mual dan jantung bisa berhenti mendadak. Faktor penyebab utamanya adalah hipertensi, perokok berat, diabetes, obesitas dan depresi berlebihan.

3. Atherosclerosis

Merupakan pengerasan dan penyempitan pada pembuluh nadi atau arteri. Penyakit ini dipicu oleh tekanan darah tinggi, merokok dan kolesterol tinggi yang menyebabkan terjadi penumpulan plak dan lemak. Jika terjadi sumbaran pada pembuluh darah otak akan menyebabkan stroke dan pada jantung akan menyebabkan serangan jantung.

4. Serangan Jantung

Disebut juga sebagai Myocardial infarction, merupakan kondisi dimana terhentinya pasokan darah dan oksigen ke jantung sehingga sebagian sel jantung mati. Merupakan penyebab kematian nomor satu di Amerika Serikat

5. Mitral valve prolapsed

Kondisi dimana antrium kiri dan ventrium kiri jantung tidak menutup sempurna dan cenderung menonjol ke atas. Hal ini menyebabkan darah bocor kedalam atrium kiri.

6. Arrhythmia

Disebut juga dengan nama dysrhythmia, Arrhythmia merupakankondisi dimana jantung tidak mempunyai denyut yang abnormal dan ritme yang tidak teratur. Penyakit ini bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan elektrolit dalam darah dan konsumsi obat tertentu, kopi dan alkohol secara berlebihan

7. Ischemia atau Iskemia

Merupakan kondisi dimana terjadi pasokan aliran darah ke jaringan sel akibat permasalahan pada pembuluh darah dan disfungsi jaringan.

Masih banyak juga gangguan dan penyakit pada sistem peredaran darah manusia seperti hipertensi, jantung rematik dan lainnya. Semoga artikel ini bemanfaat bagi anda.

Diskusi

3 respons untuk ‘Penyakit Pada Sistem Peredaran Darah Manusia

  1. Ngeri juga bacanya,,hanya hidup sehat yang bisa mencegah penyakit penyakit itu…hidup sehat dengan makanan yang sehat pula,

    Posted by gunawan | Maret 11, 2014, 4:01 am
  2. ternyata penyakit pada sistem peredaran darah manusia sangat banyak dan menurut saya termasuk dalam penyakit yang sangat mematikan, contohnya saja penyakit yang biasa disebut dengan penyakit angin duduk.

    Posted by Astri Widiastuti | April 2, 2014, 6:08 am
  3. banyak juga penyakit yang menyerang sistem peredaran darah

    Posted by D3 Teknik Telekomunikasi | Maret 10, 2015, 6:48 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: