//
Anda membaca...
Kesehatan

Cara Mengobati atau Menyembuhkan Penyakit Lupus

Sekarang kita membahas bagaimana cara mengobati atau menyembuh penyakit lupus setelah pada artikel sebelumnya membahas apa, penyebab dan gejala penyakit ini. Sebagai penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh (immunitas), lupus terbagi beberapa jenis tergantung organ dan bagian tubuh mana yang diserang untuk dilakukan dulu diagnosa secara menyeluruh. Berikut beberapa hal yang anda sebaiknya tahu mengenai beberapa hal dalam pengobatan penyakit ini seperti yang dikutip dari situs niams.nih.gov.

Tes Darah pada Pasien Lupus

Cara mendiagnosa Lupus

Untuk mendiagnosa bahwa seseorang mengidap penyakit lupus, harus dilakukan banyak tes bukan hanya satu saja. Perlu diketahui bahwa dibutuhkan hitungan bulanan dan tahunan bagi seorang dokter untuk mendiagnosa pasiennya mengidap lupus. Biasanya dokter membutuhkan riwayat medis, pemeriksaan fisik, tes darah, biopsy pada kulit dan ginjal.

Cara mengobati Lupus

Jika anda mengidap lupus dengan gejala-gejala tertentu sebaiknya anda mengunjungi dan berkonsultasi ke beberapa dokter spesialis untuk memeriksakan diri anda atau saudara pengidap penyakit ini. Beberapa dokter spesialis yang anda kunjungi adalah dokter ahli rematologi, spesialis penyakit dalam, nefrologis, hematologis, spesialis penyakit kulit dan kelamin, spesialis syaraf, kardiologis, endokrinologis dan psikolog.

Para dokter spesialis ini akan membuat rencana pengobatan dan mengevaluasi setiap waktu tertentu sesuai karakteristik yang dialami oleh pasien. Pasien harus melaporkan akan gejala baru yang diidapnya kepada dokter secepatnya supaya metode pengobatan dapat diubah atau disesuaikan. Sebenarnya secara umum tujuan rencana pengobatan ini adalah untuk mencegah dan mengobati flare serta mengurangi dampak kerusakan pada semua organ tubuh.

Sementara tujuan pengobatan penyakit lupus adalah untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit, mencegah dan mengurangi flare, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mencegah atau mengurangi sakit pada sendi, dan menjaga keseimbangan hormon. Disamping itu, dapat dilakukan metode pengobatan alternatif lain jika pasien lain mengalami komplikasi penyakit lain seperti kolesterol tinggi, infeksi dan naiknya tekanan darah.

Apa yang sebaiknya dilakukan pasien Lupus?

Kunci utama untuk pasien lupus supaya sembuh adalah mengerti tentang penyakit ini dan gejalanya. Hal ini dimaksudkan agar terjadi pertolongan cepat dari dokter jika pasien mengetahui adanya gejala tertentu yang timbul seperti flare yang biasanya juga mengalami beberapa gejala sebelumnya seperti sakit, merasa lelah, terjadi ruam di kulit, demam tinggi, sakit pada perut dan kepala. Dokter anda akan memperhatikan setiap perubahan gejala sehingga dapat melakukan prediksi dan meberikan perawatan dan obat yang tepat.

Pasien lupus juga sebaiknya jangan mengalami stress atau depresi. Berpikirlah positif selalu dan melakukan olahraga yang cocok serta banyak berkomunikasi untuk mendapat dukungan teman dan keluarga.

Wanita hamil pengidap Lupus

Jika anda pengidap lupus dan sedang mengandung anak anda, jangan khawatir karena banyak pasien lupus melahirkan bayi dalam kondisi sehat. Perlu diketahui bahwa wanita hamil pengidap lupus lebih beresiko tinggi dibandingkan tidak hamil. Untuk itu disarankan lebih serng berkonsultasi ke dokter karena flare selama hamil mungkin saja terjadi.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: