//
Anda membaca...
Teknologi

Volocopter, Helikopter Elektrik dengan 18 Baling-Baling

Untuk pertama kalinya Volocopter V200, helikopter elektrik dengan 18 baling-baling mampu terbang diatas ketinggian 20 meter pada uji terbang pertama kali pada bulan November 2013. Ini merupakan revolusi di dunia penerbangan dimana tiga orang insinyur Jerman mampu menciptakan sebuah helikopter yang mampu mudah terbang dengan bobot yang ringan.

Foto Volocopter VC200, Helikopter Elektrik Kapasitas 2 Penumpang

Seperti yang diberitakan oleh cnn.com, dengan baling-baling yang terbuat dari material karbon ringan, pembuatan helikopter ini telah menghabiskan dana sebesar 4 Juta Euro atau sekitar $5,4 Juta US Dollar. “Penemuan ini mungkin akan mengubah arah teknologi dirgantara karena pembuatan pesawat ini dimaksudkan agak pada masa depan semua orang bisa berpergian dengan pesawat udara bukan hanya mobil” dikatakan oleh Stephan Wolf, salah satu eksekutif dari e-volo, perusahaan yang menciptakan pesawat ini.

Cara Kerja Volocopter

Cara kerja Volocopter dilakukan dengan menggunakan prinsip control yang sama dengan pesawat terbang mainan dengan menggunakan control Joystick. Helikopter ini akan terbang secara vertikal dimana pilot tidak akan mengatur sudut terbang, kecepatan minimum dan hal-hal seperti mengemudikan helikopter pada umumnya.
Baling-baling dengan sendiri menghasilkan gaya dorong ke atas dan secara otomatis menjaga kestabilan posisi dan arah kemudi sehingga tidak diperlukan control mekanis pada baling-baling.

Lama Terbang Volocopter

Memang pada umumnya, helikopter biasanya sangat susah untuk diterbangkan tetapi dimasa depan mungkin akan ada helikopter murah dan mudah diterbangkan. Dengan tenaga 100 Kg baterai, Volocopter dengan maksimal 2 penumpang ini mampu terbang dengan kecepatan 70 Km per jam dengan menggunakan remote control.

Dengan bobot seberat 300 Kg, Volocopter mempunyai keterbatasan daya untuk terbang diatas 20 menit walaupun demikian para insinyur Jerman yakin akan meningkatkan kemampuan helikopter ini dengan menerapkan teknologi mesin hibrida. Dengan banyaknya baling-baling rotor di kerangka bagian atas membuat pesawat ini mampu dengan mudah melakukan manuver diudara dibanding helikopter biasa sehingga mempermudah kerja pilot.

Volocopter diharapkan dapat dijual untuk umum pada akhir tahun 2015 dimana untuk hargga 1 unitnya berkisar 250 ribu Euro. Untuk saat ini desain dan perencanaan akan dikembangkan untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik. Diharapkan Volocopter dapat menjadi solusi untuk mengatasi kemacetan terutama dikota besar. Penasaran dengan cara terbang dan kinerja helikopter ini? Lihat video Youtube dibawah ini.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: