//
Anda membaca...
Kesehatan

6 Sumber Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Terdapat beberapa sumber makanan yang disarankan dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Terdapat beberapa nutrisi dan vitamin yang dapat melindungi mata kita khususnya mencegah degenerasi makular, kondisi terjadi kerusakan retina di tengah makula akibat lanjut usia. Nutrisi tersebut adalah zat beta karotin, Vitamin C, E, lutein, zeaxanthin, zat seng dan asam omega 3.

1. Wortel

Manfaat dan Khasiat Wortel untuk Kesehatan

Sejak kecil kita diajarkan orang tua bahwa makan wortel baik untuk kesehatan mata. Pernyataan tersebut benar sekali karena wortel dikenal kaya akan beta karotin yaitu suatu zat anti oksidan yang dapat mengurangi resiko terjadinya katarak dan degenerasi macular. Jika anda tidak berselera mengkonsumsi wortel saja, sebaiknya disarankan menambahkannya ke dalam sup dan salad untuk sarapan dan makan malam.

2. Sayuran Hijau

Manfaat Brokoli Hijau Untuk Kesehatan

Sayuran hijau seperti brokoli banyak mengandung zat antioksidan lutein dan zeaxhanthin. Beberapa penelitian menyatakan zat ini mampu menurunkan resiko perkembangan degenerasi macular dan katarak. Selain itu sayuran ini mampu melindungi mata dari sinar matahari, memperbaiki kontras mata dan meningkatkan jarak visual.

3. Telur

Manfaat Telur untuk Kecantikan Rambut

Sebenarnya telur kaya zat antioksidan seperti lutein, seng dan zeaxanthin yang dapat mencegah resiko terjadinya degenarasi makular dan kebutaan. Zat seng juga berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan nafsu makanan.

4. Buah Jeruk dan Berry

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan

Buah jeruk dan berry dikenal kaya akan vitamin C yang bagus untuk kesehatan mata terutama mengurangi resiko degenerasi makular, glaukoma dan katarak. Selain sebagai zat antioksidan yang bagus untuk tubuh, Vitamin C juga dapat membantu metabolisme tubuh khususnya protein dan mengobati sakit tenggorokan.

5. Kacang Almond

Manfaat Kacang Almond Untuk Kesehatan

Kacang almond bagus untuk kesehatan mata karena kaya akan vitamin E dan asam lemak tidak jenuh seperti yang banyak ditemukan pada minyak zaitun. Banyak penelitian menyatakan vitamin E mampu mencegah perkembangan pembentukan katarak dan degenerasi makular. Selain itu vitamin ini juga mempunyai peranan penting dalam sistem kekebalan tubuh, perbaikan DNA dan sel yang rusak.

6. Ikan yang mengandung asam lemak

Manfaat Ikan Tuna Bagi Kesehatan

Ikan yang mengandung asam lemak adalah tuna, salmon, ikan trout, dan ikan teri kaya akan DHA suatu asam lemak yang mampu melindungi retina dan mencegah terjadinya sindrom penyakit mata kering pada wanita.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: