//
Anda membaca...
Kesehatan

Apa itu Kanker Prostat, Penyebab dan Gejala-Gejalanya

Foto Pria Dengan Kanker Prostat

Apakah anda mengetahui apa itu kanker prostat, penyebab dan gejala-gejalanya? Penyakit ini umumnya diderita oleh pria dengan faktor usia dan genetic memainkan peranan penting dalam perkembangan kanker ini. Sebagai kelenjar eksokrin untuk menyimpan dan mengeluarkan dua pertiga bagian dari sperma, prostat memainkan peran penting pada sistem produksi.

Apa itu kanker prostat?

Berdasarkan definisi dari webmd.cpm, kanker prostat adalah penyakit yang sering ditemukan pada pria diatas usia 50 tahun dimana terjadi pembengkakan pada bagian tengah dari kelenjar prostat yang mengelilingi saluran kencing. Pada tahun 2013, ditemukan kasus kanker ini sebanyak 238 ribu di Amerika. Kanker ini mempunyai laju perkembangan yang lambat bahkan tanpa menimbulkan gejala-gejala pada tahap tertentu. Tetapi jika kanker ini berkembang cepat dan menyebar diluar kelenjar, maka dapat menjadi penyakit yang sangat berbahaya.

Pada tahap awal (ketika kanker ini hanya ditemukan di kelenjar prostat), kanker ini dapat disembuhkan dengan cepat dimana berdasarkan pada statistik, 85 % pengidap penyakit ini didiagnosa pada tahap dini. Jika kanker ini tumbuh dan menyebar ke arah tulang, kelenjar getah bening dan paru-paru. Karena sudah banyak metoda pengobatan kanker ini, pria dengan penyakit ini di tahap lanjut dapat mempunyai peluang sembuh karena pada kasus umum, pria biasanya meninggal karena faktor penyebab lain yaitu serangan jantung.

Apa penyebab kanker prostat?

Statistik menyatakan bahwa 80 % pengidap kanker ini diatas usia 65 tahun dimana 1 %nya berada dibawah 50 tahun. Pria dengan sejarah keluarga pengidap penyakit ini mempunyai peluang lebih besar. Sebenarnya tidak ada penyebab pasti kanker prostat tetapi pola makan dan diet berperan penting menimbulkan resiko. Lelaki yang mempunyai kebiasaan makan lemak jenuh dari daging merah mempunyai resiko lebih tinggi. Hal ini dikarenakan daging yang dimasang pada temperatur tinggi berpeluang menghasilkan zat karsinogen yang dapat memicu kanker ini.

Penyebab lainnya adalah hormon dimana memakan lemak tidak jenuh daging menyebabkan jumlah hormon testeron dan kolesterol meningkat dan menyebar ke seluruh tubuh sehingga menyebabkan pembengkakan kanker prostat. Pengaruh lingkungan juga bisa menjadi penyebab seperti lingkungan kerja dengan banyak debu seperti tukang las dan para pekerja di pabrik. Banyak obat yang dapat menurunkan resiko seperti aspirin dan obat anti kolesterol lainnya. Disarankan mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran hijau dan buah-buahan yang juga mampu mempercepat metabolisme tubuh.

Gejala-gejala kanker prostat

Gejala umumnya adalah
– Kesulitan untuk buang air kecil (kencing) dan memberhentikannya
– Sering buang air kecil
– Sakit ketika buang air kecil dan pada saat ejakulasi

Disarankan untuk menemui dokter jika anda mengalami gejala ini supaya beberapa tes untuk diagnosa dapat dilakukan. Sementara gejala-gejala untuk kondisi kanker tahap lanjut dan sangat berbahaya adalah
– Infeksi pada saluran urine dimana adakan timbul rasa yang sangat sakit ketika buang air kecil dan kadang disertai oleh demam
– Gangguan pada saluran kemih dengan gejala susah buang air kecil.
– Gangguan akut pada hati dengan gejala susah buang air kecil juga.
– Nyeri dan sakit pada tulang terutama pada pagian punggung, pinggang dan bahu.

Demikianlah artikel mengenai kanker prostat termasuk membahas gejala dan penyebabnya. Sebaiknya anda juga mengetahui metode pengobatannya dengan berbagai efek samping, resiko dan keunggulan masing-masing metode.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: