//
Anda membaca...
Kesehatan

Metode dan Cara Pengobatan Kanker Prostat

Mengetahui beberapa metode pengobatan untuk kanker prostat sangat perlu jika anda didiagnosa dan memiliki gejala-gejala penyakit ini. Banyak pasien mungkin bingung itu memilih metode pengobatan mana yang dipilih dengan cepat. Walaupun demikian ada baiknya anda memahami semua jenis pengobatan karena masing-masing mempunyai efek samping dan resiko.

Terapi Radiasi untuk Pengobatan Kanker Prostat

Sumber: redorbit.com

Tergantung banyak faktor dan situasi, menurut cancer.org, metode pengobatan kanker prostat adalah
1. Metode pengawasan aktif (active surveillance)
2. Operasi (surgery)
3. Terapi radiasi
4. Cryosurgery
5. Terapi Hormon
6. Kemoterapi
7. Terapi Vaksin
8. Terapi pada tulang

Metode diatas pada umumnya dilakukan sekali saja tetapi pada beberapa kasus bisa dikombinasikan. Pengobatan yang dipilih seharusnya berdasarkan faktor berikut:

  • Usia pasien
  • Kondisi kesehatan dan penyakit yang diderita
  • Tahap dan stadium kanker
  • Kenyamanan dan opini dokter akan metode pengobatan
  • Kecenderungan dampak dan efek metode tertentu
  • Gaya hidup dan faktor lain

Jika anda masih bingung, disarankan untuk mencari pendapat lain (second opinion) dari dokter lain yang mungkin mengerti metode pengobatan mana yang cocok akan situasi anda. Hal ini perlu dilakukan karena kanker prostat ada penyakit kompleks dimana terdapat perbedaan opinion dari masing-masing dokter akan metode yang terbaik yang diterapkan. Dokter spesialis yang sebaiknya diajak berkonsultasi adalah spesiali urologi, onkologi radiasi dan medis.

Metode pengobatan berdasarkan stadium

Stadium atau stage dari kanker prostat adalah faktor utama dalam memilih metode pengobatan selain fakto usia, kesehatan dan harapan hidup. Untuk itu ada baiknya anda mengerti bagaimana cara menetapkan stadium kanker ini. Sebenarnya dokter juga mempertimbangkan resiko kanker ini dalam memilih metode pengobatan yang cocok.
Stadium 1
Kanker ini mempunyai pembengkakan yang kecil pada kelenjar prostat dimana pertumbuhannya lambat dan bisa saja tanpa gejala dan menyebabkan gangguan kesehatan. Untuk pria yang mempunyai usia sangat tua dan mempunyai penyakit yang lain, metode pengobatan yg disarankan adalah pengawasan aktif (active surveillance) dikombinasikan dengan terapi radiasi.

Stadium 2
Pada stadium ini, pasien pada umumnya mengalami gejala-gejala tertentu dikarenakan kanker ini berkembang. Metode pengobatan yang disarankan adalah radical prostatectomy yang dapat diikuti oleh terapi radiasi external beam atau dikombinasikan dengan brachytherapy.

Stadium 3
Opsi pengobatan yang disarankan adalah radiasi external beam yang dikombinasikan dengan hormon terapi atau brachytherapy. Pada kasus khusus juga dilakukan metode pengobatan radical prostatectomy dimana dilakukan penghilangan saluran kelenjar getah bening pada panggul yang diikuti oleh terapi radiasi.

Stadium 4
Pada stadium paling parah ini, metode yang disarankan adalah
– Hormon terapi
– Radiasi eksternal beam dikombinasikan dengan hormon terapi
– Operasi tertentu untuk menghilangkan gejala seperti pendarahan dan penyempitan saluran kencing
– Terapi metastasis tulang
– Kemoterapi

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: