//
Anda membaca...
Kesehatan

Penyebab dan Gejala Kanker Leher Rahim, Serviks

Sebagai wanita ada baiknya anda mengenali kanker mulut atau leher rahim atau serviks termasuk gejala (ciri-ciri) dan penyebabnya. Penyakit ini biasanya terjadi pada wanita diatas usia 30 tahun. Di Amerika sendiri terdapat lebih dari 11 ribu kasus kanker ini ditahun 2009 dimana lebih dari 4 ribu wanita meninggal akibat kanker ini setiap tahun. Berikut adalah pembahasan mengenai penyakit ini yang diperoleh dari berbagai sumber termasuk webmd.com.

Apa itu kanker leher rahim?

Kanker leher rahim terjadi ketika terjadinya pertumbuhan sel secara abnormal pada leher atau mulut rahim (cerviks). Sel ini pada awalnya tumbuh dibagian pinggir leher rahim sebelum berkembang menjadi kanker. Dokter biasanya dapat mengenal perubahan pertumbuhan sel ini dengan melakukan tes Pap.

Kanker mulut lahir dapat diklasifikasikan atas 2 bagian dimana dapat dilihat dari pertumbuhannya lewat mikroskop yaitu squamous cell carcinoma and adenocarcinoma. 90 % kasus adalah squamous cell carcinoma. Kanker ini berkembang menjadi sel squamous yang menutupi bagian exocervix dan akan berkembang ke arah endocervix (lihat pada gambar dibawah).

Gambar Cerviks pada Sistem Reproduksi Wanita

Sumber gambar: cancer.org

Faktor Penyebab

Penyebab utama kanker ini adalah virus papiloma manusia atau human papillomavirus (HPV). Penularan virus ini melalui hubungan intim. Sebenarnya terdapat banyak tipe atau jenis virus HVP dan tidak semuanya menyebabkan kanker leher rahim. Beberapa diantaranya menimbulkan kutil Genitalis atau dengan nama lain Kondiloma Akuminata.

Banyak orang mungkin menderita virus ini dan tidak mengetahui sampai hitungan beberapa atau puluhan tahun. Jadi sebaiknya wanita disarankan untuk melakukan test Pap untuk mengetahui perubahan sel pada cerviks sehingga dapat dilakukan deteksi dan pengobatan dini.

Wanita Perokok dan Resiko Kanker Serviks

Sumber foto: dailyrecord.co.uk

Faktor resiko penyebab kanker ini adalah

– Kebiasaan merokok
Ketika seseorang merokok, banyak zat kimia akan masuk ke paru-paru dan akan dibawah darah ke dalam organ tubuh sehingga bisa menjadi pemicu kanker termasuk kanker leher rahim dengan cara merusak DNA sel serviks. Wanita perokok mempunyai resiko dua kali lebih besar daripada yang tidak, karena memperlemah sistem kekebalan tubuh melawan virus HPV.
– Virus HIV
Virus HIV akan merusak sistem kekebalan tubuh termasuk memperbesar resiko akan infeksi virus HPV.
– Infeksi Chlamydia
Chlamydia adalah jenis bakteri yang dapat menyerang sistem reproduksi dimana penularannya melalui kontak seksual. Infeksi ini dapat menyebabkan radang pada pelvic dan kemandulan. Wanita yang pernah atau sedang terinfeksi bakteri ini mempunyai resiko lebih besar mengalami kanker leher rahim
– Pola makan tidak sehat
Wanita yang kurang mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran atau yang mempunyai berat badan berlebihan mempunyai resiko yang lebih tinggi.
– Sering mengkonsumsi obat anti hamil
– Penggunaan kontasepsi IUD
– Wanita yang sering hamil
– Wanita yang hamil di usia dini
– Banyak mengkonsumsi obat penambah hormon, Diethylstilbestrol, DES
– Riwayat kesehatan keluarga

Gejala-Gejala

Pada umumnya wanita yang mengalami penyakit kanker leher rahim dini tidak mengalami gejala-gejala tertentu. Tetapi gejala ini mulai terjadi ketika kanker ini mulai menyerang jaringan pada tubuh dan organ lain. Gejala umumnya adalah

  • Pendarahan pada vagina terutama setelah hubungan intim dan menstruasi
  • Pengeluaran cairan pada vagina yang biasanya mengandung darah.
  • Rasa sakit ketika berhubungan intim

Demikianlah artikel yang membahas tentang kanker leher rahim termasuk penyebab dan gejala-gejalanya. Ada baiknya anda membaca artikel mengenai cara mengobati penyakit ini.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: