//
Anda membaca...
Pariwisata

10 Museum Terbaik dan Terkenal di Indonesia

Ada baiknya anda mengetahui museum terbesar dan terbaik di Indonesia walaupun bagi orang tertentu mengunjungi lokasi ini mungkin membosankan. Fungsi museum pada dasarnya adalah sebagai tempat menyimpan koleksi cagar budaya sehingga menjadi tempat yang baik untuk mengetahui sejarah dan budaya daerah dan negara sekaligus tempat mengumpulkan informasi untuk penelitian. Berikut ini daftar 10 museum terbaik di Indonesia yang dikutip dari situs tripadvisor akan jajak pendapat para wisatawan seluruh dunia seperti hotel dan pantai.

10. Museum Nasional Indonesia

Sejarah Museum Nasional Indonesia

Terletak di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, museum yang diklaim terbesar di Asia Tenggara.ini kadang disebut dengan nama Museum Gajah karena terdapat patung gajah perunggu, pemberian Raja Chulalongkorn dari Thailand pada tahun 1871. Koleksinya cukup lengkap dengan banyak prasasti, barang kerajinan dan arca kuno.

9. Museum Geologi

Sejarah Museum Geologi Bandung

Beralamat di Jl. Diponegoro 57, Bandung, Indonesia, sesuai dengan namanya, museum ini memiliki koleksi dan informasi lengkap yang berhubungan dengan fenomena dan sumber daya alam geologi di Indonesia. Koleksi berupa batu-batuan, fosil dan mineral dan terbagi di 2 lantai gedung dengan beberapa ruangan untuk pameran.

8. Museum Konferensi Asia Afrika

Sejarah Singkat Museum Konferensi Asia Afrika

Terletak di alamat JL. Asia Afrika No. 65, Bandung , museum ini untuk digunakan mengenang peristiwa Konferensi Asia Afrika pertama yang diadakan di Indonesia. Gedung museum ini merupakan bagian dari gedung Merdeka. Tempat ini sangat sempurna mengisi waktu anda berlibur di kota Periangan sekaligus melakukan wisata sejarah.

7. Museum PASIFIKA

Sejarah dan Pengertian Museum Pasifika Bali

Terletak di daerah Nusa Dua, Bali, museum ini didirikan pada tahun 2006 dengan banyak koleksi artefak bersejarah termasuk 600 karya seni dari 200 seniman dari 25 negara. Museum ini memiliki 11 ruangan sebagai tempat galeri memamerkan koleksi yang berharga dan bersejarah untuk negara berbeda. Tiket masuknya adalah Rp.70.000 per orang dan gratis untuk anak dibawah 10 tahun.

6. Museum Kesenian Agung Rai (ARMA)

Alamat Museum Arma di Ubud Bali

Terletak di Jalan Pengosekan, Ubud, Bali, museum kesenian ini menawarkan visualisasi seni dalam rupa pertunjukan teater, tarian dan musik tradisional. Terdapat juga kelas melukis, perpustakaan, bengkel budaya, program pelatihan dan seminar. Hal yang khusus dari museum ini adalah banyaknya koleksi lukisan dari seniman dalam negeri dan internasional seperti pelukis Affandi, Sudjojono, Hendra Gunawan dan lainnnya.

5. Museum Sampoerna

Alamat Lokasi Museum Sampoerna Surabaya

Terletak di jalan Taman Sampoerna, Indonesia, museum ini didirikan oleh Liem Seeng Tee dan sebagai tempat produksi pertama rokok Sampoerna. Dengan bangunan bergaya colonial dengan 4 pilar besar didepan gedung utama, gedung ini termasuk situs sejarah yang dilestarikan. Museum ini menawarkan pengalaman unik untuk melihat fasilitas produksi rokok tempo dulu.

4. Museum Bank Indonesia

Sejarah Berdirinya Museum Bank Indonesia

Terletak di Jalan Pintu Besar Utara 3, Jakarta, museum ini tidak mengutip biaya masuk. Sebagai cagar budaya peninggalan zaman colonial belanda, gedung museum memiliki desain arsitektur yang unik dan menawarkan informasi lengkap tentang Bank Indonesia dan perannya dalam sejarah bangsa. Disamping itu terdapat beberapa galeri yang memamerkan koleksi benda bersejarah dari berbagai kerajaan di nusantara.

3. Museum Batik Danar Hadi

Alamat dan Jam Buka Museum Batik Danar Hadi Solo

Terletak di kota Solo, Indonesia, museum ini menawarkan koleksi seni dari batik sebagai kerajinan tangan dari zaman sebelum, sewaktu dan sesudah zaman penjajahan Belanda. Batik yang dipamerkan adalah bernilai seni tinggi seperti Batik Kraton, Batik Belanda, Batik Cina, Batik Hokokai, Batik Indonesia, sampai Batik Sudagaran.

2. Museum Seni Neka

Harga tiket Masuk Museum Seni Neka

Terletak di desa Kedewatan, Ubud, Bali, museum ini didirikan pada tahun 1982 oleh Suteja Neka, seorang guru seniman asal Bali yang mempunyai banyak koleksi lukisan dan dokumentasi seni lainnya. Museum ini memamerkan karya seni yang bernilai tinggi dari seniman Bali dan mancanegara

1. Museum Ullen Sentalu

Alamat Lokasi Museum Ullen Sentalu

Terletak di Jalan Boyong Kaliurang, Yogyakarta, museum pribadi yang didirkan oleh keluarga Hayono. Dengan hanya membayar tiket sebesar Rp. 25.000, anda akan ditemani oleh seorang pemandu dan menerangkan segala informasi dan koleksi museum ini terutama budaya dan kehidupan para bangsawan Kesultanan Mataram dan berbagai koleksi batik. Museum ini sebagai tempat yang direkomendasikan ketika berwisata sejarah dan mengenal budaya Jawa kuno.

Iklan

Diskusi

3 respons untuk ‘10 Museum Terbaik dan Terkenal di Indonesia

  1. yang pernah aku kunjungi cuman museum geologi aja hehehe

    Posted by xamthone plus | Juni 12, 2014, 8:39 am
  2. maju terus museum-museum Indonesia (y)

    Posted by mobil datsun bandung | April 20, 2015, 7:17 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: