//
Anda membaca...

Sejarah dan Asal Usul Danau Tempe

Sejarah dan Asal Usul Danau Tempe

Foto: en.gocelebes.com

Ini merupakan foto dari Danau Tempe yang menurut sejarah dan asal usulnya merupakan merupakan kawasan pusat perdagangan yang telah dikenal para pedagang dari luar daerah Sulawesi, sebelum Bandar Makassar yang kemudian menjadi pusat perdagangan wilayah Timur Indonesia.

Pergerakan lempengan bumi serta proses sedimentasi yang terus menerus sepanjang waktu membuat selat menyempit dan mendangkal, sehingga yang tersisa saat ini adalah tiga wilayah perairan yang terpisah, yakni Danau Tempe, Danau Buaya, dan Danau Sidenreng (yang pada awalnya adalah satu kesatuan yaitu Danau Tempe), serta Sungai Cenrana yang menghubungkan Danau Tempe ke Teluk Bone. Kalau ketiga danau itu disatukan oleh genangan air pada elevasi 10 m dpl akan memiliki luasan hingga 47.800 hektar.

Danau Tempe telah dikenal merupakan penghasil ikan air tawar terbesar di dunia, karena dasar danau ini menyimpan banyak sumber makanan ikan yang melimpah. Sejarah perikanannya merupakan yang tertua dalam bidang perikanan dimana pekerjaan seharian masyarakat pesisir danau memang dikenal sebagai nelayan turun temurun. Di era tahun 1970an, Danau Tempe merupakan salah satu pemasok utama memenuhi kebutuhan ikan untuk konsumsi di pulau Jawa. Bahkan pada masa itu, Danau Tempe sempat menjadi sumber terbesar ikan sidat untuk kebutuhan ekspor Indonesia. Pemasarannya malah mencapai benua Eropa dan Amerika.

« Sebelumnya Berikutnya »

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s