//
Anda membaca...
Pariwisata

Daftar 10 Nama Sungai Terpanjang di Dunia

Inilah daftar 10 (sepuluh) besar nama sungai terpanjang di dunia dimana panjangnya melebihi 1000 km. Ada beberapa faktor yang menjadi parameter untuk menyatakan panjang suatu sungai dan sering menjadi perdebatan diantara peneliti dan ilmuwan dalam menilai pendekatan dalam pengukuran. Seperti contoh antara sungai Nil dan Amazon dimana secara tradisional sungai Nil dianggap terpanjang tetapi baru-baru ini sebuah penelitian di Brazil dan Peru menyatakan Amazonlah yang menempati rangking pertama. Berikut adalah daftar lengkapnya yang diperoleh dari Wikipedia.org, dan beberapa diantaranya menjadi objek wisata.

10. Sungai Amur dan Argun

Panjang Sungai Amur

Total dua sungai ini memiliki panjang 4.444 km dengan hilir yang sama adalah Laut Okhotsk dimana mengalir diantara negara Mongolia, Cina dan Rusia. Kedua sungai ini memainkan peranan yang penting dalam hubungan geopolitik antara negara Cina dan Rusia terutama dalam perpecahan Sino-Soviet pada tahun 1960-an.

9. Sungai Kongo dan Chambeshi

Sungai Kongo Mengalir Melalui Negara Afrika

Total panjang kedua sungai adalah 4.700 km dengan hilir samudera Atlantik dan mengalir diantara dengara Kongo, Afrika Tengah, Angola, Tanzania, Kamerun, Zambia, Burundi dan Rwanda. Kedua sungai ini mengalir diantara hutan tropis dan mempunyai peranan penting dalam kegiatan ekonomi diantara kota Kinshasa dan Kisangani dan juga terdapat 40 pembangkit tenaga listrik (PLTA) yang menggunakan tenaga alami kedua sungai ini

8. Sungai Paraná dan Río de la Plata

Geografi dan Letak Sungai Paraná

Kedua sungai ini memiliki total panjang 4.880 meter dan mengalir sebagian besar di negara Brazil, Argentina, Paraguay, Bolivia dan Uruguay dengan hilir sungai Río de la Plata. Kedua sungai ini menjadi sumber ekonomi dan media transportasi antar kota. Sungai ini merupakan sumber terbaik untuk mendapatkan tangkapan ikan surubi dan sabalo.
.

7. Sungai Ob dan Irtysh

Foto dan Panjang Sungai Ob di Rusia

Panjang total kedua sungai ini sekitar 5.410 meter yang mengalir di kawasan Siberia, Rusia, Kazakhstan, Cina dan Mongolia dengan hilir teluk Ob. Kedua sungai mempunyai peranan penting sebagai sumber air irigasi, air minum, sumber pembangkit listrik dan sumber beberapa spesies ikan.

6. Sungai Kuning

Sejarah Peradaban Lembah Sungai Kuning Cina

Sungai memainkan peranan yang penting dalam ekonomi dan perkembangan budaya negara Cina dengan panjang 5464 meter dan mengalir ke hilir laut Bohai. Sebagai sungai terpanjang kedua di negara Cina, sungai ini juga mempunyai andil dalam sejarah karena telah dihuni sejak 7 ribu tahun yang lalu.

5. Sungai Yenisei, Angara dan Selenge

Foto Pemandangan Sungai Yenisei

Ketiga sungai memiliki total panjang sekitar 5539 meter dan mengalir sebagian besar di negara Rusia dan sisanya mencapai Mongolia. Dengan hilir Laut Kara, sungai ini memiliki keanekaragaman hayati pada flora dan faunanya dimana terdapat tanaman Pinus Sibirica dan spesies burung gagak.

4. Sungai Mississippi, Missouri dan Jefferson

Foto Air Terjun di Sungai Mississippi

Ketiga sungai ini mempunyai panjang total sebesar 6275 dan mengalir diantara negara Amerika Serikat dan sebagian kecil pada wilayah di Kanada dengan muara teluk Meksiko. Ketiga sungai ini memainkan peranan yang sangat penting dalam perkembangan ekonomi dan sejarah wilayah di sekitarnya.

3. Sungai Panjang

Panjang dan Sejarah Sungai Yangtze

Disebut juga dengan nama Sungai Yangtze, sungai ini memiliki panjang 6300 Km yang mengalir di beberapa wilayah di negeri Cina dengan hilir Laut Cina Timur. Sungai ini memainkan peranan penting dalam perkembangan kebudayaan kuno Tiongkok. Terdapat 2 bendungan terkenal yaitu Bendungan Tiga Ngarai atau Jurang dan Gezhouba.

2. Sungai Amazon, Ucayali dan Apurímac

Sungai Amazon Mengalir Ke Lautan Mana

Ketiga sungai ini memiliki panjang total sebesar 6400 Km dengan hilir Samudra Atlantik dan mengalir di beberapa wilayah di negara Brazil, Peru, Bolivia, Kolombia, Ekuador, Venezuela dan Guyana. Sungai ini dianggap sebagai yang terkuat karena besarnya aliran air per detik. Sungai ini memainkan peranan penting dalam ekonomi dan sejarah dunia.

1. Sungai Nil dan Kagera

Sejarah Peradaban Lembah Sungai Nil

Total panjang kedua sungai ini adalah 6650 Km dengan muara Laut Mediterania dan mengaliri beberapa lokasi di negara Afrika seperti Mesir, Kongo, Suda Selatan dan lainnya. Sungai ini sangat mempunyai peranan penting dalam perkembangan sejarah, peradaban dunia dan pertanian.

Demikianlah daftar 10 besar nama sungai terpanjang di dunia. Artikel menarik lainnya yang layak dibaca adalah danau terluas di dunia dan wisata pantai terindah di dunia.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: