Iklan
//
Anda membaca...
Pariwisata

6 Sungai Terpanjang dan Terbesar di Indonesia

Ini adalah 6 (enam) nama sungai terpanjang dan terbesar di Indonesia yang memiliki fungsi dan manfaat bagi penduduk khususnya sebagai sumber irigasi atau pengairan daerah pertanian dan beguna dalam aspek ekonomi dan sosial budaya masyarakat. Daftar yang diperoleh dari Wikipedia ini mungkin menambah informasi anda setelah mengetahui sungai terpanjang di dunia.

6. Sungai Bengawan Solo

Sejarah dan Asal Usul Sungai Bengawan Solo

Sebagai sungai terpanjang dan terbesar di pulau Jawa, Bengawan Solo mempunyai panjang 600 km atau 300 mil. Selain berfungsi sebagai sumber air kehidupan masyarakat sekitarnya dan untuk pertanian, sungai ini termasuk area Paleoantropologi dimana banyak ditemukan fosil manusia purba. Sungai ini mengaliri beberapa kawasan atau daerah di Jawa Tengah dan Timur dan dijadikan inspirasi untuk lagu kerocong ciptaan Gesang.

5. Sungai Musi

Sejarah dan Asal Usul Sungai Musi

Membelah kota Palembang menjadi dua bagian, Sungai Musi memiliki panjang sekitar 750 km dan kedalaman sekitar 6,5 meter yang membuatnya mampu dilalui kapal besar yang mengangkut sumber daya alam dan pertanian seperti minyak, karet dan batubara. Sungai juga dikenal sebagai lokasi jatuhnya pesawat terbang SilkAir pada tahun 1997 dan jembatan Ampera sebagai ikon provinsi Sumatera Selatan.

4. Sungai Batang Hari

Sejarah Sungai Batanghari Jambi
Sebagai yang terpanjang di pulau Sumatera, Sungai Batang Hari memiliki panjang sekitar 800 km dan mengaliri beberapa wilayah di dua provinsi, Sumatera Barat dan Jambi seperti Kabupaten Solok dan Muaro Jambi dengan Gunung Rasan Sebagai hulu dan perairan timur Sumatera sebagai hilir. Secara ekologi, aliran sungai ini terganggu dan terjadi pendangkalan yang tinggi akibat kegiatan pertambangan dan eksploitasi hutan.

3. Sungai Barito

Foto Jembatan Merdeka di Sungai Barito

Berasal dari mata air pengunungan Muller dan mengalir sampai ke Laut Jawa, Sungai barito memiliki panjang sekitar 900 km dengan kedalaman 8 meter dan lebar antara 650 sampai 1000 meter sehingga menjadikannya sungai terlebar di Indonesia. Sungai ini mempunyai peranan penting sebagai media transportasi dan bagian penting dari perkembangan ekonomi daerah sekitarnya.

2. Sungai Mahakam

Jembatan Kertanegara di Sungai Mahakam Runtuh

Bermuara di Selat Makassar, Sungai Mahakam merupakan sungai terbesar di Kalimantan Timur degan panjang mencapai 920 km yang melintasi Kutai Barat, Kutai Kertanegara dan Kota Samarinda. Dikenal sebagai habitat ikan air tawar yang dilindungi, Pesut Mahakam, sungai ini memainkan peranan penting sebagai sumber air, perikanan dan prasarana untuk melakukan transportasi batubara. Sungai ini merupakan tempat berkembangnya kerajaan Kutai.

1. Sungai Kapuas

Foto Jembatan Tol Kapuas, Pontianak

Sebagai yang terpanjang di Indonesia, Sungai Kapuas memiliki panjang sekitar 1,178 km dan kedalaman 27 meter yang mengalir dari kecamatan Kapuas Hulu sampai bermuara ke Laut Jawa. Sungai ini memiliki 700 spesies ikan dimana 12 diantaranya termasuk langka dan terancam punah. Karena banyaknya aktivitas pertambangan di bagian tengah, sungai mengalami pencemaran logam berat namun demikian sungai masih prasarana transportasi yangpenting untuk menghubungkan daerah tengah dan pesisir barat pulau Kalimantan.

Iklan

Diskusi

2 thoughts on “6 Sungai Terpanjang dan Terbesar di Indonesia

  1. Terimakasih buat infonya, saya jadi tahu ternyata sungai batang hari termasuk dalam kategori sungai tepanjang di Indonesia. Infonya sangat” menambah wawasan.

    Posted by Astri Widiastuti | Maret 19, 2014, 2:32 am
  2. niceeeee

    Posted by setniel | Juni 9, 2014, 8:28 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
%d blogger menyukai ini: