//
Anda membaca...
Flora

10 Tanaman Paling Beracun di Dunia

Ini adalah daftar 10 tanaman yang paling beracun dan dianggap berbahaya di dunia. Tumbuhan memang tidak berpindah karena serangan predator sehingga mereka harus melindungi diri dari hewan herbivora dan serangga dengan memproduksi senyawa kimia atau racun dalam bunga, daun, batang dan akarnya. Walaupun tidak semuanya bisa menyebabkan kematian pada manusia, namun jika dikonsumsi atau terjadi kontak secara berlebihan, dapat menimbulkan efek negatif dari gejala ringan sampai kematian. Berikut ini adalah daftarnya yang dirilis dari situs adventure.howstuffworks.com.

10. Pohon Manchineel

Gambar Pohon Manchineel Yang BeracunDikenal dengan nama lain, Hippomane mancinella merupakan spesies tanaman dari famili Euphorbiaceae dan banyak ditemukan di kawasan pantai di Florida Amerika, Bahama, Karibia dan Amerika Selatan. Tanaman ini dapat tumbuh sampai dengan 15 meter dimana buahnya mirip dengan apel dan daun hijau. Tanaman ini mengandung racun yang cukup kuat terutama pada getahnya yang berwarna putih susu menyebabkan iritasi dan alergi pada kulit. Asap hasil pembakaran pohon ini dapat menyebabkan kebutaan. Buah dari pohon Manchineel ternyata juga berbahaya jika dikonsumsi karena mengandung zat Physostigmine yang bisa menyebabkan sakit kepala, sakit perut, mual dan keringat berlebihan.

9. Tanaman Datura stramonium

Gambar Tanaman Datura StramoniumDikenal dengan nama Datura stramonium, tanaman ini merupakan asli Amerika yang sering dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi gejala asma dan analgesic untuk bedah. Namun semua bagian tanamanin mengandung zat alkaloid tropana, atropine, hyoscyamine dan scopolamine yang diklasifikasikan sebagai zat halusinogen, jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan efek psikologi berlebihan dan overdosis. Jumlah kadar racunnya bervariasi sesuai usia, pertumbuhan dan iklim sekitar tanaman ini.

8. Tanaman Aconitum

Disebut dengan nama aconite atau ratu racun, tanaman herbal ini banyak ditemukan di daerah pegunungan di belahan Gambar Tanaman Aconitum Yang Beracunbumi utara. Racun dari tanamanan ini sering diekstrak untuk membunuh serigala. Bentuk daun hijaunya menjari yang terbagi diantara 5 sampai 7 bagian dimana masing-masing bagian terdiri dari 3 bagian yang berduri. Akar tanaman ini sangat beracun karena mengandung Pseudaconitine dimana dalam dosis tinggi (20 sampai 40 ml) bisa menyebabkan kematian pada manusia dengan gejala awal keracunan berupa sesak napas, sakit kepala dan berkeringat.

7. Tanaman White snakeroot

Gambar Tanaman White snakerootDikenal dengan nama Ageratina altissima, tanaman ini merupakan asli dari Amerika Utara bagian timur yang tumbuh di padang rumput mencapai ketinggian 1,5 meter dengan bunga berwarna putih dan biji kecil yang diterbangkan angin. Tanaman ini mengandung racun tremetor jika dikonsumsi oleh sapi bisa berbahaya bagi manusia untuk mengkonsumsi susu dan daging sapi. Ciri atau gejala keracunan dapat berupa sesak napas, pusing, mual dan sakit kepala.

6. Tanaman English Yew

Gambar Tanaman English YewDikenal dengan nama Taxus baccata, tanaman ini dapat ditemukan di kawasan Eropa, Afrika Barat Laut, Iran Utara dan Asia Barat Daya yang dapat tumbuh dari 10 sampai 20 meter dengan usia mencapai 400 sampai 600 tahun. Semua bagian dari tanaman ini beracun kecuali pada kulit bijinya dan banyak mengandung zat alkaloid taxine. Daunnya menjadi beracun ketika layu dan kering. Gejala keracunan tanaman ini berupa percepatan detak jantung, gangguan otot, pingsan, kesulitan bernapas dan serangan jantung.

5. Tumbuhan Jarak

Racun Ricin pada Tumbuhan JarakDikenal dengan nama castor oil plant, tanaman liar ini biasanya ditemukan di Afrika Utara, India dan Asia Tenggara termasuk Indonesia yang tumbuh banyak di padang rumput, hutan dan daerah pantai dengan tinggi mencapai 12 meter. Biji tanaman ini sering diekstraksi menjadi minyak jarak yang banyak dipakai dalam dunia industri. Namun bijinya mengandung racun ricin dalam kadar rendah. Jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan diare, mulut berbusa, tekanan darah rendah dan diare.

4. Tanaman Atropa belladonna

Gambar Tanaman Atropa BelladonnaDikenal dengan nama Deadly Nightshade, tanaman ini merupakan anggota dari famili Solanaceae yang banyak ditemukan di kawasan Eropa, Afrika Utara dan Asia Barat. Daun dan buahnya sangat beracun karena mangandung alkalohid tropana yang bisa menyebabkan halusinansi. Buahnya sangat berbahaya bagi anak-anak karena bentuk dan warnanya sangat menarik sehingga menarik untuk dikonsumsi anak kecil. Jika anda mengkonsumsi 2 sampai 5 buahnya akan berakibat fatal dimana gejala keracunannya dapat berupa pupil mata melebar, sensitif cahaya, pandangan kabur, kehilangan keseimbangan, sakit kepala, dan halusinasi.

3. Tumbuhan Saga Rambat

Gambar Tanaman Saga RambatDikenal dengan nama Abrus precatorius, saga telik, atau saga areuy, tanaman herbal ini sering dimanfaatkan sebagai obat sariawan dan dikombinasikan dengan daun siri dan banyak ditemukan di Indonesia. Bijinya sering dijadikan hiasan dan dipakai pada alat musik perkusi. Namun bijinya beracun karena mengandung abrin dan jika dikonsumsi dengan takaran berlebihan akan menghambat sintesis protein di dalam tubuh. Dengan takaran 3 mikrogram, abrin dapat membunuh manusia. Gejala keracunan adalah nausea, muntah, kejang-kejang, gangguan hati dan mati jika tidak diobati dalam beberapa hari.

2. Water Hemlock

Gambar Water Hemlock atau Bunga CikuDisebut juga dengan nama ciku atau cicuta, tanaman ini dapat tumbuh sampai dengan ketinggian 2,5 meter dan mempunyai bunga berwarna hijau atau putih dengan bentuk seperti payung. Tanaman ini sering ditemukan di bagian bumi bagian utara termasuk di Eropa Utara dan Amerika Utara. Tanaman ini sangat beracun terutama bagi manusia dimana mengandung zat cicutoxin yang bisa menyebabkan gangguan pada sistem saraf pusat.

1. Bunga Jepun

Gambar Bunga Jepun MerahDikenal dengan nama Oleander atau bunga tembaga, tanaman golongan perdu banyak ditemukan di bagian Mediterania timur, Afrika Utara dan Asia Tenggara dengan tinggi antara 2 sampai 6 meter. Walaupun sering dijadikan tanaman hias di pekarang rumah dan taman, tanaman ini beracun terutama untuk hewan jika dikonsumsi secara berlebihan karena mengandung zat oleandrin dan oleandrigenin. Namun demikian pernah ada manusia pengidap diabetes meninggal akibat keracunan tanaman ini. Gejala keracunan dapat berupa muntah-muntah, sakit punggung, diare dan gangguan pernapasan. Daun tanaman ini juga berbahaya karena bisa menyebabkan iritasi kulit, radang mata dan reaksi alergi.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: