//
Anda membaca...
Kesehatan

Fakta Tentang Tumor Otak, Penyebab dan Gejalanya

Hasil MRI Scan pada Diagnosis Tumor Otak
Artikel ini memuat informasi dan fakta tentang tumor otak atau kanker otak termasuk penyebab dan gejala-gejalanya. Sebenarnya tidak ada penyebab pasti tumor ini tetapi beberapa penelitian mengungkapkan terdapat beberapa hal yang menjadi faktor resiko. Anak-anak yang pernah mengalami pengobatan atau terkena radiasi pada kepala memiliki kecenderungan mengalami tumor otak ketika dewasa.

Di Amerika sendiri terdapat jumlah kasus tumor otak sebanyak 23 ribu kasus setiap tahun dimana 11.000 meninggal. Usia juga bisa menjadi faktor resiko walaupun semua usia bisa terkena tumor ini. Berdasarkan statistik, jumlah pasien pada orang berusia 65 tahun keatas lebih banyak empat kali lipat dari yang lebih muda. Seperti kanker prostat dan kanker leher rahim, artikel ini diambil dari beberapa sumber termasuk webmd.com.

Apa itu tumor otak?

Tumor dapat didefinisikan sebagai terjadinya pertumbuhan sel secara tidak wajar atau abnormal. Pada kondisi normal, sel didalam tubuh mengalami siklus: perkembangan, penuaan, mati dan kemudian diganti dengan sel baru.

Pada kasus kanker atau tumor, terjadi sesuatu yang salah pada siklus ini dimana sel tumor berkembang walaupun tubuh tidak membutuhkannya dan sel ini tidak akan mati sendirinya tetapi akan terus tumbuh dan semakin membesar. Tumor otak sendiri muncul dari beberapa sel yang tumbuh tidak wajar dalam otak dan pusat sistem saraf.

Jenis Tumor Otak

Jenis tumor otak dapat dibagi atas 2 tipe berdasarkan sel mana yang pertama berkembang. Tipe pertama adalah astrocytic terbentuk dari sel astrosit dan gliomas dari sel neuroglia. Tipe kedua adalah tumor meninges dimana tumbuh pada sistem membrane pada lapisan sistem saraf pusat dan sumsum tulang belakang.

Pada umumnya, jenis tumor pada orang dewasa adalah benigna dan maligna dimana benigna dapat dikategorikan sebagai non-kanker karena mengalami pertumbuhan yang lambat. Kanker otak maligna berkembang secara cepat dan agresif menyerang jaringan dan organ disekitarnya termasuk bagian otak dan sistem saraf lain. Tumor benigna biasanya mempunyai batasan yang jelas dan tidak berkembang berakar dalam jaringan otak yang memungkinnya dapat dihilangkan melalui proses bedah. Walaupun demikian, pada beberapa kasus, jenis tumor ini dapat tumbuh lagi.

Tumor benigna memang dapat menimbulkan masalah pada kesehatan dengan menyebabkan terjadinya peradangan dan meningkatkan tekanan pada jaringan disekitarnya namun tidak sampai menimbulkan kematian.

Gejala-gejala tumor otak

Gejala atau ciri-ciri dari tumor otak bervariasi sesuai jenis dan lokasi terbentuknya tumor tersebut karena setiap area berbeda pada otak mempunyai fungsi yang berbeda untuk kerja tubuh sehingga mempengaruhi gejala-gejalanya. Dalam beberapa kasus, tidak terdapat gejala yang timbul sampai ukuran tumor itu besar dan menyebabkan penurunan kondisi kesehatan cepat. Untuk itu disarankan jika anda merasa ragu akan gejala tertentu, sebaiknya anda memeriksakan diri pada dokter.

Pada umumnya gejalanya adalah

  • Sakit kepala dan kejang-kejang
  • Perubahan pada pendengaran, penglihatan dan nada bicara
  • Masalah pada keseimbangan tubuh terutama pada saat berjalan
  • Mati rasa pada lengan dan kaki
  • Cepat lupa dan sifat berubah
  • Tidak mampu berkonsentrasi terhadap sesuatu hal
  • Mempunyai masalah dan lemah di bagian tertentu pada tubuh

Faktor resiko dan penyebab kanker otak

Ini adalah beberapa daftar faktor resiko yang memungkinkan seseorang mengidap tumor otak karena tidak ada sebenarnya penyebab pasti penyakit atau kanker ini.

  • Radiasi Ionisasi

Radiasi ionisasi yang menggunakan sinar x-ray dalam dosis tinggi untuk pengobatan radiasi tertentu dapat menyebabkan sel rusak dan berkembang menjadi tumor. Orang yang mengalami radiasi ini terutama pada bagian kepala mempunyai resiko lebih besar mengidap kanker tumor otak.

  • Riwayat Keturunan

Walaupun pada banyak kasus, tidak ada penelitian empiris yang menyatakan kanker atau tumor otak merupakan penyakit keturunan tetapi pernah dilaporkan ada beberapa anggota dalam satu keluarga yang menjadi pasien penyakit ini.

  • Infeksi HIV

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: