//
Anda membaca...
Kesehatan

Jenis Sakit Mata Pada Anak dan Pengobatannya

Sebenarnya ada banyak jenis sakit mata dan kondisinya pada anak kecil bisa mengganggu penglihatan mereka. Beberapa diantaranya bisa menghambat perkembangan fisik anak karena mata tidak bisa mengirimkan gambar dan sinyak ke otak sehingga penglihatan mereka terbatas. Untuk itu ada baiknya anda memahami berbagai masalah mata pada anak supaya deteksi dan pengobatan dini segera dilakukan secara efektif. Ini adalah daftar gangguan dan sakit mata pada anak yang dirilis dari situs geteyesmart.org.

Gangguan Fokus dan Arah

Amblyopia
Gambar Balita dengan Penyakit Mata AmblyopiaDisebut juga dengan mata malas, gangguan ini terjadi ketika penglihatan mata kiri lebih baik daripada mata kanan atau sebaliknya. Biasanya gangguan ini terjadi pada anak balita dimana dari 100 anak, 2 atau 3 anak mengalami amblyopia di Amerika Serikat. Sakit mata ini biasa disebabkan kondisi mata juling pada anak dimana satu mata lurus kedepan dan mata lain ke arah lain. Sinyal yang dikirim mata ke otak seperti dimatikan oleh otak untuk mencegah penglihatan ganda. Sebaiknya segera kunjungi dokter spesialis mata untuk dilakukan screening atau pemeriksaan menyeluruh pada mata.

Ptosis
Penyakit Mata Ptosis Pada AnakGangguan yang terjadi ketika salah satu kelopak mata turun atau naik keatas sehingga mengganggu penglihatan secara utuh. Kondisi ini terjadi ketika otot penggerak kelopak mata tidak cukup kuat mengangkat. Penyebab sakit mata ini biasanya karena keturunan dan akibat penyakit tertentu. Cara mengobatinya adalah melakukan tindakan bedah.

Sakit Mata pada Anak Secara Umum

Konjungtivitis
Obat Untuk Penyakit Mata Konjungtivitis Pada AnakSering disebut dengan mata merah, konjungtivis adalah kondisi peradangan pada selaput mata dikarenakan infeksi virus dan bakteri (biasanya menular) atau karena alergi. Biasanya kondisi ini disertai oleh demam, air mata keluar terus, gangguan pada hidung dan tenggorokan. Jika anda merasa anak anda sakit mata jenis ini sebaiknya mereka tidak diperbolehkan pergi ke sekolah untuk menghindari penularan selama 3 sampai 7 hari dan segera kunjungi dokter mata anda.

Chalazion (Mata Bintitan)
Obat Untuk Mata Bintitan Pada AnakKondisi ini terjadi ketika terdapat kista atau benjolan pada pinggiran kelopak mata dikarenakan tersumbatnya kelenjar kecil di dalam kelopak mata. Jika dalam kondisi parah, biasanya benjolan ini akan bernanah dan pecah dalam seminggu. Metode pengobatannya biasanya dilakukan dengan memberikan krim antibiotik atau mengkompres mata dengan air hangat setidaknya 3 kali sehari sampai bintitan pecah. Pada kebanyakan kasus, sakit mata ini akan sembuh sendirinya dalam jangka waktu 2 sampai 8 minggu.

Syte (Hordeolum)
Mirip dengan bintitan, tetapi syte disebabkan terjadinya infeksi bakteri pada kelenjar kecil pada kelopak mata bagian bawah atau atas. Biasanya penyakit ini sembuh sendiri dalam beberapa hari namun bisa timbul secara berulang. Kondisi ini bisa menyebabkan mata cepat berair dan sensitif terhadap cahaya. Pengobatan dilakukan dengan cara melakukan kompres pada mata dengan air hangat selama 10 menit tiga kali sehari dan memberikan krim antibiotik.

Penyakit Infeksi Rongga Mata (Orbital Cellulitis)
Foto Anak dengan Infeksi Rongga MataTerjadi karena infeksi bakteri pada kulit atau jaringan lunak yang menyebabkan bengkak dan memerah pada kulit disekitar mata. Biasanya kondisi ini hanya terjadi pada satu mata dan disertai oleh demam. Penyebab sakit mata ini dikarenakan luka atau cedera pada daerah lain disekitar mata seperti sinus atau gigi. Kondisi ini bisa serius dan menurunkan daya penglihatan pada anak. Cara mengobatinya dapat dilakukan dengan memberikan obat krim antibiotik dan obat oral. Jika kondisi parah, bedah operasi menjadi pilihan.

Penyumbatan Saluran Air Mata
Penyumbatan Saluran Air Mata Pada BayiKondisi ini terjadi ketika sistem drainase pada mata terganggu yang menyebabkan air mata tidak bisa mongering secara normal yang menyebabkan mata selalu basah, iritasi dan terjadi infeksi. Sakit mata ini biasanya terjadi pada 6 balita dari 100 orang. Penyebabnya adalah infeksi atau pertumbuhan tulang hidung yang tidak normal. Biasanya tidak diperlukan metode pengobatan karena dalam banyak kasus, kondisi ini akan menghilang dengan sendirinya dalam 1 tahun. Untuk membuat mata bayi anda tetap bersih dan tidak terjadi infeksi sebaiknya diberikan krim antibiotik dan melakukan kompres air hangat.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: