//
Anda membaca...
Kesehatan

Cara Mengatasi dan Mengobati Insomnia Secara Alami

Gambar Ciri-Ciri Orang Terkena Insomnia

Foto: howcast.com

Inilah beberapa cara alami yang dapat anda lakukan untuk mengatasi atau menghilangkan gangguan atau penyakit insomnia. Tahukan anda seorang dewasa membutuhkan setidaknya 7 sampai 9 jam tidur setiap malam namun insomnia membuat kehidupan kita bermasalah karena menyebabkan jam tidur berkurang sehingga mempengaruhi kesehatan tubuh secara umum.

Orang dengan gangguan ini cenderung mempunyai tingkat depresi atau stress yang tinggi, mempunyai penyakit serius seperti sakit jantung, beresiko mendapatkan kecelakaan di rumah, jalan atau tempat kerja. Sebaiknya memang disarankan untuk berkonsultasi ke dokter untuk menghilangkan masalah ini. Akan tetapi tidak ada salahnya membaca daftar cara alami yang sangat efektif untuk diterapkan seperti yang dikutip dari altmedicine.about.com.

1. Valerian
Tanaman herbal valerian sudah lama dijadikan obat untuk insomnia sejak zaman Romawi dan Yunani kuno. Selain itu tanaman ini juga bermanfaat sebagai obat hypnotic terutama untuk perawatan gangguan kecemasan dan sistem pencernaan. Tidak seperti obat tidur lain, valerian tidak menyebabkan ketergentungan dan pusing pada saat bangun pagi. Namun demikian, khasiat valerian tidak sama untuk setiap orang. Obat herbal ini tidak disarankan dikonsumsi dengan alkohol, obat lain dan orang yang mempunyai sakit lever.

Biasanya valerian dikonsumsi 1 jam sebelum tidur dan efek obat ini terasa setelah dikonsumsi selama 2 sampai 3 minggu setiap hari dan setelah 3 bulan sebaiknya konsumsinya dihentikan karena bisa menimbulkan efek samping seperti ganguan pencernaan ringan, sakit kepala, pusing dan jantung berdebar. Valerian tersedia dalam bentuk kapsul di hampir semua apotik di Indonesia dan juga tersedia dalam bentuk teh dan larutan tetapi jarang disukai karena aromanya.

2. Metalonin
Dikenal sebagai hormon yang cukup populer untuk menolong orang yang mengalami gangguan susah tidur, metalonin adalah hormon yang dihasilkan pineal, kelenjar kecil diotak yang sering terkandung dalam kadar sedikit dalam beberapa makanan seperti daging, sayur, kacang-kacangan dan buah-buahan. Terdapat banyak obat yang dapat merangsang pembentukan etalonin oleh tubuh anda. Suplemen ini tersedia dalam bentuk suplemen dan banyak dijual di apotik dan sebaiknya dikonsumsi 30 menit sebelum tidur.

Efek sampingnya belum diketahui dari beberapa penelitian yang telah dilakukan termasuk efek jangka panjang. Namun suplemen ini tidak dianjurkan untuk orang yang mengidap depresi atau stress berat, schizophrenia, penderita lupus dan penyakit serius lainnya termasuk ibu hamil dan menyusui.

3. Kava
Dikenal sebagai tanaman herbal yang sering ditemukan di kawasan pasifik seperti Hawai, Samoa, Kepulauan Fiji dan Vanuatu. Kava biasanya dijadikan penyedap masakan dan dapat dikonsumsi untuk mengatasi gangguan kecemasan terutama untuk wanita yang mengalami menopause. Walaupun kava tersedia dalam bentuk suplemen dan bisa digunakan untuk obat tidur karena mengandung obat penenang tetapi menyebabkan efek samping seperti kecanduan, halusinasi dan euforia ringan. Konsumsi kava melalui oral (mulut) juga bisa menyebabkan sakit yang cukup serius seperti kerusakan hati dan kematian. Untuk itu sebaiknya disarankan berkonsultasi ke dokter anda terlebih dahulu, karena kava termasuk obat dengan resep dokter.

4. Melakukan Teknik Relaksasi
Melakukan teknik relaksasi adalah salah satu cara efekif untuk mengatasi insomnia, meningkatkan kualitas tidur dan anda merasa segar ketika bangun bagi. Teknik ini sebaiknya dilakukan selama 20 menit sebelum tidur yang meliputi latihan visualisasi, relaksasasi respon, meditasi dan yoga yang dikombinasi dengan latihan pernapasan lainnya.

5. Pola Makan dan Minum yang Sehat
Sebaiknya anda menerapkan pola makan dan minum yang sehat seperti mengurangi konsumsi kafein (terlalu banyak meminum kopi, coklat dan teh), kurangi konsumsi gula, konsumsi makanan yang mengandung melatonin sebelum tidur dan makanan yang kaya zat magnesium.

6. Gunakan aromaterapi
Aromaterapi seperti minyak lavender telah lama digunakan sebagai obat mengatasi insomnia karena mengandung zat penenang yang berkualitas dan bekerja cepat untuk membuat kualitas tidur anda lebih baik dan segar pada saaat bangun pagi. Aromaterapi cocok digunakan untuk para wanita karena mereka cenderung lebih suka mencium aroma tertentu. Selain lavender, disarankan menggunakan chamomile dan kenanga.

7. Perhatikan Cahaya Lampu
Cahaya lampu mempunyai peranan besar membuat anda tidak bisa tidur baik karena kurang atau terlalu terang karena cahaya secara alami dapat berperan seperti jam untuk tubuh anda untuk mengetahui kapan harus tidur dan bangun. Untuk itu perhatikanlah intensitas cahaya lampu yang ada di kamar tidur anda.

8. Musik
Musik klasik dapat dijadikan media terapi untuk menolong anda mengatasi insomnia secara alami tanpa menggunakan obat herbal atau kimia. Musik juga dapat memperbaiki kualitas tidur anda dan anda merasa segar ketika bangun pagi.

9. Akupuntur
Menurut penelitian yang dilakukan akademisi dari universitas Pittsburg di Amerika Serikat, akupuntur dapat menjadi metode efektif untuk mengobati insomnia. Dengan durasi 5 minggu perawatan akupuntur maka tubuh akan terangsang meningkatkan sekresi hormon melantonin pada malam hari yang membuat anda tidur nyenyak dan merasa segar bangun pada pagi hari.

10. Metode Pengobatan Tradisional Cina
Dalam sistem perobatan tradisional dari negeri Cina, insomnia terjadi karena adanya pelemahan energi pada ginjal. Sindrom ini tidak sama dengan sakit ginjal yang dikenal oleh teknik pengobatan modern. Gejala dan ciri-cirinya adalah sakit punggung belakang, merasa letih dan lesu. Hal ini sering dialami oleh wanita yang mengalami menopause dan orang yang sering mengkonsumsi obat yang mengandung zat tamoxifen atau obat anti estrogen. Untuk itu disarankan mengkonsumsi obat herbal dengan formula liu wei di huang untuk meningkatkan level estrogen.

Dalam kepercayaan Taoisme juga dikenal Feng Shui yang mengatur bagaimana letak atau posisi kamar, perabotan, kantor, rumah dan beberapa aturan lain yang meningkatkan aliran energi pada ruangan sehingga menghasilkan tidur yang nyenyak dan mencegah insomnia. Salah satu aturannya adalah jangan meletakkan tempat tidur di sudut ruangan, dekat jendela dan pintu karena membuat aliran energi menjadi stagnan atau terganggu.

11. Metode Pengobatan Ayurweda
Dalam Ayurweda yang mengajaran metode pengobatan alternatif, insomnia berhubungan dengan ketidakseimbangan vata atau terjadi pergerakan yang tidak seimbang didalam tubuh terutama pada pernapasan dan sistem peredaran darah manusia dengan gejala gelisah, ketakutan dan cepat marah. Salah satu metode pengobatannya adalah memijat kaki dan kepala dengan minyak. Untuk tipe pitta, minyak kelapa dengan temperature kamar digunakan, untuk tipe vata, digunakan minyak wijen hangat dan untuk tipe kapha, dipakai minyak sesawi hangat.

12. Olahraga
Jika tubuh anda kegemukan dan kurang berolahraga, maka anda beresiko mengalami insomnia dan kualitas tidur yang buruk. Disarankan berolahraga secara teratur setiap hari pada pagi dan sore hari untuk menjaga kesehatan tidur dan memperbaiki kualitas tidur anda. Tetapi, sebaiknya jangan berolahraga menjelang waktunya tidur karena akan meningkatkan hormon adrenalin yang bisa membuat anda mengalami insomnia.

Demikian 12 cara yang anda dapat lakukan untuk mengatasi insomnia secara alami. Sebenarnya masih ada cara lain seperti memilih matras atau kasur dan bantal yang dapat membuat anda tidur nyenyak. Terdapat juga obat herbal yang dapat menyembuhkan insomnia seperti ginseng dan teh herbal lainnya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: