//
Anda membaca...
Fauna, Kesehatan

10 Makanan Manusia Yang Berbahaya Bagi Anjing

Sebenarnya ada beberapa makanan manusia yang berbahaya bagi anjing dan dapat menyebabkan masalah serius pada kesehatan binatang peliharaan ini. Informasi ini sangat penting diketahui bagi pecinta anjing karena hewan ini cenderung tertarik kepada penampilan makanan yang mereka lihat. Ini adalah daftar 10 makanan seperti yang dikutip dari aspca.org dan sebaiknya anda melatih anjing anda supaya tidak mencuri atau memakan makanan ini diam-diam.

Anjing Tidak Boleh Makan Anggur

Photo: adelaidenow.com.au

10. Buah Alpukat

Walau alpukat terkenal mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan dan kecantikan wajah manusia tetapi buah ini mengandung racun pestisida yang bernama persin yang tidak berbahaya bagi manusia tetapi bagi binatang sangat berbahaya apalagi dikonsumsi dalam jumlah yang besar. Tidak hanya anjing, burung, kelinci dan kuda juga sensitif terhadap buah alpukat dan beresiko menimbulkan masalah kesehatan seperti sesak napas, hidung tersumbat, dan terjadi penumpukan akumulasi air pada jantung.

Namun demikian, gejala keracunan persin pada anjing dan kucing adalah gangguan perut ringan namun tidak memungkinkan terjadinya penyumbatan pada saluran pencernaan yang bisa jadi masalah serius bagi kesehatan binatang anda.

9. Adonan roti

Adonan roti mengandung ragi yang bisa sangat berbahaya jika dikonsumsi anjing karena ketika dikonsumsi temperatur dan kondisi perut anjing menjadi lingkungan yang baik untuk ragi berkembang sehingga terjadi pembengkakan massa adonan roti dalam lambung. Hal ini bisa mempengaruhi penurunan aliran darah ke dinding lambung dan membuat jaringan disekitarnya akan mati.
Penggembungan lambung juga akan menekan diafragma sehingga membuat sesak napas. Disamping itu ragi mengembang akan menghasilkan alkohol yang akan diserap lambung dan bisa menyebabkan keracunan pada anjing dengan gejala kehilangan koordinasi, terjadi disorientasi dan muntah-muntah yang bisa berujung pada koma dan kematian.

8. Coklat

Beberapa makanan yang mengandung coklat seperti permen, brownies, tepung, kue dan rot sangat berbahaya jika dikonsumsi anjing karena mengandung kafein dan zat kimia teobromina yang merupakan bagian dari kelompok senyawa methylxanthines atau xantina. Gejala keracunan coklat pada anjing adalah muntah-muntah, haus, ketidaknyamanan pada abdomen, otot bergetar, irama jantung terganggu, temperatur badan meningkat, kejang dan mati.

7. Alkohol

Anjing sangat sensitif terhadap aroma alkohol atau etanol dan jika mereka menelannya atau meminum akan menimbulkan keracunan. Anjing memang beresiko terekspos dengan minuman beralkohol seperti bir, anggur, vodka dan cocktail. Gejala-gejala keracunan berupa muntah-muntah, kehilangan koordinasi, disorientasi dan pingsan.

6. Buah Anggur dan Kismis

Buah anggur dan kismis sangat berbahaya buat anjing karena dapat beresiko menyebabkan kegagalan ginjal walaupun beberapa penelitian tidak bisa menjelaskan kenapa terjadi kerusakan ginjal pada hewan. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah besar, anjing akan merasa sakit, muntah-muntah dan diare setelah 12 jam mengkonsumsi buah ini. Setelah 3 sampai 4 hari bisa menyebabkan kematian.

5. Tanaman Hops

Tanaman ini berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan pada anjing jika dikonsumsi termasuk buah hop segar dan dimasak. Gejala keracunan pada anjing adalah temperatur tubuh meningkat tajam melebihi 108 derajat Fahrenheit sehingga menimbulkan muntah, pingsan dan kerusakan pada sistem organ.

4. Kacang Macadamia

Walaupun kacang Macadamia tidak menyebabkan kematian atau kondisi fatal pada anjing jika dimakan, tetapi dapat menyebabkan gejala tidak nyaman selama 48 jam seperti lemah pada kaki, badan mengigil, dan terjadi demam.

3. Makanan Berjamur

Beberapa makanan berjamur mengandung racun mikotoksin yang bisa menyebabkan masalah kesehatan serius pada anjing. Karena sangat sulit membedakan makanan berjamur mana yang mengandung racun ini, cara terbaik adalah membuang dan mencegah makanan ini dikonsumsi anjing. Gejala keracun adalah badan menggigil dan kejang-kejang yang bisa menimbulkan kematian. Sebaiknya bawa anjing anda ke dokter hewan karena gejala ini bisa berlangsung selama beberapa minggu.

2. Bawang Merah dan Putih

Semua bentuk bawang-bawangan khususnya bawang putih dan merah dalam bentuk apapun seperto sup dan tepung sangat berbahaya jika dikonsumsi anjing karena bisa merusak sel darah mereka dimana bawang putih lebih beracun dibanding bawang merah. Gejala keracunan tidak akan timbul sampai 3-5 hari setelah dikonsumsi dimana gejalanya berupa lemah, letih, lesu dan malas bergerak dengan warna urine merah atau oranye.

1. Xylitol

Xylitol adalah pemanis non kalori yang banyak digunakan pada permen karet dan roti panggang. Pada manusia, konsumsi xylitol tidak mempengaruhi gula darah tubuh tetapi pada anjing bisa menimbulkan penurunan secara drastis. Gejala keracunan pemanis ini adalah terjadi disorientasi dan pingsan setelah 30 menit konsumsi. Jika dikonsumsi dalam jumlah cukup banyak, bisa berakibat fatal pada kesehatan anjing anda terutama terjadi kegagalan hati.

Demikianlah artikel mengenai makanan yang biasa dikonsumsi manusia tetapi bisa berbahaya dan beracun bagi anjing. Semoga informasi ini membuat anda mengerti memilih makanan terbaik pada binatang peliharaan ini. Artikel lain yang layak dibaca adalah anjing terpintar dan anjing termahal di dunia.

Diskusi

Satu respons untuk “10 Makanan Manusia Yang Berbahaya Bagi Anjing

  1. masa sih bawang putih gak boleh, di sumber lainnya mengatakan boleh, jadi bingung saya…

    Posted by Tiron | September 13, 2014, 1:52 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: