//
Anda membaca...
Kesehatan

Cara Melatih Otak untuk Berpikir Cepat dan Kreatif

Khasiat dan Manfaat Coklat untuk Otak
Mengetahui cara melatih otak untuk berpikir cepat dan lebih kreatif itu penting agar kita bisa lebih fokus dan punya kemampuan untuk mengingat banyak hal. Disamping itu latihan ini dapat membuat kita menjadi orang yang cepat memperlajari skill atau keahlian tertentu dan sesuatu yang baru sekaligus menghindari penyakit pada usia tua seperti Alzheimer. Inilah 7 cara yang sebaiknya anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan salah satu organ yang paling penting dalam tubuh, seperti yang dikutip dari situs lifehack.org.

1. Belajarlah mengingat sesuatu hal

Twyla Tharp, seorang koreografer terkenal Amerika menulis buku yang berjudul The Creative Habit yang menyatakan bahwa kebanyakan orang sulit mengingat lebih dari tiga peristiwa atau hal secara bersamaan. Hal ini terjadi karena banyak orang malas mengingat banyak hal dan lebih memilih menulis hal tersebut daripada mengingatnya.

Padahal aktivitas memori di otak mencakup tiga bagian yaitu menerima informasi, mengingat dan berpikir. Jadi ketiga bagian itu harus dilakukan secara bersamaan setiap hari agar otak kita terlatih untuk mengingat banyak hal. Cara sederhana yang sebaiknya dilakukan adalah melakukan metode pengulangan. Sebagai contoh, ketika anda berkenalan dengan seseorang dimana orang tersebut mengatakan “ Hai, nama saya adalah Joko.” Sebaiknya jangan dibalas dengan “ Senang bertemu anda” tetapi dengan “ Senang bertemu anda, bung Joko”

2. Jangan suka menunda pekerjaan

Dengan melakukan sesuatu yang baru terus menerus makan otak anda akan terbiasa melatih diri anda melakukan sesuatu yang baru dengan cepat dan lebih baik. Sebaiknya anda menghindari pemikiran untuk menunda sesuatu hal atau pekerjaan yang harus dilakukan karena jika anda langsung melakukan sesuatu hal yang baru maka anda akan melatih otak anda untuk tidak menunggu sampai menit terakhir untuk melakukan sesuatu hal. Jadi jangan berpikir suatu perkerjaan itu sepele atau sangat mudah dilakukan, lebih baik anda lakukan apa yang bisa anda lakukan sehingga otak anda terus terlatih menemukan cara untuk menyelesaikan sesuatu dengan lebih baik dan cepat.

3. Belajarlah sesuatu yang baru

Jika anda belajar sesuatu yang baru makan semakin terlatih otak anda untuk berpikir secara kreatif. Sebagai contoh, jika anda belajar bahasa yang baru, maka hal itu akan memacu otak anda untuk berpikir dan mengekspresikan sesuatu hal secara berbeda.

4. Ikutilah program latihan otak

Banyak program latihan otak yang bisa melatih otak anda walaupun anda sedan santai duduk di rumah dan di kantor. Salah satunya adalah menginstall atau memasang software game di smartphone atau komputer anda.

5. Berolahragalah secara teratur

Berolahraga atau melakukan latihan fisik secara teratur tidak hanya melatih tubuh anda tetapi bermanfaat untuk kesehatan otak anda karena 20 menit berolahraga akan meningkatkan pemrosesan informasi dan fungsi memori dan saraf otak anda sehingga ketika anda ingin melakukan sesuatu yang cepat, maka level kewaspadaan anda akan meningkat, tubuh anda bertindak cepat dan otak anda berpikir cepat.

6. Banyaklah bersosialisasi

Jika anda ingin memiliki kemampuan nalar dan cognitif yang optimal maka sebaikanya anda harus memiliki hubungan yang berarti dan sehat dalam hidup. Kencan dan berhubungan dengan orang anda cintai akan mempengaruhi gairah dan mood anda sehingga anda lebih berpikir jernih dan kreatif sekaligus menghilangkan stress atau depresi. Salah satu cara cepat untuk mempelajari pemikiran kita sendiri adalah dengan berbicara dengan banyak orang sehingga kita dapat melakukan intropeksi proses berpikir kita seperti apa, seperti yang dilakukan tipe orang ekstrovert.

7. Lakukan pola hidup dan makan yang sehat

Makanan yang sehat seperti ikan, buah-buahan dan sayuran segar dapat mendorong otak anda bekerja secara optimal dan lebih cepat. Makan coklat secara tidak berlebihan juga dianjurkan karena coklat mengandung zat dopamine yang memacu otak anda berpikir dan mengingat dengan lebih baik. Coklat juga mengandung flavonol dan zat anti oksidan yang meningkatkan kinerja otak. Pola hidup yang sehat juga sebaiknya anda lakukan seperti tidak tidur larut malam dan cukup beristirahat agar tubuh anda segar setiap hari sehingga kinerja otak lebih baik.

Diskusi

Satu respons untuk “Cara Melatih Otak untuk Berpikir Cepat dan Kreatif

  1. bagaimana cara melatih kemampuan kita agar otak kita berikir cepat? mohon saranya!!

    Posted by ouh ya bagaimana cara mengetahui otak kita TU termasuk jenius ap biasa"aja? MOHON SARAN Y. | Oktober 3, 2014, 10:41 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: