//
Anda membaca...
Kecantikan

Cara Mencegah Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Mengalami rambut gugur dan rontok adalah normal untuk wanita setelah melahirkan dimana dalam statistik 50 persen dari wanita selepas bersalin mengalami kondisi ini yang dikenal dengan nama “Telogen Effluvium”, sebutan medis untuk masalah ini. Hal ini merupakan kondisi sementara dan kebanyakan kasus tidak menyebabkan seorang wanita menjadi botak. Dibawah ini adalah 7 (tujuh) tips untuk mencegah rambut gugur setelah melahirkan, seperti yang dikutip dari wikihow.com.

Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita Menyusui

Foto: medstorerx.com

1. Jangan menarik dan mengikat rambut
Bagi wanita yang mempunyai kebiasaan mengikat atau menarik rambut untuk menghadiri pesta atau ke tempat kerja, sebaiknya cara ini jangan dilakukan karena bisa menimbulkan trauma atau ketegangan pada kulit kepala. Anda juga sebaiknya menghindari pemakaian sisir yang terlalu menarik rambut

2. Konsumsi sayur dan buah-buahan
Sebaiknya ubahlah pola makanan anda dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran karena makanan ini mengandung senyawa flavonoid dan zat anti oksidan yang melindungi folikel rambut dan merangsang pertumbuhan rambut. Contohnya adalah buah jeruk, stroberi dan sayuran hijau.

3. Konsumsi suplemen dan vitamin
Sebaiknya anda harus mengkonsumsi suplemen dan vitamin yang banyak mengandung B kompleks, E dan vitamin C serta zat seng dan biotin (B7). Sebaiknya diskusikan dengan dokter kandungan anda untuk mendapatkan suplemen terbaik.

4. Pilihlah shampo dan kondisioner terbaik
Banyak shampo dengan merek berbeda di pasaran atau apotik yang memang dirancang untuk ibu atau wanita setelah melahirkan. Sebaiknya anda memilih shampo yang mengandung zat biotin atau silikon dioksida karena bekerja baik merangsang pertumbujan folikel rambut. Gunakan shampo ini secara teratur dan jangan gunakan air panas.

5. Kurangi penggunaan hair dryer
Hair dryer atau alat yang mengeluarkan panas untuk mengeringkan atau menata rambut sebaiknya dikurangi dan sedapat mungkin dihindari karena bisa meningkatkan rambut gugur dan rontok. Biarkanlah rambut anda mengering secara alami.

6. Potong rambut anda
Anda bisa memotong sedikit rambut anda terutama pada bagian bercabang yang bisa menjadi penyebab rambut berguguran. Atau mengubah potongan rambut anda menjadi lebih pendek bisa menjadi soulsi untuk mengurangi tekanan pada kulit dan folikel kepala. Lagipula, lebih mudah merawat rambut pendek, bukan?

7. Hindari stres atau depresi
Ketika anda baru pertama kali menjadi ibu, mempunyai bayi untuk dirawat dan diperhatikan mungkin bisa menyebabkan perasaan dan kondisi anda menjadi stres atau depresi yang bisa menyebabkan rambut gugur. Sebaiknya anda selalu berpikir positif dan mencoba menikmati sesuatu yang baru bagi anda yaitu mengurus bayi.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: