//
Anda membaca...
Fauna

Cara Merawat dan Melatih Anjing Golden Retriever

Mungkin anda adalah pecinta anjing Golden Retriever dan sedang mencari informasi tentang cara melatih dan merawat binatang ini supaya melompat, tidak menggigit, berburu dan tetap sehat. Sebagai salah satu anjing terpintar di dunia, sifat hewan ini adalah ramah, percaya diri, suka berenang di air dan ramah kepada anak kecil sehingga membuatnya cocok dijadikan binatang perliharaan keluarga. Berbeda dengan Siberian Husky, anjing ini cenderung diam dan kadang tidak menggonggong kepada orang asing yang membuatnya tidak cocok jadi anjing penjaga rumah.

Foto Jenis Anjing Golden Retriever

Cara melatih dibawah ini sangat cocok untuk diikuti oleh orang umum karena hanya mengajarkan cara melatih Golden Retriever untuk mengikuti beberapa perintah dasar seperti datang ketika tuannya memanggil, duduk, berbaring, diam dan perintah lainnya, seperti yang dikutip dari wikihow.com.

1. Anda harus sabar
Anda harus melatih anjing ini dengan sabar, terus mencoba dan jangan marah ketika anjing ini tidak mau mengikuti perintah pertama atau kedua untuk berdiri atau jalan.

2. Pilihlah makanan lezat untuknya
Reward (penghargaan) dan punishment (hukuman) menjadi metode efektif untuk melatih anjing ini. Jika dia berhasil melakukan perintah tuannya, sebaiknya berikan makanan lezat untuknya yang tidak pernah dirasakannya sebelumnya.

3. Cara melatih anjing supaya datang kepada tuannya
Pertama anda harus sudah mempunyai nama atau julukan untuk anjing ini. Kemudian mintalah temanmu untuk memegang tali anjing dan posisikan dirimu dengan jarak ideal untuk menyuruh anjing datang kepada diri anda. Coba kata “ Ayo kemari” diikuti nama anjing tersebut ketika temanmu pergi membawa anjing ini. Posisi anda sebaiknya jongkok sambil menepuk lutut sambil memegang makanan kesukaannya. Jika anjing itu mendekat, berikanlah makanan itu kepadanya. Ulangi proses ini sampai dia terbiasa.

5. Menyuruh duduk
Biarkan anjing ini berdiri didepanmu dan jaga agar dia tetap fokus dengan makanan ditanganmu. Secara perlahan arahkan tanganmu kearah bawah anjing tersebut sampai dia posisi duduk sambil mengatakan “duduk” disertai namanya. Berikan reward dengan memberikan makanan. Ulang hal ini sampai anjing Golden Retriever dapat mengoasiasikan perintah duduk dengan makanan.

6. Menyuruh untuk berbaring
Ketika anjing ini berada dalam posisi duduk, anda dapat mengajarinnya untuk berbaring. Peganglah makanan ditanganmu dan letakkan semuanya di lantai. Ketika anjing ini mulai untuk bergerak kebawah dan berbaring di lantai katakanlah “ayo berbaring” dan berikan makanan secukupnya sebagai reward ketika anjing ini mau berbaring. Ulangi proses ini beberapa kali sampai dia mengerti perintah “ayo berbaring.”

Cara diatas juga dapat anda lakukan untuk melatih anjing Golden Retriever ini untuk tidur dan membuang air di kamar mandi. Yang penting adalah kesabaran anda dan mempersiapkan makanan lezat sebagai bentuk penghargaan karena telah melakukan dan menuruti perintah anda. Cara merawat anjing ini sangat sederhana dengan memandikan dan menyisir bulunya seminggu sekali dengan shampo dan sabun khusus hewan ini. Jangan lupa untuk membersihkan telinga anjing ini karena rawan mengalami infeksi telinga. Kunjungi dokter hewan secara berkala untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ini.

Diskusi

2 respons untuk ‘Cara Merawat dan Melatih Anjing Golden Retriever

  1. terima kasih tips nya, saya pemula memiliki golden rwetriever

    Posted by raffi | Desember 7, 2014, 3:38 am
  2. Untuk membersihkan telinganya, biasanya menggunakan apa min?

    Posted by Website Gratis | Maret 4, 2015, 4:36 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: