//
Anda membaca...
Kesehatan

10 Makanan Yang Dikonsumsi Agar Cepat Hamil

Inilah 10 makanan yang sebaiknya dikonsumsi agar cepat hamil dan termasuk penyubur kandungan wanita. Disamping berhubungan pada saat masa subur dan melakukan gaya hidup sehat, daftar jenis makanan dibawah ini terbukti secara medis mengurangi resiko kemandulan pada pria dan wanita, seperti dikutip dari parentdish.co.uk.
Jenis Buah Yang Baik Agar Cepat Hamil
10. Buah Pisang
Pisang terbukti secara medis kaya akan vitamin B6 yang dapat meningkatkan kualitas sel telur dan sperma termasuk mengatur lebel estrogen dan progesteron. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan terjadi ketidakteraturan pola dan masa menstruasi. Sebuah penelitian di Universitas Oxford inggris menyatakan wanita yang sering mengkonsumsi pisang yang kaya sodium dan potassium mempunyai kecenderungan mendapatkan bayi laki-laki dibandingkan perempuan. Selain pisang, vitamin B6 juga banyak terdapat di telur, kacang-kacangan, ikan salmon, jamur dan biji bunga matahari.

9. Aspuragus
Beberapa penelitian menyatakan sayuran asparagus mengandung asam folat yang bemanfaat untuk mencegah resiko terjadi kegagalan ovulasi dan menyuburkan kandungan. Selain asparagus, asam folat juga banyak terkandung di roti gandum, sayur bayam brokoli dan kacang-kacangan. Jika tidak cukup kandungan asam folat di menu makanan (0.4-1.0 mg setiap hari) anda sebaiknya anda mengkonsumsi vitamin atau susu yang mengandung asam folat.

8. Kacang Almond
Kacang Almond terkenal kaya akan Vitamin E dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan sel telur dan memperbaiki mobilitas sperma. Disamping itu dapat memperpanjang masa ovulasi pada siklus wanita. Sebuah penelitian menyatkan konsumsi vitamin E secara teratur dapat meningkatkan peluang untuk hamil sebanyak 10%. Secara umum, kacang ini juga dapat menurunkan tekanan darah, nyeri di dada, pengobatan diabetes dan menyembuhkan Alzheimer. Selain pada Almond, vitamin E juga banyak ditemukan di daging, sayuran hijau dan buah.

7. Telur
Telur merupakan sumber makanan yang banyak mengandung vitamin D. Dalam penelitian di Universitas Yale, Amerika Serikat melakukan pemeriksaan terhadap 67 wanita mandul dan ditemukan hanya 7% dari mereka mempunyai level vitamin D normal di tubuh. Telur juga mengandung asam lemak omega 3, vitamin A dan kolina yang merupakan nutrisi untuk perkembangan janin. Disarankan mengkonsumsi telur organik atau dari ayam kampung sebanyakan 8 sampai 12 butir perminggu untuk meningkatkan peluang untuk hamil.

6. Kerang
Kerang merupakan makanan yang kaya akan nutrisi termasuk vitamin B12 yang dapat meningkatkan level hormon estrogen, menyuburkan sel telur, menguatkan dinding endometrium dan menurunkan resiko keguguran. Kerang juga mengandung asam lemak omega 3 sebagai nutrisi yang baik untuk menyehatkan jantung dan pertumbuhan anak. Namun disarankan mengkonsumsi kerang 12 ons seminggu karena beresiko mengandung zat mercury yang sangat berbahaya bagi kesehatan terutama bagi ibu hamil. Sebagai alternatif sumber vitamin B12 adalah hati sapi.

5. Tahu atau Tofu
Tahu atau tofu kaya akan zat kalsium dan besi. Menurut penelitian, wanita yang kurang zat besi dalam tubuhnya mempunyai sel telur yang buruk sehingga mengganggu kesuburan. Zat besi juga banyak terkandung di hati ayam dan gandum.

4. Ikan Salmon
Walau ikan ini mempunyai harga relatif mahal dijual di Indonesia, tetapi Salmon terkenal kaya akan berbagai nutrisi termasuk mineral selenium yang berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel telur dan sperma dari radikal bebas sehingga bagus untuk pasangan yang merencanakan kehamilan. Selenium juga mampu mencegah terjadinya gangguan kromosom yang dapat menyebabkan cacat dan keguguran. Sebagai alternatif sumber makanan kaya selenium selain ikan Salmon adalah ikan tuna, lobster, sarden dan ayam kalkun.

3. Kacang Ercis atau Polong
Kacang ini kaya akan mineral seng yang dapat membantu meningkatkan fungsi, kualitas dan jumlah sperma. Disamping itu seng juga dapat menyeimbangkan hormon estrogen dan progesteron pada wanita. Selain kacang ercis, zat seng juga banyak terkandung pada daging sapi, domba dan biji sesawi.

2. Ikan Kembung dan Tenggiri
Sebagai anggota marga ikan laut makarel, ikan tenggiri dan kembung mengandung banyak asam lemak essensial yang bermanfaat untuk menguatkan sistem reproduksi pada wanita, memperbaiki kualitas dan fungsi sperma. Selain pada jenis ikan ini, asam lemak essensial juga banyak dikandung oleh kacang walnut, ikan sarden dan tahu.

1. Buah Jeruk
Vitamin C sangat memainkan peranan penting untuk menyuburkan sperma dan nutrisi ini banyak dikandung oleh buah jeruk. Vitamin ini juga dapat memperbaiki keseimbangan hormon pada wanita. Selain jeruk, vitamin C juga banyak dikandung oleh buah pepaya, brokoli, stroberi, nenas, buah kiwi, dan paprika.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda pasangan yang merencanakan kehamilan untuk mendapatkan bayi dan anak yang sehat sebagai keturunan. Informasi yang layak dibaca adalah cara agar hamil anak laki-laki.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: