//
Anda membaca...
Pariwisata

Daftar 5 Tempat Wisata Terkenal di Bandung

Ini adalah 5 tempat wisata terkenal dan terbaik di bandung yang dijadikan lokasi berlibur terfavorit untuk para pelancong dalam negeri dan mancanegara. Destinasi ini terdiri dari tipe wisata alam, kuliner dan untuk anak-anak. Berikut ini daftar lengkapnya yang diperoleh dari situs tripadvisor.co.id dimana museum Konferensi Asia Afrika dan Geologi tidak diikutsertakan dan dapat anda baca di artikel museum terbaik di Indonesia.

5. Pemandian Air Panas Ciater

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Ciater 2014Dikenal dengan nama Sari Ater, pemandian air panas Ciater merupakan salah satu lokasi wisata terkenal di Kabupaten Subang, Jawa Barat yang berbatasan dengan Bandung. Dalam satu bulan, jumlah rata-rata wisatawan mencapai 60 ribu orang dimana wisatawan luar negeri cenderung berasal dari negara di Timur Tengah. Air panas pemandian ini berasal dari kawah aktif Gunung Tangkuban Parahu yang letaknya dekat dengan temperatur air antara 43 sampai 46 derajat Celcius dengan kandungan belerang tinggi.

Untuk memasukin daerah wisata Ciater anda dikenai biaya Rp 14 ribu dan Rp. 80 ribu untuk memasuki pemandian air panas dimana anda akan disuguhi pemandangan alami menakjubkan dengan hamparan pemandangan teh yang indah. Untuk mencapai daerah wisata ini, anda bisa menggunakan sepeda motor, mobil pribadi dan angkutan umum dengan tanjakan yang cukup berat dan jarak tempuh sekitar 40 menit dari Kota Bandung atau 60 menit dari Jakarta.

4. Trans Studio Bandung

Harga Tiket Masuk Trans Studio BandungTrans Studio Bandung diklaim sebagai taman bermain indoor (di dalam ruangan) terbesar di dunia yang didirikan dan dioperasikan oleh Trans Corp (pemilik Chairul Tanjung), sama dengan Trans Studio Makassar. Tempat wisata keluarga dan anak-anak ini dibangun pada tahun 2009 dan mulai dibuka sejak tanggal 18 Juni 2011 dengan fasilitas 20 wahana, café, restoran, toko dan pertunjukan utama. Harga tiket masuk adalah Rp. 150.000 dari hari senin sampai Jumat dan Rp.250 ribu untuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional dimana anda bebas menikmati 20 wahana sebanyak satu kali tanpa khawatir panas dan hujan. Sementara tarif tiket VIP adalah Rp. 250.000 dengan tambahan akses ke wahana fast track lane.

Trans Studio Bandung sangat gampang ditempuh dari Tol Pasteur atau pusat kota Bandung dan ada beberapa angkutan umum (angkot) yang melewati destinasi liburan ini dengan alamat Jl. Gatot Subroto no. 289 Bandung.

3. Dago Pakar Bandung

Foto Taman Hutan Raya Juanda, BandungDago Pakar Bandung merupakan tempat wisata alam di daerah utara kota ini dimana merupakan satu-satunya kawasan hutan raya pertama di Indonesia yang dulu diresmikan oleh presiden Soeharto dengan nama Taman Hutan Raya (THR atau Tahura) Ir. H. Djuanda yang membentang sampai ke kawasan Maribaya. Dengan 2500 jenis tanaman dan terdapatnya Goa Jepang, lokasi ini cocok menjadi tempat trekking (olahraga lintas alam), jogging dan bersepeda.

Sejak bulan Mei 2013, harga tiket masuk tahura ini adalah Rp. 10.500 per orang termasuk asuransi kecelakaan dimana buka setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai 6 sore dan waktu estimasi yang dibutuhkan untuk menjelajahi seluruh hutan adalah 3-4 jam. Cara mencapai gerbang utama tempat wisata ini sangat mudah, bisa dengan semua jenis kendaraan pribadi dan umum. Dekat dengan lokasi ini terdapat juga Mountain View Golf Resort Bandung, sebagai tempat berolahraga golf dan menikmati pemandangan alam pegunungan yang indah.

2. Tangkuban Perahu

Tiket Masuk Tangkuban Perahu 2014Ini merupakan tempat wisata alam yang menawarkan pemandangan alami gunung berapi yang masih aktif dan sekitarnya dengan formasi geologi yang unik pada kawah dan bentuk gunungnya. Gunung yang mempunyai hikayat, asal usul dan legenda rakyat setempat ini mempunyai ketinggian 2084 meter dengan hamparan kebun teh dan pohon pinus disekitarnya. Sebaiknya anda mempersiapkan diri dengan memakai jaket dan baju hangat karena suhu rata-rata siang hari mencapai 17 derajat Celcius.

Walaupun pada April 2005 gunung ini menunjukkan aktivitas vulkanik yang tinggi sehingga melarang wisatawan mengunjunginya, Tangkupan Perahu masih merupakan magnet tempat wisata favorit jika anda mengunjungi kota Bandung. Gunung ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi dengan harga tiket Rp. 13 ribu per mobil. Dengan angkutan umum, anda bisa menaiki angkot jurusan Bandung-Subang dan berhenti didepan pintu masuk utama.

1. Kawah Putih

Tiket Masuk Kawah Putih 2014Kawah Putih merupakan danau kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha yang terletak di Ciwidey, Bandung Selatan dengan ketinggian 2.430 meter dari permukaan laut dan tidak ada aktivitas vulkanik sejak tahun 1600-an. Dibuka sebagai destinasi turis sejak tahun 1987, Kawah Putih merupakan danau dengan kadar keasaman tinggi (pH antara 0,5 sampai 1,3) dimana warna air atau dasar danau dapat berubah dari biru ke warna hijau keputih-putihan atau coklat, tergantung besarnya konsentrasi belerang dan temperatur kondisi oksidasinya. Batu-batuan dan pasir disekeliling danau ini berwarna putih yang membuat namanya disebut Kawah Putih.

Terdapat banyak legenda atau cerita rakyat atas tempat wisata ini dimana waktu terbaik untuk mengunjunginya pada siang hari dan musim panas dimana kabut tebal tidak akan mengganggu sehingga anda dapat puas mengelilingi hutan atau lokasi sekitar kawah. Harga tiket masuk adalah Rp. 15.000 per orang dan mobil Rp.150 ribu per mobil, tetapi anda bisa memarkirkan mobil anda dekat lokasi pintu masuk.

Disamping 5 tempat wisata diatas, ada beberapa destinasi berlibur dan bersantai di Bandung yang layak anda kunjungi yaitu Gedung Sate, Jalan Braga, Taman Patung (NuArt Sculpture Park), Gereja Katedral Santo Petrus, Observatorium Bosscha dan lainnya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: