//
Anda membaca...
Kesehatan

Tips Agar Hamil atau Mendapatkan Anak Laki-Laki

Inilah beberapa program atau tips yang perlu diketahui agar dapat hamil atau mendapatkan anak laki-laki. Memilih gender untuk bayi memang kadang menjadi isu kontroversil di bidang medis, adat atau budaya dan agama termasuk perlakuan orang tua pada anak berdasarkan gender.

Banyak ahli kesehatan dan kandungan mengklaim terdapat beberapa metode atau teknik yang dapat meningkatkan peluang mendapatkan anak lelaki, dimana salah satu yang terkenal adalah Metode Shettles yang diperkenalkan Landrum B. Shettles. Metode ini diklaim mempunyai peluang sukses 75% jika dipraktekkan secara benar. Beberapa penelitian juga menyatakan pola makanan dan posisi berhubungan intim juga mempunyai peranan penting. Inilah 7 (tujuh) tips yang dirangkum dari beberapa sumber termasuk dari wikihow.com.

Aplikasi Android untuk Menghitung Kalender Ovulasi

Gambar: Google Play

1. Pahami dan hitung waktu ovulasi pada wanita

Menurut metode Shettles sel sperma lebih kecil, lemah tetapi lebih cepat dari sel telur, untuk itu disarankan berhubungan suami istri bertepatan sebelum masa subur atau ovulasi berakhir untuk mendapatkan anak laki-laki. Terdapat beberapa metode untuk mengetahuinya yaitu:

– Melalui sistem kalender
Cara ini disarankan digunakan jika wanita atau istri mempunyai siklus haid atau menstruasi teratur. Dimana masa subur adalah 14 hari sesudah haid dalam siklus haid 28 hari dimana terjadi pelepasan sel telur yang bertahan sekitar 2-3 hari. Terdapat juga software pengitung kalender ovulasi yang bisa diinstall di smartphone anda baik platform Android atau iOS (klik gambar diatas untuk mengetahui informasi aplikasi Android penghitung kalender ovulasi).

– Mengamati lendir di leher rahim
Sesaat menjelang masa subur, anda akan menemukan lendir di leher rahim yang bersifat elastis (tidak putus) dengan panjang sekitar 2 cm. Metode ini memerlukan pengamatan yang jeli dari wanita sendiri.

– Mengukur temperature basal tubuh
Menjelang ovulasi, temperature basal tubuh sedikit meningkat untuk itu disarankan mengukurnya setiap pagi sesudah bangun tidur.

– Menggunakan alat test masa subur
Alat test masa subur atau ovutest scope biasanya terdapat di toko obat, supermarket atau apotik. Alat ini akan mendeteksi hormon pelutein atau luteinizing hormon (LH) dimana hormon ini akan dikeluarkan tubuh sesaat sebelum ovulasi yang fungsinya untuk merangsang pengeluaran sel telur dari rahim (ovarium).

2. Waktu terbaik berhubungan intim

Sel telur hanya bertahan selama 2-3 hari sementara sperma hidup sekitar 2 hari di tuba falopi. Jadi disarankan berhubungan intim 2 hari sebelum dan 1 hari sesudah masa ovulasi untuk mempunyai anak. Sementara untuk medapatkan anak laki-laki disarankan berhubungan antara 24 jam sebelum ovulasi dan 12 jam sesudahnya. Selama waktu ini, kondisi leher rahim yang berlendir akan menolong sperma Y (lemah tapi cepat) mencapai sel telur terlebih dahulu daripada X (lemah tapi kuat).

3. Posisi berhubungan intim

Sebaiknya anda meninggalkan posisi misionari dalam berhubungan intim karena tidak mempunyai kedalaman yang cukup untuk membantu sperma Y mencapai sel telur. Posisi yang disarankan adalah doggy style khususnya jika wanita yang mempunyai posisi rahim terbalik atau di belakang.

4. Wanita sebaiknya orgasme terlebih dahulu

Ketika wanita mengalami orgasme, tubuh wanita akan memproduksi zat yang membuat mulut rahim dalam kondisi basa sehingga menguntungkan sperma Y untuk bergerak lebih cepat.

5. Perbaiki pola makanan

Beberapa makanan dan minuman jika dikonsumsi mampu menciptakan kondisi yang bagus untuk sperma X atau Y dan memperbesar peluang agar wanita hamil. Untuk mendapatkan anak laki-laki disarankan mengkonsumsi makanan yang bisa menciptakan kondisi basa pada vagina agar kromosom Y mampu bergerak lebih cepat. 4 minggu sebelum ovulasi disarankan bagi wanita untuk mengkonsumsi makanan yang meningkatkan pH vagina seperti daging merah, telur, ikan, kacang-kacangan, jamur, roti dan labu.

6. Pria sebaiknya minum kopi

Pria disarankan meminum kopi beberapa jam sebelum melakukan hubungan suami istri sehingga akan membuat kromosom Y pada sperma akan menjadi lebih aktif dan peluang mendapatkan anak laki-laki semakin besar.

7. Wanita meminum sirup obat batuk

Apakah hal ini hanya tradisi atau kepercayaan saja? Mungkin tidak, karena banyak ahli kandungan menyatakan sirup obat batuk terbukti secara medis mengandung guaifenesin yang akan menipiskan lendir pada leher rahim sehingga menciptakan kondisi yang baik untuk kromosom Y seperma sehingga tercipta peluang lebih besar untuk mendapatkan anak laki-laki. Untuk itu disarankan wanita meminum sirup obat batuk yang mengandung komposisi zat guaifenesin beberapa jam sebelum berhubungan intim.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: