//
Anda membaca...
Flora, Pariwisata

10 Tempat Wisata Terbaik dan Terindah di Bogor

Inilah beberapa tempat wisata terbaik dan terindah di daerah Bogor dan puncak yang mejadi lokasi berlibur buat keluarga karena harganya yang murah, menampilkan pesona alam yang indah dan cocok untuk melakukan kegiatan kuliner. Berada di ketinggian 290 meter diatas permukaan laut, Bogor adalah daerah dengan hawa yang sejuk dimana terdapat banyak villa elit dan berkelas. Dikenal sebagai kota hujan, ini adalah daftar 10 tempat wisata di kota ini yang diperoleh dari pendapat para pelancong seluruh dunia di situs tripadvisor.com.

10. Gunung Geulis Country Club

Alamat Gunung Geulis Country Club BogorBerlokasi di daerah Ciawi, Bogor, Gunung Geulis Country Club merupakan salah satu tempat berlibur terbaik di akhir pekan untuk keluarga dan pasangan karena mempunyai kursus golf, pemandangan indah dan penginapan yang besar dan bersih. Tempat wisata ini dapat ditempuh selama 45 menit dengan kendaraan pribadi dari Tol Jagorawi. Dengan luas 450 hektar, komplek olahraga golf didukung topografi perbukitan yang indah yang berhawa segar dan tidak berisik.

Gunung Geulis yang beralamat di Pasir Angin, Gadog-Bogor sebenarnya adalah perbukitan dengan ketinggian diantara 400-500 meter diaras permukaan laut yang dibatasi oleh Sungai Cikeas. Terdapat 18 holes untuk bermain golf dengan fasilitas lengkap seperti resor penginapan, fasilitas rapat atau meeting, pusat kebugaran, komplek spa dan fasilitas rekreasi alam terbuka lainnya.

9. Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Foto Taman Nasional Gunung Halimun Salak BogorTaman nasional ini terletak di 3 kabupaten yaitu Bogor, Sukabumi dan Lebak dengan bentuk topografi berbukit dan bergunung dan ketinggian 500 sampai 2.211 meter diatas permukaan laut dengan dua puncak, Gunung Salak dan Halimun. Dengan luas diatas 113 ribu hektar, Taman Nasional Gunung Halimun Salak merupakan kawasan konservasi dimana terdapat keanekaragaman hayati yang tinggi dengan banyaknya fauna dan flora yang dilindungi termasuk 23 spesies burung endemik yang langka seperti elang jawa dan binatang langka lainnya.

Tempat wisata ini dianggap alternatif terbaik untuk melakukan wisata alam selain mengunjungi kawasan puncak Bogor. Dengan biaya yang relatif murah, anda bisa menembuh 4-5 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi untuk mencapai taman nasional ini.

8. Jungle Waterpark

Harga Tiket Masuk Jungle Water ParkJungle Waterpark merupakan lokasi favorit wisata bermain untuk keluarga dan anak karena mempunyai wahana permainan air terlengkap di Bogor. Diresmikan dan dibuka umum sejak tanggal 16 Desember 2007, terletak dekat perumahan asri, Bogor Nirwana Residen di daerah Dreded, Bogor Selatan.

Fasilitas hiburan dan bermain yang ada di Jungle Park meliputi bioskop 4D, Leisure Pool (kolan ditengahnya menyediakan makanan), Wave Pool (kolam yang mempunyai variasi ombak yang berbeda) dan terdapat pertunjukan regular yang menawarkan berbagai macam atraksi yang disukai anak-anak setiap akhir pekan (Sabtu dan Minggu). Besar harga tiket untuk memasuki taman bermain adalah Rp 65.000 per orang pada hari biasa, Rp. 80 ribu pada akhir pekan dan Rp.95.000 pada musim liburan.

7. Air Terjun Curug Cilember

Lokasi Air Terjun Curug Cilember, BogorTerletak di kawasan wisata alam Curug Cilember, di Desa Jogjongan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat, air terjun ini terdiri atas tujuh buah dengan ketinggian berbeda-beda dengan tinggi maksimal 40 meter. Karena asal usulnya dan cerita rakyat, pengunjung lebih suka mengunjungi air terjun ketujuh karena dipercaya dapat memberikan hoki, menyembuhkan penyakit dan mempercepat jodoh.

Dengan luas sekitar 5,9 hektar, ketinggian 800 meter diatas ketinggian laut dan hawa yang sejuk bertemperatur sekitar 18 sampai 23 derajat Celcius, kawasan wisata alam ini merupakan milik Perum Perhutani dan menjadikan lokasi yang cocok untuk melakukan aktivitas santai seperti berenang, berfoto-foto dan mandi. Untuk menjelajahi kawasan ini dibutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam dengan berjalan kaki dan disarankan menggunakan jasa pemandu. Harga tiket masuk adalah Rp. 6 ribu per orang belum termasuk tiket tambahan untuk parkir kendaraan.

6. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP)

Letak Lokasi Taman Nasional Gunung Gede PangrangoDitetapkan sejak tahun 1980 sebagai taman nasional, TNGGP merupakan cagar alam hutan hujan tropis dengan luas lebih dari 21 ribu hektar. Terdapat banyak flora dan fauna yang unik dan langka di taman wisata alam ini seperti tanaman kantong semar dan pohon raksasa Rasamala. Terdapat lebih dari 250 jenis burung dan 100 spesies mamalia di taman nasional ini dimana beberapa diantaranya adalah jenis yang langka dan dilindungi.

Jika anda ingin menikmati keindahan ekologi hutan Indonesia, TNGGP menjadi tempat yang cocok untuk berwisata dimana pada akhir pekan, tempat ini ramai dikunjungi pelancong. Anda juga dapat membeli cinderamata dan buah-buahan segar di pasar wisata Cibodas, dekat dengan lokasi taman nasional ini. Terdapat juga banyak villa dan penginapan murah disekitarnya.

5. Pabrik Gong Pancasan Bogor

Gambar Pabrik Gong Pancasan BogorBeralamat di Jalan Pancasan No. 17, dekat dengan pusat kota Bogor, ini merupakan pabrik gong tertua dan terpopuler di kota ini dan dikelola oleh Haji Sukarna dan anaknya. Dalam sehari, dua gong besar dapat dihasilkan dengan campuran material timah dan tembaga yang dijual dengan harga jual Rp 35 sampai 40 juta per buah. Sementara, untuk menghasilkan satu set lengkap gamelan, dibutuhkan waktu pengerjaan setiap hari selama 1 bulan penuh.

Pabrik gong ini merupakan hasil dedikasi pemiliknya akan kecintaannya terhadap kekayaan budaya khas Sunda. Lokasi ini sering dikunjungi oleh wisatawan asing atau mancanegara dari Asia Timur, Amerika dan Eropa.

4. Pura Taman Sari

Gambar Pura Taman Sari, BogorBernama lengkap, Pura Parahyangan Agung Jagatkarttya Taman Sari, pura ini terletak di kaki Gunung Salak yang dibangun pada tahun 1995 dengan luas 2,5 hektar dan berlokasi di Kampung Warung Loak, Desa Taman Sari Kelurahan Ciapus sekitar 13 km dari pusat kota Bogor. Lokasi ini dipercaya sebagai pusat Kerajaan Bogor dan sebagai lokasi terakhir Prabu Siliwangi terlihat.

Sebagai tempat wisata sejarah dan agama Hindu, pura ini menawarkan pemandangan alam yang indah dengan Candi Bentar hitam yang mempunyai lilitan kain panjang berwarna kuning terang. Di lokasi ini juga sering diadakan upacara agama Hindu seperti Siwa Ratri.

3. Istana Bogor

Alamat Istana Presiden BogorIstana Bogor yang berlokasi di jalan Ir. H. Juanda merupakan salah satu dari 6 istana kepresidenan yang dibuka untuk umum sejak tahun 1968 dengan jumlah pengunjung pertahun sekitar 10 ribu orang. Dengan luas istana dan taman sekitar 28 hektar, lokasi ini memiliki istana utama dan dua gedung di sisi sayap dimana terdapat kantor pribadi, perpusatakaan, ruang makan, ruang pertemuan menteri, ruang bioskop dan ruang Garuda untuk menyambut tamu penting. Dua bangunan sayap digunakan sebagai tempat tinggal tamu.

Di dalam istana ini juga terdapat koleksi seni yang dikumpulkan oleh Presiden Soekarno seperti 450 lukisan, 360 patung, dan beberapa hadiah kenegaraan dari negara asing. Masyarakat umum diperbolehkan mengunjungi istana ini secara kelompok atau rombongan dengan meminta izin kepada Biro Rumah Tangga Kepresidenan di Sekretariat Negara.

2. Rancamaya Golf & Country Club Bogor

Alamat Lokasi Rancamaya Golf & Country ClubSebagai hotel bintang 5, Rancamaya Golf & Country Club Bogor merupakan tempat wisata kelas dunia yang menawarkan kursus golf di padang rumput asri dan sejuk, lapangan tenis, pusat spa dan kebugaran, sauna, klub bermain anak, kolam renang, jacuzzi dan kamar yang nyaman untuk beristirahat. Hotel ini merupakan pilihan tepat bagi pelancong yang mencari penginapan berkelas, nyaman dan tenang di kota Bogor dimana harga rata-rata menginap per malam dimulai dari Rp. 1.045.000.

1. Kebun Raya Bogor

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor 2014Dengan luas 87 hektar dan lebih dari 15 ribu jenis tanaman dan pohon, Kebun Raya Bogor merupakan tempat wisata alam terpopuler di kota ini dan sering dijadikan sebagai referensi keilmuan. Terletak di pusat kota, Jalan Ir. H. Juanda no. 13, kebun raya ini didirikan oleh Prof Reindwart, seorang ahli botani dari Jerman pada tanggal 18 Mei 1817 dimana tujuan awalnya adalah untuk mengenalkan tanaman ekonomi penting pertanian khususnya kelapa sawit.

Dengan koleksi tumbuhan sejumlah 13.697 spesimen, Kebun Raya Bogor menjadi tempat wisata alam untuk melihat koleksi tanaman tropis Indonesia seperti Bunga Titan Arum yang tingginya bisa mencapai 3 meter dan menebarkan bau bangkai. Koleksi unik lainnya adalah kantung semar, teratai raksasa dan pohon raja. Harga tiket relatif murah dan sama dengan tiket masuk Museum Zoologi Bogor, dengan tarif Rp. 9.500 per orang.

Demikianlah daftar 10 tempat wisata terpopuler di daerah Bogor dan sekitarnya yang mungkin bisa menjadi referensi anda untuk berlibur. Artikel lain yang bermanfaat adalah tempat wisata di Sumatera Utara dan Bandung.

Diskusi

Satu respons untuk “10 Tempat Wisata Terbaik dan Terindah di Bogor

  1. Karena deskripsinya tidak terlalu banyak dan detil, jadi bikin penasaran nih utk dateng langsung ke TKP. Salam sukses

    Posted by SewaVillaMurahBogor | September 14, 2014, 6:39 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: