//
Anda membaca...
Pariwisata

Daftar 10 Tempat Wisata Terkenal di Sumatera Utara

Inilah 10 tempat wisata terbaik dan terkenal di Sumatera Utara yang dapat menjadi referensi anda mencari destinasi alam untuk lokasi berlibur dengan keluarga ketika anda melancong ke Medan atau kota lain di provinsi ini. Dengan keindahan alam dan gedung bersejarah, provinsi menawarkan beberapa lokasi favorit wisatawan dalam dan luar negeri, mulai dari Lompat Batu di Pulau Nias sampai Gunung Sibayak. Daftar dibawah ini dirilis oleh situs traveler terkenal dunia, tripadvisor.com dimana posisi pertama bukan ditempati oleh Danau Toba.

10. Pulau Nias

Gambar Tradisi Lompat Batu Pulau NiasPulau Nias yang terletak di Samudra Hindia dan mempunyai beberapa kawasan terisolasi yang jarang dikunjungi wisatawan mancanegara. Beberapa ahli sejarah dan arkeologi menyatakan budaya lokal di pulau ini adalah satu dari beberapa budaya zaman megalitik yang masih ada di dunia walaupun hal ini masih bisa diperdebatkan.

Nias dikenal mempunyai atraksi budaya yang unik dimana terdapat tradisi dan ritual budaya terkenal seperti tarian perang dan lompat batu dimana kita dapat melihat pria muda melompati batu setinggi 2 meter, lebar 90 cm dan panjang 60 cm, diiringi oleh musik tradisional yang dimainkan oleh kaum wanita. Di ibukota Nias, Gunung Sitoli terdapat Museum Pusaka Nias yang memiliki lebih dari 6 ribu objek yang mencerminkan kekayaan budaya. Nias juga dikenal sebagai tempat favorit untuk melakukan olahraga selancar air (surfing) dimana lokasi terbaik di pantai Sorake dan Lagundri, Nias Selatan.

9. Air Terjun Sipisopiso

Foto Air Terjun Sipisopiso TonggingAir terjun Sipisopiso yang memiliki ketinggian sekitar 120 meter yang terbentuk dari sungai kecil di dataran tinggi Karo yang mengalir melalui gua di tepi Danau Toba bagian utara dengan ketinggian 800 meter diatas permukaan laut. Air terjun ini merupakan yang tertinggi di Indonesia dan berlokasi di Tanah Karo dekat dengan desa Tongging, 25 km dari Kota Kabanjahe atau 35 Km dari Brastagi. Anda hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit dengan kendaraan pribadi untuk mencapai lokasi ini dari Kota Medan.

Untuk menjelajah keindahan alam disekitar Air Terjun Sipisopiso dari dekat, para pelancong harus menyusuri punggung bukit dengan ratusan anak tangga kecil. Untuk fasilitas dan akomodasi, terdapat beberapa penginapan murah di Desa Tongging yang juga menawarkan cinderamata khas Tanah Karo.

8. Hillpark Sibolangit

Harga Tiket Masuk Hill Park SibolangitHillpark Sibolangit adalah merupakan taman bermain terbesar di Sumatera yang mempunyai wahana bermain untuk anak yang mengagumkan dengan 3 tema besar yaitu Toon town, Lost City dan Heritage. Sesuai namanya, tempat wisata yang mempunyai luas 20 hektar ini terletak di Sibolangit dengan ketinggian 550 meter dari permukaan laut sehingga mempunyai cuaca yang sejuk dan memiliki area restoran yang menyediakan beraneka macam makanan dan minuman sehingga menjadi lokasi yang sangat cocok untuk liburan keluarga. Taman bermain ini hanya dibuka untuk umum ketika akhir pekan saja (Sabtu dan Minggu) dan hari libur sekolah atau nasional dengan harga tiket masuk Rp. 10.000 dan Rp. 45.000 untuk menikmati salah satu wahana permainan.

7. Taman Alam Lumbini

Alamat Lokasi Taman Alam Lumbini BrastagiTaman Alam Lumbini dengan luas mencapai 3 hektar dan terletak di kaki Gunung Sibayak, Desa Tongkoh memiliki pagoda tertinggi di Indonesia yang merupakan replika Pagoda Shwedago yang terdapat di Kota Yangoon, Myanmar. Kompleks taman alam merupakan lokasi favorit wisata rohani untuk umat Budha karena terletak di lokasi berhawa sejuk dengan pemandangan asri. Dimana pagoda atau kul ini terlihat megah dan berwarna emas diantara pepohonan yang lebat. Lumbini berasal dari nama daerah di kaki Gunung Himalaya yang dikenal sebagai tanah kelahiran Sidharta Gautama.

Taman alam ini diresmikan pada Oktober 2010 dan dihadiri oleh ribuan biksu dari berbagai negara. Ciri khas pagoda ini adalah adanya stupa Budha dengan panjang 69 meter dan tinggi 46, 8 meter. Total terdapat lebih dari 2500 patung Budha dan relif lainnya. Tiket masuk adalah gratis atau tidak dikenakan biaya.

6. Goa Kalelawar Bukit Lawang

Foto Goa Kalelawar Bukit LawangJika anda menyukai wisata alam dengan melakukan jungle trekking, pilihan mengunjungi Goa Kalelawar yang tersembunyi di areal perkebunan sawit di Bukit Lawang, yang bisa ditempuh 2-3 jam (80 km) dari Medan. Goa yang mempunyai panjang lebih dari 500 meter ini menjadi tempat tinggal ribuan kalelawar yang membuat sarang di bagian atas gua yang berjarak sekitar 2 km dari pintu bukit lawang (bisa ditempuh selama 15 menit dengan berjalan kaki).

Biaya untuk memasuki goa ini sebesar Rp. 5 ribu per orang dimana goa ini bukan milik pemerintah daerah melainkan milik pribadi. Disarankan memakai sepatu yang tepat dan menggunakan penerangan (lampu) karena anda akan melewati bebatuan yang sangat tajam dan licin sehingga diperlukan pengamatan dan konsentrasi yang berhati-hati. Mengunjungi goa ini merupakan salah satu atraksi wisata alam di kawasan Bukit lawang yang bisa memicu adrenalin anda sambil menikmati kecantikan stalagtit dan stalagnin sebagai bagian ornamen interior goa ini.

5. Graha Maria Annai Velangkanni

Foto Graha Bunda Maria Annai VelangkanniGraha Maria Annai Velangkanni yang terletak di komplek perumahan Alamanda Indah di kawasan Sunggal, Medan sepintas mirip kuil Hindu karena ornamen dan bentuk bangunannya. Namun bangunan ini merupakan sebuah gereja katolik yang dibangun pada bulan September 2001 oleh Keuskupan Agung Indonesia dan resmi dibuka untuk umum sejak tanggal 1 Oktober 2005, Graha ini memadukan arsitektur Indo dan Mogul yang terdiri dari dua lantai, lantai satu untuk aula dan jalan salib dimana terdapat 14 jendela.

Di lantai 2 terdapat patung Annai Velangkanni setinggi 2 meter dan 20 jendela yang berisi gambaran sejarah hidup Yesus Kristus. Semua ornamen dikabarkan dikerjakan dengan menggunakan tangan atau manual termasuk tujuh tingkat menara dan 3 kubah. Tempat ini menjadi lokasi yang sangat cocok untuk melakukan wisata rohani karena hampir semua interior dilengkapi oleh lukisan dan ornamen khas kristiani.

4. Bukit Lawang

Penangkaran Orangutan di Bukit LawangJika anda ingin melakukan wisata alam dengan menjelajah hutan dan ingin menyaksikan dari dekat kehidupan primata di alam bebas, Bukit Lawang menjadi pilihan tepat. Hutan tropis yang termasuk situs warisan dunia Unesco ini terletak di pintu masuk Taman Nasional Gunung Leuser dan menjadi tempat hidupnya beberapa spesies langka termasuk orangutan.

Kawasan cagar alam ini selain untuk konservasi alam dan hewan, juga digunakan sebagai tempat pariwisata. Hal ini terlihat dari banyaknya losmen dan penginapan di tepi sungai dan hutan termasuk banyaknya paket wisata yang menawarkan wisata rafting dan jungle trekking. Untuk mencapai lokasi ini dari Medan sangatlah mudah karena terdapat bus dari terminal Pinang Baris, Medan ke bukit lawang yang langsung berangkat setiap 30 menit dengan ongkos relatif murah, Rp. 12 ribu dengan lama perjalanan 2-3 jam.

3. Rumah Tjong A Fie, Medan

Sejarah Rumah Tjong A Fie di MedanTerletak di Jalan Ahmad Yani, Kesawan Medan, rumah Tjong A Fie dibangun pada tahun 1900 dengan mengadospi artisektur Cina, Eropa dan Melayu. Rumah ini menjadi salah satu tempat wisata sejarah terbaik di Sumatera Utara karena anda dapat mengetahui budaya Melayu-Tionghoa, sejarah kota Medan tempo dulu dan kehidupan Tjong A Fie karena terdapat banyak koleksi foto, lukisan dan perabotan rumah tangga.

Tjong A Fie dulu merupakan saudagar kaya dengan bisnis besar di bidang perkebunan, bank, kelapa sawit dan perusahaan kereta api dengan puluhan ribu karyawan. Beliau sangat disegani dan dihormati oleh pejabat kolonial Belanda dan Sultan Deli dan menjadi pemimpin komunitas keturunan Cina di Medan karena sifat dermawannya.

2. Danau Toba

Sejarah Singkat dan Asal Usul Danau TobaMerupakan danau vulkanik terluas di dunia dan danau dengan paling dalam dan luas di Indonesia, Danau Toba yang mempunyai Pulau Samosir di tengahnya menawarkan pemandangan alam yang elegan dan mempesona baik yang dapat dinikmati dari daerah disekitarnya. Salah satu tempat favorit kunjungan wisatawan mancanegara adalah Tuk Tuk dimana banyak terdapat hotel dan penginapan yang nyaman di pinggir Danau Toba, Pulau Samosir. Karena malam cenderung sepi, anda bisa menikmati menjelajah pinggiran danau ini dengan menggunakan sepeda rental yang disediakan beberapa penginapan dan guest house.

Selain itu anda dapat menikmati pemandian air panas (hot spring) yang terletak dekat daerah Pangururan dengan tarif masuk rata-rata gratis atau sekitar Rp. 2000 per orang. Selain itu anda juga dapat berenang dan melakukan beberapa aktivitas olahraga air atau sekedar mengeksplorasi danau dengan menyewa boat atau kapal. Terdapat juga situs bersejarah di Pulau Samosir yang dapat and kunjungi untuk mempelajari budaya dan sejarah suku batak.

1. Gunung Sibayak, Brastagi

Berapa Ketinggian Gunung SibayakMungkin anda bingung mengapa gunung ini berada di posisi atas, lebih baik dari Danau Toba. Daftar ini memang disusun oleh tripadvisor berdasarkan jajak pendapat para pelancong seluruh dunia dimana wisatawan mancanegara lebih menyukai melakukan wisata alam di Gunung Sibayak karena sangat mudah didaki dan tidak terlalu banyak orang disamping menawarkan pemandangan indah dari puncak gunung ini.

Anda tidak membutuhkan seorang guide atau pemandu untuk mendaki gunung ini. Sebaiknya anda membawa perlengkapan yang memadai sebelum mendaki gunung berketinggian 2.212 meter ini seperti membawa air dan snack secukupnya.

Diskusi

2 respons untuk ‘Daftar 10 Tempat Wisata Terkenal di Sumatera Utara

  1. di Tapanuli Tengah banyak tempat wisata yang sangat indah mis. pantai binasi, pantai kahona, pulau mursala, pulau situngkus dll
    msa gk ada yg masuk 1 pun
    coba anda searching di google foto2nya, klo tdk prcya

    Posted by Bagus Kurniawan Marbun, | September 25, 2014, 3:54 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: