//
Anda membaca...
Kesehatan

Cara Mengobati Penyakit Herpes Genitalis

Obat Herbal Untuk Menyembuhkan Penyakit Herpes

Foto: livestrong.com

Metode atau cara mengobati atau mengatasi penyakit Herpes Genitalis yang biasanya menyerang organ kulit dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat antivirus dan herbal atau suplemen sebagai metode pengobatan alternatif. Namun semuanya tergantung oleh kondisi pasien, dimana letak infeksi pertama kali dan gejala-gejala yang mungkin timbul. Ini adalah metode pengobatan yang harus dilakukan, seperti yang dirilis dari situs webmd.com.

Penggunaan Obat Antivirus

Pengunaan obat antivirus dapat menolong orang yang terkena penyakit Herpes Genitalis sampai gejala-gejalanya hilang dan membuat kondisinya menjadi lebih mudah. Obat ini juga akan mengurangi rasa sakit ketika gejala-gejala ini timbul. Terdapat tiga jenis obat kapsul atau pil yang digunakan secara umum seperti acyclovir (Zovirax), famciclovir (Famvir), dan valacyclovir (Valtrex).

Obat luar atau langsung diterapkan ke kulit dikabarkan efek penyembuhannya kurang bagus dan banyak dokter tidak menyarankannya. Ini adalah beberapa metode pengobatan yang perlu dilakukan sesuai kondisi pasien.

Pengobatan awal
Jika anda terkena gejala seperti sakit pada kulit, dokter akan memberikan obat antivirus yang dikonsumsi selama 7 sampai 10 hari untuk mencegah sakit menjadi lebih buruk. Jika kondisi masih tidak membaik biasanya dilakukan pengobatan berselang dan supresif.

Pengobatan berselang
Dokter akan memberikan obat pil antivirus yang dikonsumsi setiap hari selama 2 sampai 5 hari ketika timbul lagi gejala nyeri dan sakit sampai rasa sakit itu hilang dengan sendirinya.

Pengobatan supresif
Jika gejala masih timbul makan dokter akan memberikan obat antivirus yang dikonsumsi setiap hari sampai gejala hilang. Pengobatan atau terapi ini bisa memakan waktu sampai 6 tahun dimana peluang sembuh mencapai 70 sampai 80 %. Obat ini akan mampu mengurangi penyebaran atau penggadaan sel virus dalam tubuh terutama pada permukaan kulit.

Efek samping obat antivirus
Efek samping dari obat antivirus untuk penyakit Herpes Genitalis dapat dikategorikan aman dan hanya mengakibatkan efek ringan walaupun dikonsumsi pada waktu yang lama. Acyclovir merupakan obat yang paling disarankan jika anda mendapat terapi selama beberapa tahun.

Pengobatan di rumah

Pengobatan bisa dilakukan di rumah yang bertujuan untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat gejala yang ditimbulkan penyakit Herpes Genitalis. Disarankan untuk mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri seperti aspirin dan acetaminophen. Kadang juga dokter menyarankan merendam bagian kulit yang memerah atau gatal pada air hangat dan dikeringkan dengan menggunakan handuk, kapas pembersih luka atau hair dryer.

Pengobatan dengan herbal atau metode alternatif

Banyak ilmuwan telah menciptakan ekstrak herbal alami dan suplemen yang dipercaya mampu menghilangkan gejala yang ditimbulkan Herpes Genitalis. Ekstrak tanaman Echinacea dipercaya mampu meningkatkan kekuatan sistem imunitas tubuh untuk melawan infeksi. Penelitian yang lain menyatakan obat salep yang mengandung propolis atau lem lebah dapat menolong pasien sembuh dari sakit dan luka pada kulit jika diterapkan pada kulit setiap hari. Setelah melakukan pemakaian selama 10 hari 24 dari 30 pasien mengalami penyembuhan yang signifikan dari luka atau sakit pada kulit. Obat herbal yang lain adalah ekstrak tanaman Prunella vulgaris yang mengandung zat kimia yang dapat melawan virus HSV-1 dan HSV-2.

Memang obat ini belum mendapat pengakuaan sebagai obat penyembuh Herpes Genital dari Badan Pengawas Obat dan Makanan, FDA Amerika atau BPOM Indonesia. Anda dapat membeli obat ini di apotek dimana obat herbal dikategorikan sebagai suplemen nutrisi bukan obat-obatan.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: