//
Anda membaca...
Kesehatan

Fakta Tentang Penyakit Herpes Genitalis dan Gejalanya

Gambar Kulit Orang Terkena Penyakit Herpes Genital

Foto: clinicaladvisor.com

Artikel ini membahas fakta tentang penyakit kulit herpes genitalis, gejala-gejalanya, metode penularan dan bagaimana cara mencegahnya. Penyakit kelamin ini disebabkan virus herpes simplex yang terdiri atas dua tipe. Tipe pertama disebut HSV-1 yang menyebabkan infeksi pada bagian mulut dan bibir dengan gejala umum seperti demam tinggi dan tubuh menggigil. Tipe ini biasanya terjadi pada orang yang suka berganti pasangan hubungan intim sejak usia muda.

Tipe kedua disebut HSV-2 yang menyerang sistem saraf. Ketika aktif, virus ini akan mengalir ke permukaan kulit dan lapisan kulit dalam (membrane mukosa) dan memperbanyak dirinya. Penyakit ini akan menular kepada orang lain dan akan kembali ke sistem saraf tepatnya di ganglion (suatu bongkahan jaringan biologis pada sel saraf tubuh).

Siapa yang beresiko terkena penyakit Herpes Genitalis?

Berdasarkan statistik, satu sampai lima orang yang berusia diatas 12 tahun di Amerika serikat terinfeksi virus HSV-2 yang menyebabkan penyakit Herpes Genitalis dimana 90% penderita tidak mengetahui dirinya mengidap penyakit ini dimana jumlah pasien wanita lebih besar dari laki-laki. Penyebab utama penyebaran penyakit ini adalah terjadinya hubungan intim secara bebas dan sembarangan.

Bagaimana Herpes Genitalis menular?

Herpes Genitalis menyebar atau menular ke orang lain tergantung jenis atau tipe virusnya. HSV-1 biasanya menular melalui hubungan intim lewat media oral (organ mulut, lidah dan bibir) atau melalui ciuman. HSV-2 menular melalui hubungan intim biasa dan anal. Virus jenis HSV-2 tidak mampu bertahan lama dalam lingkungan terbuka jadi resiko penularan melalui toilet, handuk atau peralatan di kamar mandi tidak ada.

Bagaimana cara mencegah penyakit ini?

Memang banyak yang menyarankan menggunakan alat pengaman atau kondom ketika berhubungan intim dengan pasangan diluar nikah. Tetapi cara ini tidak efektif hanya melindungi daerah dimana virus akan menyebar (khususnya alat kelamin). Cara terbaik adalah setia kepada pasangan atau tidak melakukan hubungan suami istri diluar pasangan. Perlu diketahui, sebagian besar orang mengidap penyakit ini cenderung tidak mempunyai gejala atau ciri fisik tertentu.

Gejala atau ciri-ciri Penderita Herpes Genitalis

Dalam kebanyakan kasus orang mengidap penyakit ini tidak mengalami gejala tertentu ketika terinfeksi virus HSV. Gejala akan timbul setelah beberapa hari sampai hitungan mingguan setelah melakukan kontak fisik. Bahkan gejala timbul setelah hitungan tahun.

Ketika gejala timbul biasanya akan langsung disertai kondisi yang parah dimulai dari kondisi kulit melepuh dan luka makin menyebar. Ini adalah beberapa gejala yang timbul
– Kulit merah di sekitar alat kelamin tanpa ada rasa sakit, nyeri atau gatal.
– Rasa gatal dan kesemutan pada daerah dubur.
– Terjadi luka melepuh dengan rasa sakit hebat yang menyerang area kelamin, paha dan daerah dubur.
– Rasa sakit dan nyeri ketika buang air kecil.
– Sakit kepala dan punggung
– Timbul gejala flu, letih, lesu, lemah dan demam tinggi.

Karena gejala penyakit Herpes Genital dapat berbeda-beda pada setiap orang dan mirip dengan gejala penyakit lain, disarankan anda untuk melakukan berkonsultasi ke dokter spesialis kelamin atau melakukan pemeriksaan medis termasuk tes darah.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: