//
Anda membaca...
Kesehatan

Kanker Kelenjar Tiroid: Jenis, Gejala dan Diagnosa

Penyebab Terjadinya Kanker Kelenjar Tiroid

Artikel ini akan membahas fakta tentang kanker kelenjar tiroid, jenis, gejala-gejala dan diagnosanya. Sebagai salah kelenjar endokrin terbesar yang ada di tubuh manusia, tiroid terletak dibagian depan leher, dibawah laring dan dapat dirasakan dengan menyentuh kulit leher. Tiroid terdiri atas 2 bagian (lobus) dimana terdapat jaringan tipis yang menghubungkan kedua lobus tersebut.

Fungsi tiroid adalah menghasilkan hormon yang sangat berguna untuk tubuh yaitu hormon tiroid yang berpengaruh kepada laju jantung, tekanan darah, temperatur tubuh dan berat. Jika anda mempunyai hormon tiroid terlalu banyak makan detak jantung anda akan cepat dan membuat anda cepat lelah. Sel tipe C pada kelenjar tiroid berfungsi menghasilkan kalsitonin yaitu hormon yang berperan kecil untuk menjaga kadar kalsium dalam tubuh.

Apa itu kanker kelenjar tiroid?

Seperti pada kanker leher rahim atau prostat, kanker awalnya tumbuh dalam sel yang membentuk suatu blok pada jaringan. Kelenjar tiroid normal berkembang dan membentuk sel baru ketika tubuh membutuhkannya. Ketika sel-sel normal tersebut menjadi tua dan rusak, maka mereka akan mati dan sel baru akan menggantikan tempatnya. Namun kadang proses ini berjalan salah.

Sel-sel baru kadang terbentuk sendirinya padahal tubuh tidak membutuhkannya dan sel rusak atau yang menua tidak mati. Pembentukan sel ini akan membentuk suatu massa jaringan yang sering disebut tumor dan kebanyakan mereka dikategorikan tumor jinak. Tumor jinak ini tidak berbahaya dan tidak akan menyerang jaringan disekitarnya atau organ lain sehingga tidak harus dihilangkan dengan metode bedah.

Tumor dianggap tidak jinak atau kanker jika menyerang jaringan dan organ yang berdekatan, dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain sehingga dibutuhkan proses untuk menghilangkan atau menghancurkannya. Sel kanker tiroid dapat melalui pembuluh getah bening ke kelenjar getah bening dan menyebar melalui pembuluh darah ke jantung, hati dan tulang. Setelah menyebar, sel kanker mungkin akan melekat ke jaringan lain dan berkembang membentuk tumor baru yang akan merusak jaringan tersebut.

Tipe atau Jenis Kanker Tiroid

Ada beberapa jenis kanker tiroid yang dikenal di dunia medis yaitu:

  • Kanker Tiroid Papiler

Di Amerika Serikat dan Indonesia, tipe kanker ini paling banyak diderita orang dengan kisaran 86-100% penderita kanker tiroid mengidap kanker ini. Sel kanker ini awalnya tumbuh di tirosit (sel epiletal pada kelenjar tiroid) dan berkembang sangat lambat. Jika dideteksi sejak dini, kebanyakan penderita kanker ini dapat disembuhkan.

  • Kanker Tiroid Folikuler

Sedikitnya 9 dari 100 orang mengidap jenis kanker ini yang awalnya tumbuh di sel tirosit dan berkembang lebih lambat dibanding kan tipe papiler sehingga jika dideteksi sejak dini akan cepat disembuhkan. Kanker tiroid folikuler biasanya tidak menyebar lewat pembuluh darah tetapi pada beberapa kasus, sel kanker ini akan menyebar ke paru-paru dan tulang.

  • Kanker Tiroid Medular

Kanker jenis ini jarang dialami orang, hanya sekitar 2% dari pengidap kanker tiroid. Sel kanker awalnya tumbuh pada sel C dan dapat menghasilan hormon kalsitonin dengan jumlah banyak. Walau sel kanker ini berkembang dengan lambat, deteksi harus dilakukan sejak dini agar dapat dilakukan pengobatan supaya sel kanker ini tidak menyebar ke bagian tubuh lain.
Kanker tiroid medular merupakan penyakit menurun yang terkain gen RET yang dapat diwariskan orang tua kepada anaknya. Tes darah bisa dilakukan untuk mendeteksi perubahan pada gen ini dan jika sudah ditemukan biasanya dokter meminta anggota lain untuk diperiksa. Biasanya dibutuhkan tindakan bedah untuk menghilangkan sel kanker ini sebelum berkembang ke organ lain.

  • Kanker Tiroid Anaplastik

Kanker tiroid anaplastik jarang ditemukan dengan statistik 1% saja. Kebanyakan pasien kanker jenis ini berusia 60 tahun keatas. Sel kanker awalnya tumbuh pada sel tirosit dan menyebar sangat cepat sehingga sangat susah dikontrol.

Gejala dan Tanda Kanker Tiroid

Tidak semua jenis kanker tiroid menghasilkan gejala-gejala dan tanda tertentu namun pada umumnya terdiri dari:
– Terdapat benjolan di depan leher, bisa hanya satu atau beberapa benjolan
– Terjadi pelebaran nodus getah bening di leher
– Terjadi masalah atau kesulitan ketika menelan sesuatu
– Suara menjadi serak atau berubah
– Sakit dan kondisi tidak nyaman pada leher
– Terjadi batuk kronis

Cara mendiagnosa kanker tiroid

Jika dokter anda berpikir anda mungkin mengidap kanker tiroid, makan dokter akan melakukan satu atau beberapa tes berikut ini:

  • Pemeriksaan fisik

Dokter akan menyentuh leher anda untuk memeriksa apakah adan benjolan atau pembengkakan pada kelenjar tiroid

  • Tes darah

Test darah akan dilakukan untuk memeriksa kadar hormon tiroid (TSH). Jika kadarnya sedikit atau terlalu banyak maka kelenjar tiroid tidak bekerja dengan baik. Jika dokter berpikir pasien mengidap kanker tiroid medular akan dilakukan tes darah untuk menguji kadar hormon kalsitonin.

  • Ultrasound

Alat ultrasound akan mengeluarkan gelombang suara yang akan membentuk suatu pola atau gambar kelenjar tiroid dan jaringan disekitarnya. Dokter akan mempelajari gambar ini termasuk mengamati ukuran dan bentuk tiap nodus tiroid. Jika bentuk nodul berupa gumpalan padat maka kemungkinan besar ini adalah kanker.

  • Scan Tiroid

Dokter akan melakukan scan pada kelenjar tiroid. Suatu zat radioaktif dengan jumlah sangat kecil akan ditembakkan melalui mulut dan akan menuju aliran darah. Nodus yang sedikit menangkap zat radioaktif ini mungkin adalah sel kanker.

  • Biopsi

Biopsi merupakan cara yang paling populer dan cara pasti untuk mendiagnosa kanker tiroid. Biasanya seorang ahli patologi akan memeriksa sampel dari jaringan tiroid untuk diperiksa melalui mikroskop. Cara mengambil contoh atau sampel dilakukan lewat jarum tipis atau lewat operasi bedah.

Demikianlah informasi mengenai kanker kelenjar tiroid. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda untuk mengenal jenis penyakit ini. Jangan lupa untuk membaca artikel tentang cara mengobati kanker tiroid.

Sumber:
medicinenet.com
webmd.com

Diskusi

Satu respons untuk “Kanker Kelenjar Tiroid: Jenis, Gejala dan Diagnosa

  1. Maaf saya mau bertanya,kelenjar apa yang bisa menjalar ke badan,terutama leher,paha,tangan?
    Saya harap bisa menjelaskan. .
    Trimakash:-D

    Posted by Nurul | Juni 4, 2014, 4:07 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: