//
Anda membaca...
Kesehatan

Cara Mendeteksi dan Menentukan Stadium Kanker Lambung

Tes Ultrasound Endoskopi untuk Mendeteksi Kanker Lambung
Penentuan stadium kanker lambung dapat dilakukan jika telah dilakukan tes biopsi yang menyatakan pasien mengidap tumor atau sel kanker lambung. Dokter akan melakukan beberapa tes untuk menentukan stadium penyakit agar dapat dilakukan pengobatan terbaik. Hal ini didasarkan beberapa faktor, yaitu:
– Seberapa dalam dan jauh tumor menyerang dinding lambung
– Apakah tumor lambung sudah menyerang jaringan disekitarnya
– Apakah sudah menyerang ke bagian tubuh yang lain
Ketika kanker ini sudah menyebar, sel kanker dapat ditemukan di nodus getah bening, hati, pankreas, kerongkongan, usus halus dan organ lainnya. Dokter akan melakukan beberapa tes yaitu:

  • X-ray bagian dada

Dokter akan melakukan x-ray pada bagian dada untuk mendeteksi seberapa parah kanker menyerang bagian paru-paru

  • CT scan

Mesin x-ray akan dihubungkan ke kompiter untuk menghasilkan gambar organ secara detail. Pasien akan mendapat suntikan yang berisikan zat perwarna agar bagian yang tidak biasa atau abnormal mudah terlihat pada CT scan seperti tumor di hati, pankreas atau bagian lain di tubuh.

  • Ultrasound endoskopi

Dokter akan memasukkan alat endoskopi melalui kerongkongan dimana pada ujung tabung akan mengeluarkan gelombang ultrasound yang tidak dapat didengar pasien dimana gelombang ini akan terpental dan menggema jika menemukan tumor di lambung dan organ lain sehingga komputer dapat menghasilkan gambar yang valid dan dapat mendeteksi seberapa dalama kanker menyerang dinding lambung.

  • Bedah Laparoskopi

Ahli bedah akan melakukan sayatan kecil pada bagian perut dan memasukkan alat laparoskopi untuk mendeteksi seberapa jauh kanker menyerang pada bagian lambung dan sekitarnya. Biasanya juga dilakukan pengambilan sampel jaringan untuk dilakukan biopsi kemudian.

Ini merupakan stadium kanker lambung yang didasarkan perkembangan tumor atau sel kanker.

Stadium 0
Tumor hanya ditemukan pada lapisan dalam lambung. Stadium ini juga disebut dengan nama carcinoma in situ.

Stadium 1
Tumor hanya menyerang bagian submukosa dimana sel kanker mungkin ditemukan diatas 6 nodus getah bening atau tumor telah menyerang lapisan otot lambung atau subserosa saja dan sel kanker tidak menyebar ke nodus getah bening atau organ lain.

Stadium 2
Tumor telah menyerang lapisan submucosa saja dan menyabar dari 7 sampai 15 nodus getah bening atau tumor telah menyerang sel lapisan otot atau subserosa dan menyabar dari 1 sampai 6 nodus getah bening. Atau tumor telah menyerang lapisan luar lambung tetapi tidak menyebar ke nodus getah bening atau organ lain.

Stadium 3
Tumor telah menyerang lapisan otot lambung dan menyabar dari 7 sampai 15 nodus getah bening. Atau tumor telah berkembang sampai ke lapisan luar dan menyebar dari 1 sampai 15 nodus getah bening. Atau tumor telah menyerang organ terdekat seperti usus besar, hati dan limpa. Sel kanker belum menyebar sampai ke nodus getah bening atau organ yang letaknya jauh.

Stadium 4
Sel kanker telah menyebar lebih dari 15 titik getah bening atau telah menyerang organ lain dan sedikitnya 1 nodus getah bening. Atau sel kanker telah menyebar ke organ yang letaknya jauh dari lambung.

Demikianlah cara menentukan stadium kanker lambung. Baca juga artikel tentang gejala dan penyebab kanker lambung.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: