//
Anda membaca...
Kesehatan

10 Cara Untuk Mengatasi Migrain Secara Alami

Tahukah anda terdapat 10 cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi atau menghilangkan migrain atau sakit kepala secara alami atau tanpa obat termasuk untuk bagian kanan atau kiri kepala. Mungkin selama ini anda merasa cara paling cepat untuk menyembuhkan migraine adalah menggunakan obat-obatan yang dapat dengan mudah anda beli di apotik.

Karena mengandung zat kimia tertentu, beberapa obat migraine dapat menyebabkan efek samping dan mungkin membahayakan kesehatan anda jika dikonsumsi berlebihan terutama untuk ibu hamil. Beberapa merek jamu dan pil untuk sakit kepala juga banyak ditarik dari peredaran oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) Indonesia karena kandungan atau komposisinya membahayakan kesehatan. Inilah daftar cara alami yang dikatakan banyak ahli kesehatan dapat mengatasi migrain, seperti yang dirilis oleh huffingtonpost.com.

1. Tanaman Feverfew

Gambar Tanaman Herbal FeverfewDikenal dengan nama latin Tanacetum parthenium, tanaman herbal ini berasa dari daerah timur di Laut Tengah yang tidak dapat tubuh setelah musim dingin. Tanaman ini dikenal sebagai obat herbal efektif untuk mengatasi sakit kepala karena mengandung suatu zat bernama parthenolide yang bersifat anti radang dan anti nyeri pada saraf.

Disamping itu tanaman ini juga bermanfaat untuk mengobati demam, arthritis dan masalah pada pencernaan. Dalam beberapa penelitian, tanaman ini juga dapat dijadikan obat alternatif untuk mengobati leukemia dan mencegah terbentuknya senyawa prostaglandin yang dihasilkan dari kelenjar prostat yang bisa memicu kontraksi pada masa kehamilan pada wanita jika sperma yang diberikan pria setelah melakukan hubungan suami-istri mengandung senyawa itu.

2. Tanaman Butterbur

Gambar Tanaman ButterburDikenal dengan nama Petasites, butterbur dikenal sebagai tanaman herbal yang sering tumbuh di dekat sungai, tanah berlumpur atau rawa-rawa di kawasan Eropa, Amerika Utara dan Asia. Walaupun tanaman ini dikenal beracun, tapi jika diproses sebagai suplemen yang dapat menyembuhkan sakit kepala dan peradangan karena mengandung zat petasin dan isopetasin terutama pada akarnya.

Beberapa penelitian di Amerika Serikat menyatakan dosis tinggi hasil ekstraksi tanaman ini dapat mencegah dan menghilangkan migrain namun disertai gangguan pada sistem pencernaan. Ekstrak tanaman ini juga dijadikan pengobatan efektif untuk alergi rhinitis jika dikonsumsi 4 kali sehari. Tanaman butterbur juga mengandung senyawa pyrrolizidine alkaloids yang sangat beracun pada hati dan bisa menyebabkan kanker.

3. Makanan yang mengandung magnesium

Contoh Sumber Makanan Yang Mengandung Magnesium

Beberapa penelitian menyatakan orang yang mengalami migrant dan sakit kepala sebagian sering kekurangan zat magnesium. Untuk itu disarankan untuk mengkonsumsi suplemen atau makanan yang mengandung kalsium seperti kacang almond, bayam, susu kedelai, alpukat dan jambu monyet.

4. Vitamin B2

Sumber Makanan Yang Mengandung Vitamin B12Vitamin B2 atau riboflavin adalah nutrisi mikro yang dapat dengan mudah diserap tubuh manusia dan berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh terutama untuk lemak, karbohidrat dan protein sekaligus membantu memproduksi energi dalam sel tubuh. Jika dikonsumsi suplemen (sebaiknya sesuai resep dokter) yang mengandung B2 setiap setiap hari secara teratur, maka dapat menghilangkan migrain. Namun demikian, disarankan mengkonsumsinya pada pagi hari karena dapat menyebabkan insomnia. Vitamin B2 juga banyak terkandung pada beberapa makanan seperti susu, keju, sayuran hijau, hati sapi, kacang almond dan jamur.

5. Asam Lemak Omega 3

Sumber Makanan Yang Mengandung Asam Lemak Omega 3Asam lemak omega 3 banyak terdapat pada minyak ikan, kacang walnut, ikan sarden, ikan salmon, kedelai, tahu, dan lobster. Konsumsi makanan yang mengandung omega 3 dapat membantu menyembuhkan radang yang bisa mengakibatkan migrain atau sakit kepala. Secara umum asam lemak ini sangat penting untuk mempercepat metabolisme tubuh dan berpotensi sebagai suplemen untuk penyakit tertentu seperti kanker, penyakit pernapasan, dan penyakit mental walaupun hal ini masih jadi perdebatan di dunia media.

6. Jahe

Manfaat Jahe Bagi Kecantikan KulitJahe memang dikenal sebagai bumbu makanan dan mudah diperoleh di pasar tradisional di Indonesia dan biasanya digunakan untuk pengobatan penyakit lambung dan dapat mengurangi sakit kepala yang disebabkan mual karena morning sickness pada ibu hamil, perjalanan laut atau darat dan akibat melakukan kemoterapi karena jahe mengandung zat anti peradangan. Jahe juga dapat digunakan sebagai pengobatan untuk penyakit kanker yang dapat menahan tumor untuk berkembang.

7. Pijat atau Refleksi

Pijatan untuk Memperbesar dan Mengencangkan PayudaraPijat atau refleksi dapat membantu anda untuk menghilangkan rasa penat, letih dan stress yang dapat memicu untuk mengalami sakit kepala atau migrain. Sebuah studi menyatakan orang yang sering dipijat lebih sedikit mengalami migrain. Cara termudah yang dapat dilakukan adalah memijat atau menggosok pelipis anda.

8. Melakukan Meditasi

Meditasi Untuk Mengobati Sakit KepalaMelakukan kegiatan meditasi merupakan salah satu untuk mengobati sakit kepala karena dapat mencegah dan mengatasi stress atau depresi. Meditasi meliputi beberapa teknik yang digunakan untuk menghasilkan efek relaksasi, membangun energi dalam tumbuh, dan mengembangkan rasa kasih saying, cinta, kesabaran dan rasa memaafkan.

9. Meminum lebih banyak air

Manfaat Banyak Minum Air PutihMigrain atau sakit kepala sering dipicu oleh kondisi tubuh yang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Untuk itu disarankan jika anda mengalami migrain, sebaiknya meminum beberapa gelas air ketika merasa serangan sakit kepala datang dan biasanya migrain cenderung mereda dengan sendirinya jika telah diminum air secukupnya. Jika anda tidak suka minum air putih, ada beberapa trik yang dapat anda lakukan supaya anda rajin meminum air putih, diantaranya selalu meminum air putih setiap kali bangun pagi.

10. Akupuntur

Akupuntur Untuk Sakit Kepala SebelahBeberapa penelitian menyebutkan bahwa metode pengobatan tradisional asal negeri Cina ini dapat meredakan migrain atau sakit kepala hal ini terjadi karena jarum memicu tubuh mengeluarkan zat kimia yang dapat mengurangi rasa sakit. Pada tahun 2012, sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan manfaat akupuntur untuk pengobatan sakit kepala namun faktor keamanan tidak dijelaskan secara rinci yang membuat rekomendasi kuat untuk penerapan metode pengobatan ini. Akupuntur juga dipercaya sebagai metode untuk mengobati kanker, kemandulan, muntah-muntah, mual, stoke dan rasa nyeri di otot atau sendi.

Demikianlah 10 cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi migrain. Cara lain yang dianjurkan untuk meredakan sakit kepala adalah meminum kopi secukupnya, berolahraga secara teratur dan mandi air uap (sauna).

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: