//
Anda membaca...
Kesehatan

Terapi atau Metode Pengobatan Untuk Kanker Payudara

Terdapat beberapa terapi atau metode pengobatan untuk pasien kanker payudara yang didasarkan pada jenis dan stadium kanker. Untuk itu pasien seharusnya mendiskusikan pilihan pengobatan terbaik dengan tim dokter. Modalitas pengobatan biasanya akan berubah dan berkembang seiring diagnosa atau gejala-gejala yang terjadi pasien. Inilah beberapa metode atau cara mengobati dan menyembuhkan penyakit ini.

Terapi Hormon Untuk Penderita Kanker Payudara

Operasi

Kebanyakan pasien akan membutuhkan tindakan bedah atau operasi. Pengobatan ini dapat dibagi menjadi beberapa tipe, yaitu:

Operasi konservasi payudara
Pada tipe ini, operasi bertujuan untuk mengangkat atau menghilangkan bagian tertentu pada payudara sehingga disebut sebagai mastektomi (mastectomy) parsial yang didasarkan pada ukuran dan lokasi tumor. Pada operasi lumpektomi (lumpectomy), hanya benjolan dan jaringan disekitarnya diangkat. Jaringan sekitarnya akan diperiksa apakah terdapat sel kanker atau tidak. Jika tidak ditemukan, bagian ini akan disebut sebagai bagian negatif. Biasanya terapi radiasi akan diberikan setelah bedah lumpektomi.

Operasi Mastektomi (mastectomy)
Pada tindakan bedah mastektomi, seluruh jaringan payudara akan diangkat. Jika rekonstruksi cepat akan dipertimbangkan akan dilakukan, maka akan dilakukan metode operasi skin-spairing mastectomy dimana bagian kulit akan disisakan walau seluruh payudara dihilangkan.

Mastektomi radikal
Operasi mastektomi radikal dilakukan untuk menghilangkan titik-titik pada getah bening aksila dan otot pada dinding dada disekitar payudara. Prosedur bedah ini sekarang jarang dilakukan.

Mastektomi radikal modifikasi
Bedah akan menghilangkan titik getah bening aksila di sekitar jaringan payudara. Tergantung stadium atau tahapan kanker, dokter akan memberikan pilihan kepada pasien untuk melakukan operasi lumpektomi dan mastektomi. Lumpektomi biasanya menyisakan sebagian jaringan payudara tetapi akan dilakukan terapi radiasi setelahnya.

Terapi radiasi

Terapi radiasi bertujuan menghancurkan sel kanker dengan sinar dengan kapasitas energi yang tinggi.

Terapi beam external

Terapi beam external focus pada area tertentu yang dapat dicapai mesin terapi dimana batas-batas atau titik pengobatan akan dideteksi tim dokter dan didasarkan prosedur operasi atau bedah dan apakah titik getah bening akan terkena dampak atau pengaruh terapi ini.

Brachyteraphy

Terapi ini menggunakan material radioaktif berbentuk seperti biji atau butiran yang akan di implantasikan pada payudara dekat dengan lokasi tumor atau kanker.

Kemoterapi

Metode pengobatan ini dilakukan dengan memberikan obat-obatan yang akan masuk melalui pembuluh darah menuju sel kanker. Metode ini dilakukan melalui suntikan atau oral (mulut). Kemoterapi biasanya mempunyai indikasi tertentu dan mungkin akan diterapkan berdasarkan jenis pengaturan tertentu.

a. Kemoterapi adjuvant
Jika jenis kemoterapi ini dilakukan untuk mengangkat sel kanker yang kelihatan maka ada kemungkinan sisa sel kanker masih tinggal.

b. Kemoterapi non-adjuvant
Jenis kemoterapi diberikan untuk memastikan sel kanker yang tersisa terbunuh.

c. Kemoterapi untuk kanker stadium lanjut
Jika kanker telah terdeteksi menyebar ke jaringan atau organ lain dalam tubuh, kemoterapi akan diberikan. Pada kasus ini, tim dokter akan memperkirakan lama atau durasi waktu pengobatan.

Terapi Hormon

Terapi ini digunakan untuk mengurangi resiko tumbuh atau berkembangnya sel kanker setelah operasi dilakukan. Hormon estrogen berpengaruh memicu perkembangan beberapa jenis kanker payudara. Obat yang biasa digunakan adalah tamoxifen (nolvadex) yang mencegah estrogen mengikat reseptor estrogen yang memicu kanker payudara. Fulvestrant (Faslodex) dapat menghilangkan reseptor estrogen dan biasanya digunakan jika obat tamoxifen tidak memberikan dampak apapun. Obat penghambat aromatase biasanya diberikan pada wanita yang mengalami menopause untuk memberhentikan produksi hormon estrogen. Contoh obatnya adalah letrozole (Femara), anastrozole (Arimidex), dan exemestane (Aromasin)

Terapi tertarget

Perubahan gen atau mutasi dapat menyebabkan kanker. Pada jenis terapi ini, obat-obatan akan dikembangkan untuk mencapai target untuk membunuh sel kanker lebih presisi agar perubahan atau mutasi gen dapat diminimalisasi seperti efek samping yang biasa terjadi akibat kemoterapi.

Terapi protein HER2/Neu

Tubuh akan diberikan obat jenis antibody monoclonal, trastuzumab sebagai protein yang direkayasa yang akan lengket pada protein HER2/Neu pada sel kanker payudara. Antibodi akan memperlambat pertumbuhan sel kanker dan akan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan sel kanker secara efektif. Opsi obat lain adalah pertuzumab dan lapatinib.

Terapi obat untuk membunuh tumor baru

Tumor membutuhkan pembuluh darah untuk berkembang dan sering disebut sebagai angiogenesis. Terapi ini dimaksudkan untuk memberikan obat baru untuk mencegah pertumbuhan tumor atau sel kanker baru. Contoh obat ini adalah bevacizumab, termasuk obat jenis antibody monoclonal.

Pengobatan alternatif

Pengobatan alternatif kadang perlu dilakukan selain mencari second opinion dari dokter lain. Banyak terdapat metode terapi atau cara mengobati secara alternatif namun sebagian besar tidak terbukti secara empiris atau medis. Pasien dan keluarga seharusnya mendiskusikan pengobatan alternatif dengan dokter untuk mencari metode terbaik. Contoh pengobatan alternatif adalah dengan menggunakan obat herbal, akupuntur, pijat, dan metode ayurvedic.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: