//
Anda membaca...
Pariwisata

Daftar 5 Tempat Wisata Terkenal di Sumatera Selatan

Inilah daftar 5 tempat wisata terkenal dan paling favorit di Sumatera Selatan, provinsi dengan Palembang sebagai ibukotanya. Disamping dikenal kaya akan sumber daya alam, budaya, dan sejarah sebagai pusat Kerajaan Sriwijaya Sriwijaya, provinsi ini juga memiliki beberapa objek wisata yang menggabung kekayaan alam, agama dan budaya. Berikut ini adalah daftarnya seperti yang dikutip dari tripavisor.com.

5. Pulau Kemaro, Palembang

Gambar Bangunan Pagoda di Pulau KemaroBerlokasi di sebuah delta kecil, 6 km dari Jempata Amperan, Pulau Kemaro dengan luas sekitar 24 hektar ini dikenal sebagai objek rekreasi alam dan wisata rohani khususnya bagi penganut Budha. Terdapat Vihara China yang disebut dengan nama Klenteng Hok Tjing Rio yang dibangun tahun 1962 dan kuil Budha dengan pagoda 9 lantai yang dibangun 2009, sehingga tempat ini sering dijadikan tempat ziara dan upacara keagamaan Budha seperti Imlek dan Cap Goh Meh.

Pulau yang terletak di dua kawasan industri terkenal di provinsi ini, Pupuk Sriwajaya dan Pertamina, juga menawarkan objek wisata sejarah karena terdapat makam pangeran dan putrid Palembang, Tan Bun An dan Siti Fatimah didepan Klenteng Kuan IM. Makam ini memiliki cerita rakyat atau legenda tersediri dan menceritakan sejarah terbentuknya pulau ini dan kisah cinta antara pasangan yang berbeda bangsa dan budaya. Sehingga, pulau ini juga disebut Pulau Jodoh.

4. Bukit Selero

Gambar Pemandangan di Bukit Selero LahatDikenal juga dengan nama Gunung Jempol karena bentuk puncaknya berbentuk tegak seperti jempol, Bukit Selero berjarak sekitar 26 Km dari Muara Enim dan 5 km dari kota Lahat. Terdapat juga kompleks atau pusat pendidikan dan pelatihan gajah di sekitar bukit ini. Dengan membayar biaya sekitar Rp. 5.000, pengunjung bebas berfoto dengan gajah.

Walaupun bukit ini dianggap keramat oleh penduduk disekitarnta, tetapi sering dijadikan tempat perkemahan oleh mahasiswa dan pelajar karena di bagian pinggir terdapat Sungai Lemantang yang memang asri dan mempunyai air yang cukup jernih dimana daerah sekitar sungai akan berkabut pada pagi hari. Selain camping, aktivitas wisata yang sebaiknya dilakukan di lokasi ini adalah panjat tebing, minum kopi khas Lahat atau menikmati buah durian yang lezat.

3. Gunung Dempo

Gambar Kawah Gunung Dempo Pagar AlamSebagai gunung tertinggi di Provinsi Sumatera Selatan, Gunung Dempo mempunyai ketinggian sekitar 3159 meter diatas permukaan laut dan terletak sekitar 15 km dari pusat kota Pagaralam, sekitar 6-7 jam dari kota Palembang jika ditempuh dengan kendaraan pribadi dimana anda akan disuguhi pemandangan tebing dan lembah yang indah dimana terdapat hamparan perkebunan teh yang luas. Kota ini dikenal sebagai penghasil kopi jenis robusta yang terkenal nikmat diminum dan kopi luwak asli.

Layaknya gunung lain, aktivitas wisata yang umum dilakukan di lokasi ini adalah pendakian dan trekking selain memetik daun teh, dimana jalur pendakiannya terdapat 2 pos untuk mencapai daerah puncak dimana pendaki harus mempunyai sedikit keterampilan dan fisik yang kuat. Di sekitar gunung ini anda akan menemukan objek wisata sejarah dimana terdapat situs pra sejarah sisa zaman Megalitikum, yang bernama Tangga Batu. Anda juga dapat menikmati pemandangan Air Terjun Lematang Indah dengan ketinggian 40 meter dan melakukan olahraga arung jeram.

2. Jembatan Ampera

Gambar Jembatan Ampera Tempo DuluSebagai ikon kota Palembang, Jembatan Ampera dulu merupakan jembatan yang dapat dibuka keatas sehingga kapal berukuran 44 meter dapat lewat. Jembatan yang menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir di antara Sungai Musi ini dibangun pada zaman Presiden Soekarno yang menginginkan adanya jembatan seperti Tower Bridge di London, sehingga dulu bernama Jembatan Bung Karno. Sejak tahun 1970 jembatan ini tidak dapat dibuka dikarenakan dapat membutuhkan 30 menit untuk membukanya sehingga mengganggu arus lalu lintas diatasnya. Selain sebagai landmark kota Palembang, jembatan ini juga menawarkan pemandangan yang indah dimana pada malam hari warna cahaya lampu berwarna-warni.

1. Masjid Agung Palembang

Alamat Lokasi Masjid Agung PalembangTerletak di alun-alun pusat kota Palembang, masjid terbesar di provinsi ini juga dikenal dengan nama Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I sebagai salah satu warisan Kesultanan Palembang yang dibangun pada abad ke-18, tahun 1738. Keunikan masjid ini adalah terletak pada gaya arsitekturnya yang memadukan budaya lokal, Cina dan Eropa. Terlihat pada bentuk pintu masuknya yang tinggi dan besar khas arsitektur Eropa dengan atap berbentuk tumpang bertingkat tiga dan menara dengan 130 anak tangga melingkar yang mengadopsi gaya artistektur khas China. Kayu pada desain interiornya memiliki ukiran lekeur, khas suku Melayu Palembang.

Selain menikmati keindahan arsitektur gedung masjid ini, anda juga dapat menikmati kuliner khas Palembang seperti empek-empek dan kerupuk dengan harga yang relatif murah disamping menikmatiga es Belimbing yang memang sangat terkenal dan satu-satunya di kota ini.

Demikianlah 5 objek wisata terpopuler di Sumatera Selatan. Baca juga tempat wisata terbaik di provinsi Sumatera Utara dan Sumatera Barat.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: