//
Anda membaca...
Sejarah dan Politik

10 Buku Termahal di Dunia Yang Pernah Terjual

Inilah daftar 10 buku termahal di dunia yang pernah dijual. Harga buku dibawah ini didasarkan pada sejarah, kelangkaan jumlahnya, isinya yang sangat berharga dan usia yang sebagian besar terjual oleh beberapa rumah lelang di dunia khususnya di Amerika Serikat. Daftar dibawah ini diperoleh dari beberapa sumber online termasuk telegraph.co.uk dan diurutkan bukan berdasarkan harganya karena nilai buku ini dapat berubah tergantung peminat dan penawar.

10. St Cuthbert Gospel (£9 Juta)

Gambar Alkitab St Cuthbert GospelSt Cuthbert Gospel atau Stonyhurst Gospel merupakan alkitab versi saku yang diterbitkan pada abad ke-7 dalam tulisan versi latin dengan ukuran 13,9 cm x 9,2 cm sehingga menjadikannya manuskrip terkecil yang masih ada di kawasan Inggris Raya. Pada tanggal 17 April 2012, British Library membeli buku ini dengan harga £9 juta atau US$14.3 juta dan akan dipamerkan pada musim panas tahun 2015.

9. Codex Leicester ($US30,802,500)

Buku Codex Leicester Karya Leonardo da Vinci

Gambar: telegraph.co.uk

Codex Leicester merupakan manuskrip dari koleksi tulisan tangan maestro Leonardo da Vinci yang memuat 30 jurnal sains. Buku ini dinamakan setelah Tomas Coke mendirikan Earl of Leicester pada tahun 1719. Manuskrip buku ini merupakan buku paling mahal terjual di dunia dimana terjual di balai lelang Christie pada tanggal 11 November 1984 yang dibeli oleh Bill Gates dengan harga $30 juta. Buku ini memuat pemikiran dari seorang maestro kelas dunia yang merupakan seniman abad Renaisans, ilmuwan dan pemikir yang menghubungkan seni dan sains.

8. The Tales of Beedle the Bard (US$3.98 juta)

Resensi Buku The Tales of Beedle the BardThe Tales of Beedle the Bard merupakan buku cerita anak yang ditulis oleh penulis Inggris Raya, J. K. Rowling dan merupakan cerita lanjutan dari Harry Potter and the Deathly Hallows, seri terakhir cerita Harry Potter. Buku ini awalnya dicetak dalam edisi terbatas dengan jumlah 7 kopi dimana ditulis oleh tangan dan digambar sendiri oleh penulisnya, dimana terjual dengan harga sekitar £1,95 juta atau $3.98 juta yang dibeli oleh Amazon. Buku ini dipublikasi untuk umum pada tanggal 4 Desember 2008.

7. Geographia Cosmographia (£2 juta)

Geographia Cosmographia, Buku Peta Pertama Bumi

Gambar: telegraph.co.uk

Geographia Cosmographia karya dari Claudius Ptolemaeus merupakan buku pertama yang memuat ilustrasi peta dunia yang sangat berpengaruh kepada sejarah dunia karena buku pertama yang menggunakan sistem koordinat berdasarkan bentuk bumi yang menggambarkan bumi yang bulat pada permukaan yang datar. Walaupun peta ini tidak akurat karena mengandung kesalahan dalam pengukuran, tetapi buku ini menjadi model awal untuk penggambar peta di seluruh dunia. Pada tahun 2006, peta ini terjual sekitar $2006.

6. The Canterbury Tales (£4.6 juta)

Buku Cerita atau Dongeng Canterbury

Gambar: davidbrassrarebooks.com

Edisi pertama dari The Canterbury Tales yang diterbitkan pada abad ke-15 terjual di suatu badan lelang untuk harga $4,6 juta pada tahun 1998. Buku yang dihasilkan oleh Geoffrey Chaucer dicetak pertama kali di Inggris pada tahun 1477 dan hanya terdapat 12 kopi di seluruh dunia. Buku ini merupakan koleksi 20 cerita dalam bentuk puisi dan prosa pada zaman Perang Seratus Tahun antara Inggris dan Perancis.

5. Don Kisot (US$1.5 Juta)

Gambar Buku Pertualangan Don KisotBuku Don Kisot atau Don Quixote yang berjudul lengkap The Ingenious Gentleman Don Quixote of La Mancha merupakan novel berbahasa Spanyol karya dari Miguel de Cervantes Saavedra yang menceritakan petualangan Don Kisot dengan kisah satir kaum ksatria. Novel ini dicetak pertama kali pada tahun 1605 dan 1615 dengan 2 volume dan dianggap hasil karya sastra berpengaruh dari zaman keemasan Spanyol. Buku terjual oleh suatu balai lelang pada tahun 1989 dengan harga $1,5 juta dimana harganya sekarang lebih dari $10 juta dollar.

4. William Shakespeares Comedies, Histories, & Tragedies (£15 million)

Buku The First Folio Karya William Shakespeare

Gambar: theaustralian.com.au / AFP

Buku Comedies, Histories, & Tragedies terjual sekitar £2.5 Juta pada tanggal 13 July 2006 oleh rumah lelang Sotheby. Buku ini merupakan edisi pertama yang dicetak dalam ukuran kertas folio pada tahun 1623 yang memuat 36 skenario cerita oleh William Shakespeares dengan genre komedi, sejarah dan tragedi. Sekarang buku ini hanya terdapat dalam 40 kopi di dunia dimana salah satunya dijadikan koleksi pribadi.

3. Alkitab Gutenberg (US$49 Juta)

Gambar Alkitab Versi Terjemahan Gutenberg

Gambar: telegraph.co.uk

Buku ini terakhir terjual pada tahun 1978 dengan harga $49 juta di balai lelang Christie dibeli oleh toko buku terkenal Jepang, Maruzen Co. Ltd. Buku ini sekarang berada di kota Stuttgart, Jerman dimana harga jualnya sekarang diperkirakan sekitar $25-25 juta. Buku ini merupakan terjemahan alkitab versi kedua yang dicetak dan kitab pertama yang ditulis dengan menggunakan mesin ketik. Buku ini ditulis dalam bahasa Latin oleh Johannes Gutenberg di Kota Mainz, Herman pada tahun 1450-an.

2. The Birds of America (US$7,9 Juta)

Gambar Buku The Birds of America

Gambar: americaslibrary.gov

Pada bulan Desember 2010, buku edisi pertama The Birds of America terjual di London oleh badan lelang Sotheby dengan harga US$7,9 Juta. Pembelinya adalah seorang kolektor Amerika, William Henry Cavendish-Scott-Bentinck, Duke of Portland keempat. Buku ini ditulis oleh seorang seniman Inggris, John James Audubon yang memuat gambar dan ilustrasi dari beberapa jenis spesies burung di merika Serikat. Buku ini diterbitkan pada tahun 1827 sampai 1838 di kota Edinburg dan London dimana ukurannya sekitar 99cm x 66 cm.

1. Terjemahan Kitab Mazmur (US$14,16 Juta)

Gambar Terjemahan Kitab Mazmur

Gambar: thehistoryblog.com

Terjemahan kitab mazmur merupakan buku yang pertama ditulis dan dicetak oleh kaum Puritan di Amerika Serikat yang berasal dari koleksi gereja di Boston, Old South Church. Buku ini adalah salah satu dari 11 versi Mazmur dari kitab Perjanjilan lama yang tersisa di dunia. Seorang konglomerat dan philanthropist, David Rubenstein membelinya seharga $11,16 juta di rumah lelang Sotheby, New York. Beliau berencana akan menjadikan buku ini koleksi di perpustakaan dan akan meminjamkannya dalam durasi lama kepada peminatnya. Buku ini merupakan edisi pertama yang dicetak di Cambridge, Massachusetts pada tahun 1640.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: