//
Anda membaca...
Fauna

Burung Scarlet Macaw: Ciri-Ciri, Karakter dan Makanan

Burung Scarlet Macaw merupakan salah satu jenis bayan atau betet yang mempunyai ukuran besar dengan warna merah, biru dan kuning pada bulunya. Hewan yang merupakan burung nasional negara Honduras ini berasal dari hutan tropis hijau di kawasan Amerika Selatan, khususnya dari Meksiko Tenggara sampai ke hutan Amazon di Peru, Bolivia dan Brazil dengan ketinggian sekitar 500 sampai 1000 meter diatas permukaan air laut. Burung ini banyak diternakkan atau dibudidayakan untuk perdagangan sehingga habitatnya terancam.

Ciri-Ciri

Harga Burung Scarlet Macaw di Indonesia 2014
Burung mempunyai tubuh sangat besar dimana beratnya sekitar 1kg dan panjangnya sekitar 81 cm dengan ekor yang relatif lebih panjang dibanding jenis Macaw yang lain. Warna bulu burung ini sama dengan kebanyakan jenis Macaw yang lain namun ekornya berwarna biru terang dan bulu pada sayap bagian atas berwarna kuning dan biru. Bagian bawah bulu sayapnya berwarna merah gelap keemasan.

Disekitar mata burung kicau ini, bulunya berwarna putih dan rahang bawah paru berwarna pucat abu-abu. Matanya berwarna gelap untuk burung berusia muda dan warna kuning untuk yang tua. Secara umum, ciri-ciri burung Scarlet Macaw mempunyai karakteristik yang sama dengan jenis Macaw sayap biru (Red-and-green Macaw) yang mempunyai garis merah di wajah dan tidak terdapat warna kuning pada bulu sayap.

Sebagai burung kicau, suara burung Scarlet Macaw sangat keras dan nyaring apalagi ketika memanggil kelompoknya. Pada umumnya jenis burung ini berusia diantara 40 sampai 50 tahun namun sebagian kecil mampu hidup selama 75 tahun.

Sifat dan Karakter

Burung ini memiliki daya penglihatan yang sangat tajam sehingga mampu bertualang di hutan dengan baik. Pada umumnya kecerdasan burung ini di atas rata-rata namun sosialisasi dan stimulasi perlu dilakukan setiap hari supaya burung Scarlet Macaw tetap jinak.

Kadangkala burung ini mudah bosan sehingga pemiliknya disarankan memberikan beberapa mainan burung di kandang. Burung ini mempunyai sifat kasih saying yang baik namun kadang sangat berisik dan sering mengeluarkan bunyi. Burung ini mudah dilatih untuk meniru kata manusia dengan mengucapkan 5 sampai 10 kata.

Makanan

Burung ini seharusnya diberikan makanan segar yang beragam setiap hari supaya nafsu makannya tetap terjaga dan tidak bosan. Variasi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian dan roti dapat menjadi pilihan. Karena mempunyai paruh yang cukup kuat, burung ini mampu memecahkan kacang dan biji-bijian dengan muda. Bahkan burung ini mampu memakan dan mencerna buah beracun yang dapat membunuh hewan lain. Hal ini terjadi karena di habitatnya, burung ini sering memakan debu dalam porsi yang banyak untuk menetralisir racun.

Budidaya

Budidaya dan cara berternak burung Scarlet Macaw mungkin sangat mudah untuk sebagian besar orang karena burung ini mampu bertelur sepanjang hidupnya dimana biasanya mengeram 2-3 telurnya yang berwarna putih didalam pohon selama 5 minggu sampai menetas dan bayinya terus bersama induknya selama 90 hari dan kemudian akan mandiri sampai usia 1 tahun. Burung ini dianggap dewasa dan mampu bereproduksi ketika berusia 5 tahun keatas. Dengan ketekunan dan fasilitas budidaya yang memadai, banyak orang yang sukses berternak jenis burung ini. Baca juga tentang penyakit pada burung peliharaan.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: