//
Anda membaca...
Fauna

6 Jenis Makanan Yang Sehat dan Baik Untuk Burung

Tahukah anda ada beberapa makanan yang biasa dikonsumsi ternyata menjadi pakan terbaik dan sehat untuk burung peliharaan. Banyak hewan ini mungkin kekurangan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuhnya sehingga bisa memicu gangguan kesehatan serius. Memberi makanan sehat untuk bayi mungkin tidak menghabiskan dana yang banyak dan menyita waktu anda. Jika anda merasa burung kicau anda kurang sehat, cobalah daftar makanan dibawah ini yang mengandung nutrisi yang baik untuk burung.

1. Buah

Buah Yang Bagus Untuk Burung Kenari
Buah-buahan seperti anggur, jeruk, pisang dan melon sangat baik untuk kesehatan burung. Kaya akan rasa dan vitamin, buah segar merupakan sumber nutrisi yang menjadi favorit bagi pecinta dan pemilik burung kicau. Ketika setelah menyajikan buah sebagai makanan untuk burung, segera buang makanan sisa setelah beberapa jam agar tidak terjadi perkembangan bakteri di dalam kandang.

2. Kacang Hijau

Khasiat Kacang Hijau Untuk Burung Pleci
Kacang-kacangan seperti kacang hijau sangat baik untuk kesehatan burung dan merupakan sumber protein terbaik. Bagaimana cara menyajikannya? Cobalah rebus 15 sendok makan kacang hijau tanpa penyedap rasa dan bumbu. Biarkan kacang hijau dingin secara alami dan berikan secukupnya untuk burung peliharaan anda. Makanan ini mungkin aja jadi makanan favorit burung anda. Ingat, jangan beri kacang-kacangan untuk binatang ini karena beberapa jenis kacang mengandung racun jika tidak dimasak atau direbus.

3. Tauge

Manfaat Toge Untuk Burung Kenari
Tauge atau kecambah bukan hanya disukai manusia tetapi burung juga. Sebaiknya anda cuci dulu tauge sampai bersih sebelum memberinya pada burung peliharaan anda karena beberapa tauge mungkin mengandung pestisida. Mungkin memberi tauge organik dapat menjadi solusi walaupun harganya lebih mahal dari tauge biasa yang dengan mudah ditemukan di supermarket dan pasar tradisional. Tauge dikenal sebagai nutrisi yang baik untuk burung karena dengan mudah dicerna oleh burung dan mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan hewan ini.

4. Sayuran Hijau

Manfaat Sayuran Hijau Untuk Burung Kenari
Burung liar yang hidup di habitat alaminya dikenal suka memakan berbagai jenis sayuran hijau sehingga baik juga untuk burung peliharaan. Untuk burung peliharaan, cobalah memberikan sayuran hijau segar yang sudah dibersihkan terlebih dahulu seperti brokoli, kubis, kangkung, seledri dan yang lainnya. Sayuran berwarna seperti wortel juga bagus untuk meningkatkan kesehatan kaki dan kekuatan cakar burung.

5. Roti Gandum

Roti Gandum, Makanan Yang Baik Untuk Burung
Roti gandum terkenal sebagai sumber makanan yang kaya serat. Namun sebaiknya roti ini diberikan sebagai makanan non regular seperti cemilan atau permen untuk manusia karena megandung sedikit protein sehingga jika diberikan dalam jumlah banyak mengganggu pertumbuhan otot dan bulunya. Makanan ini sebaiknya diberikan kepada burung muda yang sudah ada bulunya dalam porsi sedikit.

6. Popcorn

Popcorn, Makanan Tambahan Yang Sehat Untuk Burung
Percaya atau tidak, banyak burung menggemari popcorn sebagai cemilan yang banyak disukai manusia. Popcorn disini bukanlah popcorn yang banyak dijual dan dimasak dengan microwave karena banyak mengandung lemak dan garam yang dapat berbahaya bagi kesehatan burung. Cara menghidangkannya adalah dengan terlebih dahulu merebus popcorn mentah dengan air secukupnya agar membuatnya lebih lembut. Lalu anda bisa memasak popcorn mentah yang sudah direbus tadi dengan minyak sayur asli. Popcorn sebaiknya diberikan kepada burung sebagai makanan tambahan bukan sebagai makanan reguler.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: