//
Anda membaca...
Kesehatan

12 Sumber Makanan Yang Mengandung Kalium Tinggi

Inilah 12 sumber makanan yang mengandung kalium atau potassium tinggi. Kalium merupakan mineral yang penting untuk fungsi sel, jaringan dan organ di dalam tubuh manusia. Zat ini juga berfungsi sebagai elektrolit termasuk natrium, magnesium dan kalsium. Kalium adalah zat yang sangat penting untuk fungsi hati dan memainkan peranan penting dalam kontraksi otot dan tulang disamping untuk memperlancar pencernaan dan fungsi otot.

Jika terdapat zat kalsium berlebihan dalam tubuh maka disebut dengan hiperkalemia yang akan menyerang fungsi ginjal. Sedangkan jika tubuh kekurangan zat ini maka akan disebut sebagai hipokalemia dengan gejala seperti diare, muntah-muntah, keringat berlebihan dan kekurangan nutrisi dalam tubuh. Menjaga keseimbangan kalium dalam tubuh bergantung pada jumlah natrium dan magnesium dalam darah. Jika anda mengkonsumsi banyak garam makan akan meningkatkan kebutuhan tubuh akan kalium.

Suatu penelitian menyatakan bahwa mengkonsumsi kalium dan yodium dapat menurunkan resiko serangan jantung sebesar 21%. Kalium juga berfungsi menjaga pembuluh darah dari kerusakan dan penyempitan. Orang dewasa disarankan mengkonsumsi 4.700 mg kalium setiap hari dimana sumber makanan terbaik yang mengandung kalium tinggi adalah sebagai berikut.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: