//
Anda membaca...
Teknologi

9 Helikopter Tempur Tercanggih di Dunia Saat Ini

Inilah 9 helikopter tempur tercanggih di dunia saat ini yang berperan penting untuk mendukung kekuatan militer dengan kemampuan menyerang musuh di permukaan tanah sekaligus mengangkut pasukan infantry dan peralatan perang. Senjata yang biasanya digunakan helikopter adalah meriam otomatis, senapan mesin, roket dan rudal seperti Hellfire termasuk peluru kendali dari udara ke udara.

Saat ini helikopter tempur memiliki dua peran penting yaitu memberikan dukungan kepada pasukan darat dan sebagai anti tank yang dapat menghancurkan konsentrasi musuh sekaligus melengkapi helikopter lain dalam misi pengintaian. Tahun 1990-an merupakan zaman berkembangnya helikopter tempur modern, AH-64 Apache milik Amerika Serikat yang digunakan dalam Perang Teluk pada tahun 1990.

Helikopter Apache ini mampu menghancurkan sistem pertahanan musuh termasuk sistem radar dan peluru kendali darat ke udara. Kemudian helikopter ini menyerang langsung musuh, tank, mobil bersenjata dan artilerinya dengan menggunakan rudal dan meriam walaupun dalam misi Perang Teluk di Karbala tahun 2003, helikopter ini mengalami kegagalan.

Pada tahun 2011, Inggris Raya dan Perancis mengirimkan helikopter Eurocopter Tiger dan AgustaWestland Apache dalam perang di Libya sebagai bagian intervensi militer yang dimaksudkan untuk melindungi rakyat sipil seperti yang diutarakan oleh Resolusi Dewan Keamanan PBB tahun 1973. Helikopter ini mampu menyelesaikan tugas dengan baik terutama menghancurkan tank dan menghancurkan kekuatan militer dan milisi pro Gadaffi. Kadangkala, helikopter tempur jauh lebih efektif untuk menyelesaikan misi tertentu daripada menggunakan pesawat jet tempur.

Berikut ini adalah 9 daftar helikopter tempur modern yang ada di dunia saat ini yang mempunyai kemampuan baik dalam hal sistem persenjataan, manuver, perlindungan dan sistem avionik. Namun tidak satupun helikopter ini dimiliki oleh Indonesia walaupun ada berita menyatakan bahwa pihak TNI telah memesan helikopter tempur tipe AH-64E sebanyak 8 unit ke pihak Boeing.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: