//
Anda membaca...
Bisnis

Daftar Negara Bebas atau Tanpa Utang Luar Negeri

Mungkin anda bertanya adakah negara yang bebas atau tanpa utang luar negeri? Sebagian besar negara di dunia, keuangannya diatur oleh bank dunia yang dibentuk bulan Juli 1944 untuk memberikan pinjaman kepada negara berkembang sebagai program pemberian modal. Grup bank dunia ini dimiliki 5 negara yang mempunyai kuasa untuk melakukan keputusan keuangan dan kebijakan tertentu yaitu Amerika Serikat yang memiliki total suara sebesar 16,4%, Jepang, Jerman, Inggris Raya dan Perancis.

Anggota Bank Dunia sendiri terdiri atas 188 negara termasuk Indonesia dimana untuk menjadi anggotanya suatu negara harus bergabung ke dalam organisasi IMF (International Monetary Fund). Wakil Presiden Sekretariat akan mengkoordinasikan anggota baru dan segala informasi yang terkait dengan status keanggotaan. Hanya 6 negara anggota PBB yang tidak menjadi anggota yaitu Kuba, Korea Utara, Andorra, Liechtenstein, dan Monaco. Taiwan sendiri merupakan negara ekonomi besar yang tidak bergabung dengan Bank Dunia.

Amerika Serikat dan Kanada bergabung ke Bank Dunia sesudah Perang Dunia ke-2 tepatnya pada tanggal 27 Desember 1945 dimana Amerika Serikat sendiri mempunyai utang luar negeri sebesar 33% dari total utang seluruh negara dengan jumlah $17,3 triliun. Kanada sendiri berada di urutan ketujuh dengan total utang sebesar $1,3 triliun.

Indonesia sendiri bergabung kembali ke Bank Dunia (setelah mengundurkan diri pada tahun 1961) pada tanggal 13 April 1967 dimana pendanaan pertama dilakukan untuk proyek irigasi dan rehabilitasi. Indonesia sendiri mempunyai beban utang luar negeri sebesar $251 Miliar (28% dari GDP) dan berada di posisi ke-30.

Meskipun hampir seluruh negara di dunia mempunyai utang luar negeri, terdapat 5 negara yang bebas atau tanpa utang dan termasuk merupakan salah satu negara termakmur di dunia dengan pendapatan perkapita penduduk yang relatif tinggi. Negara tersebut adalah Makau, Kepulauan Virgin Britania Raya, Brunei Darussalam, Liechtenstein dan Palau. Klik gambar untuk mengetahui penjelasannya.

Iklan
Pengaturan Privasi

Diskusi

Satu respons untuk “Daftar Negara Bebas atau Tanpa Utang Luar Negeri

  1. Hmmmm kayaknya amerika berutang budi sama vietnam…..

    Posted by yiyin | Oktober 3, 2014, 11:14 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: