//
Anda membaca...
Teknologi

Jumlah dan Daftar Jenis Tank Yang Dimiliki Indonesia

Inilah foto, jumlah dan daftar jenis tank yang dimiliki Indonesia dimana Leopard Revolution dan Leopard 2A4 buatan Jerman sebagai tank tempur utama canggih yang sudah dipesan oleh TNI AD dan baru akan datang sekitar bulan Oktober 2014. Armada militer ini akan memodernisasi jenis tank yang sudah tua dan hanya mempunyai kategori sebagai tank ringan yaitu AMX-13 buatan Perancis yang ada sebanyak 325 unit dan FV101 Scorpion 90 buatan Inggris Raya sebanyak 100 unit.

Walaupun banyak mendapatkan pro dan kontra akan modernasi tank negara kita dengan Leopard, namun peran tank sangat penting sebagai kendaraan untuk mendeteksi dan bertempur pada garis depan peperangan dengan kemampuan mobilitas operasional, penyerangan dan pertahanan. Tank awalnya diperkenalkan oleh Britania Raya pada Perang Dunia I. Pada Perang Dunia II desain dan konsep perancangan tank semakin membaik sejak dikenalkannya high-explosive anti-tank (HEAT) warheads sebagai senjata yang dapat menembus kendaraan lapis baja.

Sejak abad ke-20, peran tank tempur utama menjadi komponen penting dalam angkatan bersenjata modern terutama dalam perang dingin dimana keberadaan tank yang canggih dapat menunjukkan supremasi kekuatan militer atau alutista suatu negara dan sekaligus menakuti lawan khususnya negara tetangga. Tank modern saat ini sering dioperasikan dalam misi atau konflik tertentu secara sendirian atau dirancang untuk mendukung pasukan infantri.

Seiiring dengan meningkatnya anggaran militer TNI sejak 2010 dimana pada tahun 2013 angka belanja militer mencapai Rp 77,7 trilyun, modernisasi alutista dengan tank tempur tercanggih di dunia merupakan keharusan karena Indonesia merupakan negara ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Berikut inilah daftar 4 tank yang dimiliki Indonesia. Klik gambar untuk mengetahui penjelasannya.

Diskusi

Satu respons untuk “Jumlah dan Daftar Jenis Tank Yang Dimiliki Indonesia

  1. yg penting KOPASUS tetap maju

    Posted by iman anugrah | Oktober 24, 2014, 2:20 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: