//
Anda membaca...
Kuliner

Tempat Makan Enak dan Terkenal di Balikpapan

Inilah daftar lokasi tempat makan enak dan terkenal di Kota Balikpapan yang menjadi rekomendasi banyak orang dan menawarkan aneka kuliner khas seperti kepiting, sushi dan lainnya dengan harga bervariasi mulai yang murah sampai mahal serta cocok dan asyik untuk tempat nongkrong, sarapan, makan siang dan malam. Balikpapan termasuk kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia mengalahkan Jakarta dan Bekasi (survey biaya hidup oleh Mercer tahun 2008).

Masakan tradisional khas Balikpapan banyak dipengaruhi oleh adat istiadat dan budaya suku bangsa yang tinggal dimana Banjar, Kutai, Dayak dan Paser merupakan suku dengan populasi terbesar. Seperti Samarinda, kuliner khas kota yang terbesar kedua di Kaltim (Kalimantan Timur) ini menawarkan berbagai masakan dan oleh-oleh yang hampir sama dimana anda banyak menemukan rumah makan yang menyediakan aneka masakan seafood seperti kepiting dan cumi-cumi yang diolah dengan masakan lada hitam dan saos spesial. Untuk oleh-oleh, banyak terdapat toko dan minimarket yang menjual abon kepiting baik rasa original maupun menggunakan bumbu.

Kuliner khas yang terkenal adalah Kue Bingka yang merupakan makanan khas Suku Banjar yang sering menjadi menu spesial untuk acara pernikahan, sunatan dan berbuka puasa (bingka barandam). Kue ini digemari karena rasanya sangat manis dan berlemak serta lembut yang terbuat dari campuran tepung terigu, santan, telur, gula pasir dan sedikit garam yang kemudian dipanggang dalam suatu cetakan bulat berbentuk bunga. Kue ini terdiri dari 41 jenis olahan dimana yang terkenal adalan bingka tapai dan bingka pandan.

Makanan ringan khas Balikpapan lainnya adalah Kerupuk Amplang (yang menggunakan bahan dari kepiting, daging ikan tenggiri atau pipih dan rumput laut), bakpia yang ukuran lebih besar dan renyah daripada bakpia daerah lainnya di Indonesia, dan roti mantau yang merupakan roti kukus yang terbuat dari bahan daging rusah dengan bumbu lada hitam.

Memang tidak sulit menemukan tempat makan dan usaha kuliner di Balikpapan karena di setiap sudut kota terutama di pusat keramaian kota banyak terdapat restoran atau warung makan yang menjual aneka makanan. Namun karena biaya hidup yang tinggi di kota ini, para wisatawan atau orang yang baru tinggal di kota ini berusaha mencari tempat makan terbaik dan enak dengan harga yang terjangkau atau cocok dengan rasanya. Berikut adalah daftarnya. Klik gambar untuk mengetahui penjelasan termasuk alamat lokasi, harga dan info lainnya.

Demikianlah daftar 12 tempat makan yang terkenal di Balikpapan. Rekomendasi tempat lain adalah Open House Cafe Balikpapan, Cendrawasih Restaurant (Jl. Ahmad Yani), Oriental Kitchen (Jalan Ruko Balikpapan Baru B1 No. 24 | Balikpapan Baru), Pop Steak Gunung Pasir (Jl. Pierre Tendean No. 3 Gunung Pasir), Iga Bakar Mas Giri (Jl. Jend Sudirman No 285), Ratu Kopi Tiam (Pasar Segar), Bubur Ayam Samarinda (Jl. Ahmad Yani No. 50) dan lainnya. Baca juga informasi tentang tempat makan enak di Samarinda.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: