//
Anda membaca...
Kuliner

Jenis Makanan Yang Sehat Sesuai Golongan Darah

Tahukah anda terdapat berbagai jenis dan menu makanan yang sehat dan baik sesuai golongan darah manusia, A, B, O, dan AB? Seorang ahli naturopati, Peter J. D’Adamo meluncurkan buku berjudul Eat Right 4 Your Type yang mengklaim bahwa golongan darah merupakan factor paling penting untuk menentukan makanan yang sehat untuk seseorang dan merekomendasikan diet atau makanan yang berbeda untuk setiap tipe golongan darah.

Melalui bukunya, D’Adamo teori yang disampaikannya didukung oleh kinerja ahli biokimia dan glycobiologist yang telah melakukan riset ilmiah terhadap berbagai jenis golongan darah walaupun beberapa ahli gizi, ahli fisik dan ilmuwan mengkritik teori ini tidak didukung oleh bukti sains yang meyakinkan.

Penjelasan Lebih Lanjut

Premis D’Adamo menyatakan bahwa golongan darah merupakan kunci yang membedakan kemampuan tubuh setiap manusia. Sebagai contoh, protein Lektin mempunyai reaksi yang berbeda pada setiap golongan darah berbeda dimana lektin berinteraksi dengan antigen darah yang dapat berbahaya bagi kesehatan.
Pada halaman ke-20 bukunya, D’Adamo juga menyatakan bahwa anda mungkin heran mengenai pengidentifikasi golongan darah seperti positif/negative atau secretor/non-sekretor. Variasi atau sub grup dalam golongan darah memainkan peranan yang kurang signifikan dimana lebih dari 90 % faktor dihubungkan dengan jenis golongan darah.

Teori evolusi golongan darah yang digunakan D’Adamo didasarkan akan penelitian William C, Boyd yang telah membuat distribusi survey golongan darah. Boy memaparkan bahwa melalui analisis genetik golongan darah, manusia modern dapat dikategorikan ke dalam populasi yang berbeda menurut identitas alel. Boyd membagi populasi penduduk dunia berdasarkan 13 kelompok ras yang berbeda menurut golongan darah.

Rekomendasi Makanan Yang Sehat

Rekomendasi makanan yang cocok dan sehat sesuai golongan darah dibawah ini didasarkan pada pengelompokan D’Adamo terhadap 13 ras yang berbeda menurut golongan darah.

Diet Sehat Untuk Golongan Darah AB

Makanan untuk golongan darah AB

1. Golongan Darah O
Golongan darah O dianggap sebagai pemburu (hunter), D’Adamo merekomendasikan golongan darah ini sebaiknya mengkonsumsi makanan yang kaya protein tinggi seperti daging merah, ikan, daging unggas, susu, dan kacang-kacangan. Beliau juga merekomendasikan berbagai suplemen yang dapat membantu sistem pencernaan pada orang dengan golongan darah O.

2. Golongan Darah A
Jenis dan menu makanan yang disarankan adalah bebas dari daging-dagingan seperti buah, sayuran, kacang-kacangan dan gandum yang dalam kondisi organik dan sehat. Hal ini dikarenakan orang dengan golongan darah A mempunyai sistem kekebalan tubuh yang sensitif.

3. Golongan Darah B
Disarankan untuk menghindari menu makanan seperti jagung, gandum, tomat, kacang dan biji-bijian termasuk daging ayam. D’Adamo menyarankan orang dengan golongand arah B seharus memakan sayuran hijau, telur, daging merah dan susu rendah lemak.

4. Golongan Darah AB
Jenis makanan yang disarankan adalah tahu, tempe, makanan laut, susu dan sayuran hijau. Beliau mengatakan orang dengan jenis golongan darah AB cenderung mempunyai kadar asam yang rendah di lambung untuk itu disarankan mengkonsumsi kopi atau menu yang mengandung kafein, minuman beralkohol dan daging asap.

Kritik Ilmiah

Teori makanan berdasarkan golongan darah telah menuai banyak kritik dengan alasan beragam. Beberapa ulasan ilmiah terbaru menyatakan tidak ada bukti ilmiah yang mendukung teori ini dan menyarankan segera dilakukan studi sains lebih lanjut terutama yang membandingkan hasil medis diantara orang yang menerapkan diet sesuai golongan darah dan orang yang melakukan diet standar.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: