//
Anda membaca...

Foto dan Jumlah Populasi Paus Beluga

Foto dan Jumlah Populasi Paus Beluga

Paus Beluga

Inilah foto paus beluga yang mempunyai populasi yang diperkirakan sebanyak 150 ribu ekor di dunia. Termasuk dalam ordo cetacean yang hidup di Samudra Arktik, panjang hewan laut ini dapat mencapai 5,5 meter dan berat 1,6 ton. Paus ini memiliki ciri khas dimana terdapat bagian menonjol di kepala yang merupakan tempat organ ekokolasi yang sering disebut melon yang berfungsi untuk membantunya bergerak dan menemukan lubang dalam lapisan es di laut.

Hewan yang mempunyai tubuh yang gemuk dimana banyak terdapat lapisan lemak dalam tubuhny ini suka hidup berkelompok dengan jumlah anggota sekitar 10 ekor pada musim dingin dan ratusan pada musim panas. Termasuk sebagai hewan laut perenang yang lambat, paus beluga mampu menyelam sampai kedalaman 700 meter. Makanan utama mereka adalah ikan, crustacean dan hewan invertebrate yang tinggal di dasar laut.

Hewan ini banyak ditemukan di lautan arktik di Amerika Utara, Rusia dan Greenland serta kadang suka bermigrasi ke sungai estuari. Beberapa populasi hidup menetap dan tidak bermigrasi selama setahun. Hewan ini banyak dipelihara di akuarium dan taman nasional di Amerika dan Eropa. Manusia banyak menyukainya karena warna tubuh dan ekspresinya. Populasi beluga terancam punah karena sering diburu manusia, dimakan hewan predator (paus pembunuh dan beruang kutub), pencemaran air di sungai dan infeksi penyakit tertentu.

Berikutnya »

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s