//
Anda membaca...
Kuliner

Daftar Tempat Makan Paling Enak di Cirebon

Inilah daftar tempat makan paling enak di Cirebon yang menawarkan aneka menu kuliner seperti seafood, steak, sushi dan masakan khas lainnya dengan lokasi yang cocok untuk bersantap dengan keluarga atau dinner romantis dengan pasangan anda.

Ada beberapa makanan khas dan unik yang dapat menjadi pilihan anda dalam melakukan wisata kuliner di Kota Udang ini. Salah satunya adalah sega atau nasi lengko yang disajikan dengan tahu, tempe goreng, mentimum, daun kucai, bawang goreng, tauge dan bumbu kacang serta kecap manis. Makanan khas kawasan pantai utara ini tidak mengandung bahan hewani sehingga kaya akan serat atau non kolesterol. Walaupun banyak tempat makan yang menyediakan menu tradisional ini di setiap sudut jalan di Cirebon, namun Warung Nasi Lengko Pagongan tetaplah menjadi favorit.

Makanan khas lainnya adalah Nasi Jamblang yang dibungkus dalam daun jati yang berisikan tahu, perkedel, semur daging, telur goreng, tahu, paru-paru, sambal goreng dan lainnya dimana dalam sejarahnya kuliner ini merupakan santapan para pekerja paksa dan buruh kasar pada zaman kolonial Belanda sehingga sampai sekarang, harga jualnya cukup terjangkau. Salah satu tempat makan yang terkenal menjual menu sega jamblang yang enak adalah Warung Mang Dul yang letaknya di depan Grage Mall Cirebon.

Kuliner tradisional asal Cirebon yang patut direkomendasikan adalah empal gentong yang dimasak dengan cara tradisional yang menggunakan periuk tanah liat (gentong) dengan kayu bakar dari pohon mangga. Kuliner ini mirip seperti gulai yang berisikan daging sapi dan bagian dalam (usus dan babat). Tempat makan yang terkenal akan hidangan empal gentong yang gurih adalah Rumah Makan H. Apud, Bu Darma, Amarta dan warung makan di sekitarnya.

Makanan khas Cirebon lainnya adalah tahu gejrot yang terkenal dengan rasa manis pedas, docang (biasanya untuk menu sarapan pagi yang penjualnya banyak terdapat di Pasar Kanoman), bubur sop (Warung Mang Dul), mie koclok (Mie Koclok Mas Edy), sate kalong (dijual hanya pada malam hari seperti yang terdapat di Rumah Makan Beber Jaya), Sate Biawak (Warung Sate Biawak F.O) dan lainnya.

Untuk pilihan makanan cepat saji, terdapat juga restoran walaba seperti KFC (Jalan Raden Ajeng Kartini No. 46), Pizza Hut (Jl. RA Kartini No. 29), McDonald’s (Raden Ajeng Kartini No. 33-35) serta jaringan gerai rumah makan nasional seperti Waroeng SS (Jalan Tuparev dan Jl, Ampera Raya no.3). Untuk anda yang gemar makan aneka ikan laut, Restoran Jumbo (Jl. Siliwangi) merupakan tempat makan yang terkenal sejak dulu.

Untuk menu makanan khas Jepang seperti sushi dan ramen, tempat makan yang terkenal adalah Naramachi Resto ( Jl. Wahidin No. 62) dan Puyi Takoyaki Japanese Resto (Jl. Cipto 22). Bagi anda yang gemar makanan ala Barat, khususnya steak dan grills, Restoran Al-Ghiff, GS Steak, Cafe People Twins dan lainnya. Berikut adalah beberapa tempat makan enak di Cirebon. Klik gambar untuk mengetahui info secara detail seperti alamat lokasi, harga dan menu makanan.

Selain tempat makan diatas, terdapat juga berbagai restoran atau warung yang menjual aneka masakan yang mengandung daging babi khususnya yang menawarkan kuliner khas Cina seperti Mie Keriting Siantar (Jl. Pulasaren, Cirebon), Babi & Ayam Panggang Nasi Hainam APUN (Jl. Kanoman No.1) dan Mie Tite (Jl. Petratean). Baca juga info tentang restoran terkenal di Bandung dan Semarang.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: