//
Anda membaca...
Fauna

Ikan Hiu Paling Berbahaya dan Mematikan di Dunia

Inilah daftar 6 ikan hiu paling berbahaya dan mematikan di dunia. Terdiri dari lebih 470 spesies, hewan laut ini memiliki ukuran bervariasi mulai dari yang terkecil, hiu kerdil (dwarf lanternshark) dengan ukuran maksimal 21,2 cm hingga hiu paus (rhincodon typus) yang dapat mencapai panjang 12 meter.

Pada tahun 2016, ISAF atau International Shark Attack File (suatu organisasi professional yang membuat suatu kompilasi atau database serangan hiu di seluruh dunia sejak Perang Dunia ke-2) telah melakukan suatu investigasi atas 96 serangan hiu dan menyatakan bahwa 62 serangan tersebut terjadi karena tidak diprovokasi oleh manusia dan sisanya akibat provokasi.

ISAF telah melakukan penelitian dan pencatatan serta analisis dari lebih 4 ribu serangan hiu yang dilengkapi dengan laporan otopsi dan dokumentasi foto serta video. Dari hal ini dapat diketahui bahwa hanya beberapa ikan hiu yang berbahaya bagi manusia. Menurut, Wikipedia.com, dari lebih 470 spesies, hanya 4 yang terlibat dalam sejumlah serangan fatal yang tidak diprovokasi sebelumnya, seperti hiu putih, hiu harimau, hiu koboi (Carcharhinus longimanus) dan hiu banteng.

Keempat jenis hiu ini berukuran besar, predator yang sangat kuat dan dapat menyerang serta membunuh manusia, meskipun serangan kepada manusia dilakukan karena tindakan provokasi atau proses pengambilan film atau gambar yang tidak menggunakan sistem perlindungan yang baik seperti menggunakan jaring kandang pelindung. Untuk menghindari serangan hiu, sebaiknya manusia tidak memakai perhiasan atau menggunakan logam yang berkilau, yang dapat menarikan perhatian hiu.

Persepsi atau sudut pandang bahwa hiu merupakan hewan yang sangat berbahaya karena publisitas yang berlebihan oleh media massa yang menunjukkan beberapa serangan tanpa provokasi seperti serangan hiu di Pantai Jersey, Amerika Serikat pada tahun 1916 dan beberapa film fiksi seperti Jaws, karya Steven Spielberg yang membuat suatu image bahwa hiu merupakan monster pemakan manusia.

Berikut adalah daftar 6 ikan hiu yang berbahaya bagi manusia yang diambil dari berbagai sumber berdasarkan statistik serangan yang terjadi. Klik gambar untuk mengetahui penjelasan lebih rinci.

Selain 6 jenis ikan hiu diatas, jenis berbahaya lainnya adalah hiu lemon (negaprion brevirostris), hiu biru (prionace glauca), hiu galapagos (carcharhinus galapagensis), hiu karang atau ikan hiu sirip putih, hiu abu-abu (dusky shark) dan lainnya. Baca juga informasi mengenai paus terbesar di dunia.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: