//
Anda membaca...
Fauna

Jenis Burung Cendet Yang Ada di Indonesia

Inilah daftar jenis burung cendet atau bentet di Indonesia sebagai salah satu burung kicau yang memiliki suara cukup bagus serta bagian dari famili Laniidae. Sebagian besar spesies burung ini terdistribusi di wilaya Afrika dan Eurasia termasuk di Indonesia serta terdapat 2 spesies di Amerika Utara.

Jenis burung hewan ini dibedakan berdasarkan wilayah habitat aslinya dimana mereka biasanya tinggal di habitat terbuka seperti padang rumput (stepa dan sabana) walaupun terdapat beberapa spesies tinggal dihutan atau di belahan bumi utara pada musim hangat dan kemudian bermigrasi ke daerah lebih hangat pada musim dingin. Tergolong sebagai burung dengan ukuran menengah, ukuran panjang burung cendet dapat mencapai 50 cm dengan warna bulu abu-abu, coklat, hitam dan putih. Paruhnya berbentuk kurva yang mempunyai kait di bagian ujungnya seperti burung pemangsa (elang).

Makanan utama burung ini adalah serangga dan hewan vertebrata kecil lainnya. Burung ini suka menempelkan bagian tubuh mangsanya pada tanaman yang berduri atau mematuknya dengan paruhnya tajam untuk membuat daging mangsanya menjadi ukuran lebih kecil sehingga dapat memakan binatang yang beracun seperti belalang pemalas timur (Romalea guttata) setelah menunggu 1-2 hari sampai kadar racun serangga menurun atau hilang.

Burung cendet bersifat territorial dan suka mempertahankan wilayahnya terutama pada musim dimana banyak burung lain bermigrasi ke wilayahnya. Burung ini mempunyai karakter khas dengan meliuk-liukkan ekornya yang panjang jika sedang berkicau dengan mengeluarkan nada yang harmonis walaupun sifat burung ini cukup galak dan sering mengeluarkan bunyi yang melengking.

Harga burung cendet bervariasi tergantung usia (bakalan atau tidak) dan jenis, sekitar Rp.35 ribu hingga Rp.200 ribu per ekor. Berikut adalah jenis burung cendet yang ada di Indonesia. Klik gambar untuk mengetahui penjelasan lebih rinci termasuk tipe kicauan yang dihasilkannya.

Demikianlah 3 jenis burung cendet di Indonesia. Anda dapat menambahkan jenis lain dengan berkomentar di form dibawah artikel ini. Baca juga informasi tentang burung madu dan kakatua.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: