//
Anda membaca...

Suara dan Jenis Burung Cendet Loreng

Suara dan Jenis Burung Cendet Loreng

Burung Cendet Loreng

Gambar diatas merupakan jenis burung cendet loreng yang dapat menghasilkan suara kicauan yang merdu. Burung ini juga dapat mengeluarkan variasi suara yang keras dan berulang-ulang yang nyaring. Burung kicau berukuran kecil ini banyak terdapat di padang rumput yang mempunyai banyak pepohonan di Asia termasuk Jepang, Cina dan Indonesia (Jawa, Bali dan Sulawesi) serta negara Asia Tenggara lainnya. Sebagai hewan predator, burung ini suka memakan serangga atau hewan kecil dimana sarangnya dibangun diatas pohon dan suka mengeram telurnya sebanyak 3-6 butir. Masa migrasi burung ini terjadi di antara bulan Agustus hingga September dan kembali ke habitatnya pada bulan Mei-Juni.

Ciri Fisik
Ukuran burung cendet termasuk kecil dan sedikit gemuk dengan panjang sekitar 17 hingga 19 cm. Jantan memiliki berat tubuh 27-29 gram, panjang sayap 77.8-83.9 mm, panjang ekor 66.9-75.0 mm dan panjang paruh 14.1-15.9 mm. Betina memiliki ukuran sedikit lebih besar. Paruh burung berwarna biru-hitam atau pucat dengan ujung paruh berwarna hitam dan kaki serta cakar berwarna hitam abu-abu. Jantan memiliki warna coklat kemerah-merahan pada bagian punggung, bahu dan pantat dengan corak loreng kehitam-hitaman seperti harimau. Bagian kepalanya berwarna hitam dengan mahkota dan tengkuk berwarna abu-abu.

Sayap dan ekor berwarna coklat serta bagian tubuh bagian bawah berwarna putih. Warna bulu betina lebih coklat dibandingkan jantan, bagian kepala lebih cerah, terdapat garis putih kecil diatas mata dan berwarna pucat diantara mata dan paruh serta sayap berwarna hitam-putih.

« Sebelumnya

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s