//
Anda membaca...
Kuliner

Tempat Makan Enak dan Favorit di Banda Aceh

Inilah rekomendasi tempat makan enak, murah dan favorit di Banda Aceh yang menawarkan kuliner khas yang banyak menggunakan bumbu dan rempah seperti masakan Arab dan India. Di ibukota provinsi NAD ini juga terdapat berbagai restoran atau rumah makan yang menyediakan hidangan nasional seperti sea food, sop, soto, bakso, burger, sate dan masakan ala Jepang.

Salah satu masakan asal Aceh yang lezat adalah ayam tangkap dimana ayam digoreng dengan menggunakan bumbu herbal khas seperti jahe, lada, garam, bawang putih dan kemiri. Setelah digoreng, hidangan ini disajikan dengan bawang goreng dan beberapa genggam daun seperti daun pandan, salam koja dan daun kari yang menutupi masakan sehingga mungkin orang mengiranya seperti sampah.

Terdapat banyak rumah makan yang menyediakan menu lezat ini di Banda Aceh namun yang paling terkenal dan direkomendasikan banyak orang adalah Rumah Makan Aceh Rayeuk (Jl.Banda Aceh-Medan, Lueng Bata) dan Cut Dek (Jl. Raya Banda Aceh). Karena kelezatan ayam tangkap, rumah makan sejenis juga banyak terdapat di kota besar lain di Indonesia seperti Medan dan Jakarta.

Kuliner khas lainnya adalah mie aceh yang memang sudah sangat terkenal di Indonesia yang diolah menjadi mie goreng dan mie kuah dengan menggunakan mie kuning tebal, sup kari yang pedas dan irisan daging sesuai pilihan serta disajikan bersama acar dan emping serta taburan bawang goreng. Rumah makan yang terkenal menyediakan hidangan lezat ini adalah Mie Razali (Panglima Polem, No. 83-85, Banda Aceh), Mie Midi Peuniti, Mie Kajhu, Warung Mie Bireuen (Simpang Tujuh, Ulee Kareng) dan Warung Mie Lala (Jalan Syiah Kuala, Kampung Kramat).

Makanan khas lainnya yang patut anda coba adalah gulai daging kambing dan Pliek U yang merupakan gulai sayuran segar yang berisikan nangka muda, daun papaya, daun melinjo, terong, kacang panjang dan lainnya. Bahan dasar gulau pliek U yang merupakan kuliner tradisional dari Aceh Besar ini adalah buah kelapa yang dijemur sampai berwarna coklat. Rumah makan yang menyediakan menu gulai ini yang terkenal di Banda Aceh adalah Rumah Makan Hasan, RM Aceh Spesifik, dan RM Nasi Kambing.

Kuliner tradisional lainnya yang menggugah selera adalah sie reboh, roti canai, martabak telur, eungkot Keumamah (ikan kayu), sate matang, bubur kanji rumba dan lainnya. Sebagai alternatif terdapat juga jaringan waralaba restoran di Banda Aceh seperti KFC, Pizza Hut dan A&W. Berikut adalah 9 restoran atau tempat makan terkenal dengan hidangan yang enak di Banda Aceh. Klik gambar untuk mengetahui alamat lokasi, menu makanan, harga dan penjelasan lainnya.

Demikianlah 9 tempat makan enak yang menjadi rekomendasi banyak orang di Aceh. Untuk anda yang menyukai makanan seafood, restoran yang layak dikunjungi adalah Imperial Kitchen (Jl. Teuku Umar No. 21), Restoran Ujung Batee (Jl. Raya Krueng Raya Km 20,pinggir pantai Ujung Batee), Kantin Kodam Samudra Seafood (Jl. Pangeran Diponegoro. KOPMIL-Blang Padang), Kojex 88 (Jl. Kartini, Peunayong) dan lainnya.

Untuk tempat makan bakso, anda dapat mengunjungi Bakso Isaura (Jl. H T Daudsyah No 1), Bakso Kojek (Jl. Kartini, Peunayong), Bakso Idaman BARATA (Jl. Masjid Baiturahman), Bakso Asean (Jl. Pocut Baren), Bakso Hendra Hendri (Jalan Mohd Jam), Bakso Ramayana (Jl. T. Iskandar), Bakso Idola (Peuniti) dan lainnya. Untuk makanan yang mengandung daging babi, banyak terdapat rumah makan khas China di di daerah sekitar Peunayung (pecinan). Baca juga informasi tempat makan terkenal di Medan dan Pekanbaru.

Diskusi

2 respons untuk ā€˜Tempat Makan Enak dan Favorit di Banda Acehā€™

  1. Recommm broo, kalo cari yg pedas pedas saran gua d MR.Cabe lewat cempaka broo.. Di berawe. Pedasnyaa puas gan

    Posted by lestiawan | Juni 19, 2014, 7:12 am
  2. Ada bakso malang gak disana???

    Posted by aldiat ariaga | Juli 19, 2014, 7:32 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Gravatar
Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: